Kredivo dan MRT Jakarta Genjot Digitalisasi Pembayaran Transportasi Umum  

Dengan adanya kerja sama ini, pengguna MRT Jakarta kini dapat memanfaatkan Kredivo untuk membayar tiket perjalanan

oleh Satrya Bima Pramudatama diperbarui 16 Okt 2024, 19:00 WIB
Kolaborasi antara Kredivo sebagai penyedia layanan buy now, pay later, dan MRT Jakarta membawa angin segar bagi digitalisasi pembayaran di transportasi umum. (Foto:Liputan6.com/Satrya Bima)

Liputan6.com, Jakarta - Kolaborasi antara Kredivo sebagai penyedia layanan buy now, pay later, dan MRT Jakarta membawa angin segar bagi digitalisasi pembayaran di transportasi umum.

Diskusi yang diadakan antara kedua pihak yang dihadiri oleh Direktur Pemasaran dan Strategi Kredivo, Lily Suriani dan Business Development Senior Advisor PT MRT Jakarta (Perseroda), Rendy Primartantyo ini menyoroti peningkatan jumlah pengguna MRT Jakarta yang signifikan serta bagaimana Kredivo mendukung kemudahan pembayaran secara digital.

Sejak mulai beroperasi pada 2019, MRT Jakarta kini telah menjadi pilihan utama transportasi bagi warga Jakarta. Bahkan, jumlah penumpang kini melonjak hingga 120.000 orang per hari, meningkat dari rata-rata sebelumnya 80.000 sebelum pandemi COVID-19 dalam acara Konferensi Pers, kolaborasi Kredivo dan MRT Jakarta, di stasiun MRT Bundaran HI pada Rabu (16/10/2024).   

Seiring dengan perkembangan ini, MRT Jakarta terus melakukan inovasi dengan menggandeng Kredivo, yang dikenal dengan layanan pembiayaan digitalnya.

Direktur Pemasaran dan Strategi Kredivo, Lily Suriani menjelaskan layanannya tidak hanya digunakan untuk pembelian barang elektronik, melainkan terdapat juga di sektor-sektor yang lebih sering digunakan sehari-hari, seperti groceries dan transportasi umum.

Dengan adanya kerja sama ini, pengguna MRT Jakarta kini dapat memanfaatkan Kredivo untuk membayar tiket perjalanan.

"Kami melihat potensi besar dalam kerja sama ini, terutama mengingat MRT Jakarta yang kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Dengan Kredivo, pengguna dapat menjaga arus kas mereka tetap sehat sambil memanfaatkan metode pembayaran yang fleksibel," ujar Lily.

 

 


Penggunaan Kredivo di MRT Jakarta Alami Peningkatan

Sejak dimulainya kerjasama ini, penggunaan Kredivo di MRT Jakarta mengalami peningkatan sebesar empat kali lipat. Hal ini menjadi bukti bahwa masyarakat semakin nyaman beralih ke metode pembayaran digital, terutama untuk transaksi sehari-hari seperti transportasi.

Kolaborasi ini tidak hanya menguntungkan bagi pengguna, tetapi juga sejalan dengan upaya pemerintah untuk mendorong penggunaan transportasi umum yang lebih ramah lingkungan. Pihak Kredivo pun melihat kemitraan ini sebagai bagian dari kontribusinya dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Dengan adanya kemudahan pembayaran digital ini, baik Kredivo maupun MRT Jakarta berharap dapat selalu memberikan layanan terbaik bagi masyarakat dan mendorong lebih banyak orang untuk beralih menggunakan transportasi umum. 


Bank DKI Komitmen Dukung Kemudahan Pembayaran MRT Jakarta

Stasiun MRT Bundaran HI. (Foto: Dokumentasi MRT Jakarta)

Sebagai bentuk sinergi BUMD DKI Jakarta dalam sektor transportasi, Bank DKI mendukung peluncuran MartiPay oleh MRT Jakarta sebagai metode pembayaran non-tunai untuk moda transportasi MRT Jakarta.

Dukungan ini diwujudkan melalui kerja sama co-branding produk digital Bank DKI, JakOne Pay, menjadi MartiPay yang resmi diluncurkan pada acara HUB SPACE 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, pada Jumat (6/9/2024).

Peluncuran tersebut dilakukan oleh Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono, bersama Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda), Farchad Mahfud.

"Dengan memanfaatkan platform digital JakOne Pay yang sudah ada, Bank DKI menyediakan infrastruktur teknologi dan layanan perbankan digital untuk mendukung operasional MartiPay sebagai alternatif pembayaran digital yang terintegrasi dengan aplikasi MyMRTJ," kata Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono, Minggu (8/9/2024). 

Senada dengan itu, Direktur Utama Bank DKI, Agus H. Widodo, menjelaskan, melalui aplikasi ini, pengguna dapat dengan mudah melakukan top-up saldo, membayar tiket menggunakan QRIS, serta memantau riwayat transaksi dalam satu platform terintegrasi.

"Diharapkan ini dapat meningkatkan kenyamanan dan kemudahan dalam mobilitas sehari-hari,” katanya.


Komitmen Bank DKI

Suasana sepi saat Lebaran di salah satu stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta, Minggu (24/5/2020). Di tengah pandemi virus corona COVID-19, pengguna MRT terpantau sepi dan tak seperti libur Lebaran sebelumnya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Bank DKI terus menunjukkan komitmen dalam mendukung transformasi digital di sektor transportasi melalui berbagai sinergi.

Misalnya, JakCard kini digunakan sebagai alat pembayaran digital berbasis kartu di transportasi terintegrasi di DKI Jakarta seperti Transjakarta, Mikrotrans, MRT, LRT, Commuter Line Jabodebek, serta untuk tiket masuk tempat wisata yang dikelola Pemprov DKI Jakarta.

Bank DKI juga bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta dalam menghadirkan Jakarta Tourist Pass, solusi digital berbasis kartu elektronik (JakCard) dan aplikasi (JakOne Pay) untuk mendukung pariwisata di DKI Jakarta.

Infografis MRT Era Baru Warga Jakarta. (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya