Jokowi Resmikan Dua Ruas Tol Trans Sumatera Senilai Rp11,92 Triliun

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan dua ruas tol Trans Sumatera, di Gerbang Tol Kisaran, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatra Utara, Rabu (16/10/2024).

oleh Lizsa Egeham diperbarui 16 Okt 2024, 13:45 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Tol Indralaya-Prabumulih garapan sepanjang 64,5 km. (Dok Hutama Karya)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan dua ruas tol Trans Sumatera, di Gerbang Tol Kisaran, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatra Utara, Rabu (16/10/2024).

Kedua ruas tol tersebut adalah ruas Betung-Tempino seksi 3 Bayung Lencir-Tempino di Provinsi Jambi dan ruas Indrapura-Kisaran seksi 2 Lima Puluh-Kisaran di Sumatra Utara.

"Pada siang hari ini saya resmikan jalan tol ruas Indrapura-Kisaran seksi 2 Lima Puluh-Kisaran di Provinsi Sumatera Utara dan jalan tol ruas Betung-Tempino Jambi seksi 3 Bayung Lencir-Tempino di Provinsi Jambi," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu.

Dia mengatakan kedua jalan tol tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah mempercepat pembangunan infrastruktur Trans Sumatera. Hal tersebut penting dalam rangka meningkatkan mobilitas dan daya saing ekonomi daerah.

"Dengan adanya jalan tol, utamanya Trans Sumatera ini kita harapkan ada kecepatan dalam mobilitas orang, kecepatan dalam mobilitas barang, kecepatan dalam pengiriman distribusi logistik sehingga setiap daerah akan bisa bersaing dengan daerah di negara-negara lain karena persaingannya sekarang antar negara itu sangat ketat sekali," jelasnya.

Menurut dia, pembangunan jalan tol di Indonesia melibatkan berbagai sumber pendanaan, baik dari sektor swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pembangunan dengan campuran sumber pendanaan tersebut diperlukan, terutama pada proyek dengan Internal Rate of Return (IRR) yang rendah, di mana peran APBN menjadi penting untuk menopang pembiayaan.

"Karena kalau jalan tol masih IRR-nya masih rendah, kecil, mau tidak mau APBN harus masuk," ucap Jokowi.

 


Makan Waktu 2 Tahun

Presiden menjelaskan bahwa Tol Bayung Lencir-Tempino seksi 3 sepanjang 34 km yang dibangun di Provinsi Jambi menghabiskan anggaran Rp5,6 triliun. Pembangunan jalan tol ini memakan waktu dua tahun.

Sementara itu, jalan tol Indrapura-Kisaran sepanjang 47,75 km di Sumatera Utara, dibangun sejak 2018. Total investasi mencapai Rp6,32 triliun.

Ruas Indrapura-Kisaran terdiri dari dua seksi, yakni seksi 1 Indrapura-Lima Puluh sepanjang 15,6 km dan seksi 2 Lima Puluh-Kisaran sepanjang 32,15 km.

Jokowi berharap kedua ruas tol tersebut akan menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, baik di Jambi maupun Sumatera Utara, sehingga memperkuat daya saing kedua provinsi tersebut.

"Ini akan menjadi daya saing dan akan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, baik di Provinsi Sumatera Utara maupun yang tadi di Provinsi Jambi," tutur Jokowi.


Jokowi Bakal Resmikan Bendungan hingga Jalan Tol di Sumut

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melanjutkan kegiatan kunjungan kerja hari kedua di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (16/10/2024).

Dia akan meresmikan sejumlah infrastruktur di Sumut sebelum purna tugas pada 20 Oktober 2024.

Jokowi dan rombongan terbatas lepas landas dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU,dari Pangkalan TNI AU Soewondo, Kota Medan, sekitar pukul 07.40 WIB.

Dia didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur Sumatra Utara Agus Fatoni, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan, dan Kapolda Sumatra Utara Irjen Pol Whisnu Hermawan.

Di Kabupaten Deli Serdang, Jokowi diagendakan untuk meninjau sekaligus meresmikan Bendungan Lausimeme. Usai peresmian, Jokowi dan rombongan terbatas akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Asahan, dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Presiden dan rombongan akan mendarat di Helipad Stadion Mutiara, Kabupaten Asahan, untuk selanjutnya menuju Gerbang Tol Kisaran.

Di tempat tersebut, Jokowi dijadwalkan melakukan peresmian jalan tol ruas Indrapura-Kisaran seksi 2 (Lima Puluh- Kisaran) dan jalan tol Bayung Lencir-Tempino bagian ruas jalan tol Betung Jambi.

Dari Kabupaten Asahan, Jokowi dan rombongan terbatas akan kembali ke Kabupaten Deli Serdang dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. Jokowi kemudian akan berganti moda pesawat dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 untuk melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Tapanuli Utara.

"Presiden Jokowi diagendakan untuk melakukan peresmian Pusat Riset Genomik Pertanian di Kabupaten Humbang Hasundutan. Usai peresmian, Presiden Jokowi direncanakan akan kembali ke Jakarta melalui Bandar Udara Raja Sisingamangaraja XII, Kabupaten Tapanuli Utara," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangan tertulisnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya