Jurus PTPN IV Regional 7 KSO Dukung Program Ketahanan Pangan

Pada September 2024, produksi kelapa sawit perusahaan meningkat hingga 170% dibandingkan bulan sebelumnya.

oleh Ardi Munthe diperbarui 16 Okt 2024, 18:26 WIB
Ilustrasi PTPN 4 Regional VII. Foto : (Istimewa).

Liputan6.com, Lampung - PTPN IV Regional 7 KSO, yang merupakan bagian dari PTPN IV dan dikelola oleh Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), menunjukkan optimisme tinggi menyambut akhir tahun 2024. 

Perusahaan ini fokus pada pengelolaan komoditi kelapa sawit, mencakup wilayah di tiga provinsi, yaitu Lampung, Sumatera Selatan, dan Bengkulu. Di wilayah tersebut, PTPN IV Regional 7 KSO mengoperasikan kebun dan pabrik pengolahan kelapa sawit, serta menghasilkan produk-produk turunan lainnya.

Menurut Kepala Bagian Sekretariat dan Hukum PTPN IV Regional 7 KSO, M Syafi'i Ritonga, operasional perusahaan baru dimulai pada April 2024, dengan mengelola unit kebun dan pabrik kelapa sawit milik PTPN I. 

Hal ini dilakukan sebagai bagian dari program strategis nasional yang diharapkan dapat memperkuat ketahanan pangan. Hingga September 2024, PTPN IV Regional 7 KSO telah memberikan kontribusi terhadap pendapatan PTPN I Regional 7.

"Dalam operasionalnya, perusahaan berkomitmen pada penerapan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) untuk memastikan kinerja operasional yang unggul. Ini diharapkan berkontribusi terhadap pencapaian target kinerja dan menghasilkan keuntungan finansial yang signifikan bagi negara," kata M. Syafi'i, Rabu (16/10/2024).

Dia menyampaikan, PTPN IV Regional 7 KSO juga terus berupaya menjaga performa operasional agar tetap sejalan dengan tata kelola yang baik.

Meskipun bisnis perkebunan sawit dipengaruhi oleh berbagai tantangan, dijelaskan dia, seperti cuaca ekstrem dan fluktuasi harga komoditas, PTPN IV Regional 7 KSO telah menerapkan strategi untuk menghadapi tantangan tersebut.

Pada September 2024, produksi kelapa sawit perusahaan meningkat hingga 170% dibandingkan bulan sebelumnya.

“Peningkatan ini menjadi dorongan semangat bagi seluruh perusahaan untuk terus meraih kinerja positif di tahun 2024,” ungkapnya.

Saat ini, beberapa unit kebun di Regional 7 sedang menjalani proses penanaman kembali (replanting), yang diharapkan dapat berjalan lancar dan membantu menormalkan siklus tanam perkebunan.

"Proses ini juga sejalan dengan program strategis nasional yang dicanangkan oleh pemerintah. Semua kegiatan bisnis PTPN IV Regional 7 KSO diawasi oleh berbagai instansi dan stakeholder terkait, untuk memastikan bahwa operasional perusahaan tetap sesuai dengan program pemerintah dan peraturan yang berlaku," terangnya.

"Didorong oleh semangat AKHLAK yang digagas oleh Kementerian BUMN, seluruh insan PTPN IV Regional 7 KSO berkomitmen mencapai kinerja positif di tahun 2024. Keberhasilan hingga trimester ketiga menjadi motivasi tambahan untuk terus mencapai hasil maksimal di berbagai bidang yang telah ditargetkan oleh manajemen," tambahnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya