Infografis Persiapan Jokowi Jelang Pensiun Sebagai Presiden dan Sederet Tunjangan Serta Fasilitas

Jokowi mengaku sudah memulai mengemasi barang-barang yang berada di Istana Kepresidenan Bogor dan Jakarta. Menjelang pensiun, Jokowi mengungkapkan 70 persen barang miliknya sudah dikirim ke kampung halaman di Solo, Jateng.

oleh Anri SyaifulDevira PrastiwiAbdillah diperbarui 17 Okt 2024, 09:04 WIB
Banner Infografis Persiapan Jokowi Jelang Pensiun Sebagai Presiden. (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Joko Widodo atau Jokowi sedang menghitung hari. Tak sampai sepekan ke depan, tepatnya pada Minggu 20 Oktober 2020, Presiden RI ke-7 itu akan mengakhiri periode kedua masa jabatannya dengan ditandai pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden Terpilih-Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029 di Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta.

Jokowi bahkan mengaku sudah memulai mengemasi barang-barang yang berada di Istana Kepresidenan Bogor dan Jakarta. Menjelang pensiun pada 20 Oktober 2024, Jokowi mengungkapkan 70 persen barang miliknya sudah dikirim ke kampung halaman di Solo, Jawa Tengah.

"Sudah 70 persen barang-barang sudah dibawa dengan boks ke Solo," ujar Jokowi usai meresmikan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Jumat 11 Oktober 2024.

Bukan hanya itu. Jokowi ternyata memelihara 43 ekor kambing di Istana Kepresidenan Bogor. "Kambingnya belum (dibawa ke Solo), nanti segera juga. Kambingnya 5, sekarang jadi 43."

Jokowi juga mengatakan akan langsung pulang ke kampung halaman di Solo. Namun, Jokowi yang juga mantan Wali Kota Solo itu mengaku belum tahu akan menaiki pesawat komersial atau tidak untuk pulang ke kampung halaman saat purnatugas pada 20 Oktober 2024.

"Enggak tahu. Belum beli tiket [pesawat komersial]," ujar Jokowi di Medan, Sumatera Utara, Rabu 16 Oktober 2024.

Apa saja persiapan Jokowi menjelang purnatugas sebagai presiden? Barang apa saja yang akan dibawa ke kampung halaman di Solo? Seberapa besar tunjangan dan fasilitas yang didperoleh Jokowi saat pensiun? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:


Infografis Persiapan Jokowi Jelang Pensiun Sebagai Presiden

Banner Infografis Persiapan Jokowi Jelang Pensiun Sebagai Presiden. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Sederet Tunjangan dan Fasilitas Pensiun Jokowi

Infografis Sederet Tunjangan dan Fasilitas Pensiun Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya