GoTo Gelar Engineering Bootcamp 2024, Usaha Cetak Tech Leader Masa Depan

GoTo menggelar Engineering Bootcamp 2024, berupaya mencetak tech leader masa depan dengan program latihan dan mentoring.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 17 Okt 2024, 08:00 WIB
GoTo Engineering Bootcamp 2024 (Foto: GoTo)

Liputan6.com, Jakarta - GoTo belum lama ini menyelenggarakan program GoTo Engineering Bootcamp 2024. Program ini merupakan salah satu upaya perusahaan untuk mencetak pemimpin teknologi Indonesia di masa depan.

Lewat GoTo Engineering Bootcamp 2024, GoTo membekali 43 lulusan perguruan tinggi (fresh graduates) teknik informatika dengan keterampilan yang dibutuhkan industri saat ini.

GoTo Engineering Bootcamp pertama diluncurkan pada 2018. Program ini merupakan bagian dari komitmen GoTo Grup untuk memberdayakan talenta digital di Indonesia.

Direktur Utama Grup GoTo Patrick Walujo mengungkapkan, sejak awal GoTo terbentuk, perusahaan gabungan dua unicorn Indonesia ini memiliki komitmen untuk membina dan mengembangkan talenta teknologi Indonesia. Salah satu tujuannya adalah untuk mendorong lahirnya berbagai inovasi bisnis Indonesia.

"Kami menyadari adanya kebutuhan mendesak untuk mengembangkan dan membekali talenta teknologi dalam negeri seiring dengan pertumbuhan pesat Indonesia dan potensi menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara," kata Patrick.

Lebih lanjut, ia menyebutkan lewat GoTo Engineering Bootcamp ini, perusahaan ingin ikut mencetak talenta teknologi kelas dunia yang nantinya menjadi tulang punggung dan membawa negara kian berkembang.


Luluskan 250 Alumni

GoTo, hasil bergabungnya Gojek dan Tokopedia. (Foto: YouTube Gojek Indonesia)

Sementara itu, Chief Technology Officer Gojek dan GoTo Engineering Bootcamp Program Champion Puneet Goyal mengungkap, sejak 2018, sudah ada lebih dari 250 peserta yang lulus dari program ini.

Mereka, kata Goyal, sudah menjadi karyawan penuh waktu di GoJek dan GoTo Financial.

"10 persen dari lulusan GoTo Engineering Bootcamp tersebut telah berhasil mencapai jenjang karier di pisisi senior leadership GoTo," katanya.

Menurutnya, para alumni tersebut memberi kontribusi positif yang signifikan untuk ekosistem GoTo dengan menghasilkan solusi-solusi teknologi bermanfaat untuk pengguna dan mitra.


Belajar Langsung dari Coach

Paparan publik penawaran umum perdana saham (IPO) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Selasa (15/3/2022) (Foto: PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk)

Para peserta akan mengikuti bootcamp secara intensif selama sembilan minggu. Mereka akan mempertajam keterampilan pemrograman sekaligus membangun dasar kuat tentang prinsip-prinsip engineering.

Program ini memberi pengalaman dan kesempatan belajar langsung dari coach. Mereka adalah pakar engineering di GoTo dan ahli industri teknologi di luar perusahaan.

Sejumlah kegiatan yang dilakukan meliputi tantangan di bidang pemrograman, pelatihan pengembangan karier, dan sesi monitoring one-on-one.

Bicara tentang kontribusi GoTo, berdasarkan penelitian LPEM UI, sejak 2018 hingga 2023, GoTo meningkatkan 2,2 hingga 3,1 persen jumlah pekerja terampil digital di tingkat kota/ kabupaten.

Sementara, di luar Jawa dan Bali, kehadiran GoTo berkorelasi 3,3 hingga 4,25 persen dalam peningkatan jumlah talenta paham digital di periode yang sama.

(Tin)

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya