Cara Optimalkan Fitur Keamanan di Samsung Galaxy A06, HP Sejutaan dengan Knox Vault

Butuh ponsel aman dengan harga terjangkau? Samsung Galaxy A06 jawabannya! Dilengkapi Knox Vault dan berbagai fitur keamanan lainnya, data pengguna terlindungi maksimal.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 16 Okt 2024, 20:00 WIB
Tampilan Folder Aman di Samsung Galaxy A06. (Dok: Samsung Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dilaporkan telah menjadi salah satu sasaran utama aksi pelanggaran data. Dari laporan, Indonesia menempati posisi kedelapan paling tinggi di dunia sepanjang 2020-2024 dengan jumlah kebocoran data mencapai 94,22 juta data.

Mengingat kondisi tersebut cukup mengkhawatirkan, melindungi data pribadi menjadi semakin penting. Samsung pun menyadari adanya peningkatan kebutuhan untuk sistem keamanan yang kuat.

Untuk itu, Samsung memperkenalkan Knox Vault sebagai platform keamanan yang dirancang untuk melindungi informasi sensitif. Tidak hanya perangkat flagship, perangkat entry level seperti Galaxy A06 juga dapat memanfaatkan teknologi ini.

Dengan Samsung Knox Vault, data pribadi dilindungi beberapa lapisan perlindungan untuk memastikan keamanan maksimal di smartphone pengguna.

"Samsung Knox Vault membuat pengguna Galaxy A06 tidak perlu risau akan data-data penting serta salah pencet link dari orang tak dikenal, karena Samsung Knox Vault akan melindungi para pengguna dari pencurian data dan APK berbahaya," tutur MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Ricky Bunardi dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (16/10/2024).

Selain Knox Vault, Samsung juga membekali sejumlah fitur keamanan untuk memastikan keamanan Samsung Galaxy A06. Berikut ini beberapa di antaranya.

Lock Screen

Langkah paling dasar namun efektif untuk mengamankan Galaxy A06 adalah dengan mengaktifkan layar kunci. Pengguna bisa memilih dari berbagai opsi, seperti:

  • Password: Buat kombinasi angka dan huruf yang unik dan sulit ditebak.
  • PIN: Pilih kombinasi angka yang mudah diingat, tapi tetap sulit ditebak oleh orang lain.
  • Sidik Jari: Manfaatkan sensor sidik jari pada ponsel untuk membuka kunci dengan cepat dan aman

Cara mengaktifkannya: Buka Pengaturan di HP Samsung> Keamanan dan Privasi > Layar Kunci. Pilih opsi yang paling sesuai dengan preferensi.


Fitur Keamanan di Galaxy A06

Samsung Galaxy A06 didukung fitur keamanan Knox Vault untuk melindungi pengguna dari pencurian data dan ancaman malware. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Pemblokir Otomatis

Pernahkah menerima pesan mencurigakan berisi tautan atau file yang tidak dikenal? Tautan-tautan tersebut seringkali berisi malware yang dapat membahayakan perangkat.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Samsung menghadirkan fitur Pemblokir Otomatis pada Galaxy A06. Fitur ini berfungsi untuk:

  • Mencegah instalasi aplikasi berbahaya: Hanya aplikasi yang telah diverifikasi yang dapat diinstal pada perangkat Anda.
  • Memblokir serangan phishing: Melindungi Anda dari upaya penipuan yang mengelabui pengguna mengklik tautan berbahaya.
  • Memeriksa keamanan aplikasi: Secara otomatis memindai aplikasi yang diunduh untuk mendeteksi malware.

Cara mengaktifkannya: Buka Pengaturan > Keamanan dan Privasi > Pemblokir Otomatis. Geser tombol untuk mengaktifkan fitur ini.


Fitur Keamanan Canggih di Samsung Galaxy A06

Samsung Galaxy A06 yang resmi hadir untuk pasar Indonesia. (Dok: Samsung Indonesia)

Folder Aman

Dengan Folder Aman, pengguna Galaxy A06 bisa menciptakan ruang pribadi di smartphone untuk menyimpan data-data penting tanpa khawatir akan bocor.

Sebagai gambaran, Folder Aman bisa dibayangkan sebagai brankas mini di ponsel. Jadi, pengguna bisa menyimpan foto pribadi yang tak ingin dilihat orang lain, dokumen penting, atau bahkan aplikasi perbankan.

Folder ini diproteksi lapisan keamanan ekstra yang akan mengenkripsi seluruh data yang disimpan di sana. Untuk membuat Folder Aman, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Cari menu "Pengaturan" di ponselmu.
  • Pilih opsi "Keamanan dan Privasi".
  • Cari dan pilih opsi "Folder Aman".
  • Pilih metode penguncian yang kamu inginkan, seperti pola, PIN, atau sidik jari.
  • Setelah pengaturan selesai, shortcut Folder Aman akan muncul di layar utamamu. 

ID Pemanggil dan Proteksi Spam

Siapa yang suka diganggu dengan panggilan spam? Untungnya, Galaxy A06 dilengkapi dengan fitur ID Pemanggil dan Proteksi yang bisa menblokir panggilan tidak diinginkan atau mencurigakan.

Cara mengaktifkannya:

  • Buka aplikasi Telepon.
  • Cari menu Pengaturan.
  • Aktifkan opsi ID Pemanggil dan Proteksi Spam.

Sesuaikan pengaturan sesuai keinginan pengguna, misalnya memblokir semua panggilan spam atau hanya yang berisiko tinggi.


Optimalisasi Keamanan di Samsung Galaxy A06

Samsung Galaxy A06 didukung fitur keamanan Knox Vault untuk melindungi pengguna dari pencurian data dan ancaman malware. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Mode Perawatan

Ketika pengguna membawa ponsel ke service center, pasti ada rasa khawatir data pribadi akan terakses oleh orang lain. Fitur Mode Perawatan di Galaxy A06 hadir untuk mengatasi masalah ini.

Fitur ini akan menyembunyikan semua data pribadi pengguna, sehingga teknisi hanya bisa mengakses bagian yang perlu diperbaiki. Cara mengaktifkannya:

  • Buka Pengaturan.
  • Cari menu Perawatan Perangkat.
  • Aktifkan Mode Perawatan.
  • Pembaruan Perangkat Lunak

Update Software

Samsung berkomitmen untuk memberikan perlindungan maksimal bagi pengguna Galaxy A06. Pengguna dijanjikan akan mendapatkan softwre sebanyak dua kali dan keamanan selama empat tahun.

Untuk memeriksa update software untuk perangkat, pengguna bisa melakukan langkah-langkah berikut.

  • Buka Pengaturan.
  • Pilih opsi Pembaruan Perangkat Lunak.
  • Klik Unduh dan Instal.
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya