Resmi Tangani Timnas Inggris, Thomas Tuchel Tidak Langsung Bekerja

Federasi Sepak Bola Inggris (FA) resmi menunjuk Thomas Tuchel sebagai nakhoda timnas, Rabu (16/10/2024). Sosok asal Jerman itu akan mulai bekerja pada Januari 2025.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 16 Okt 2024, 17:54 WIB
Pelatih Bayern Munchen, Thomas Tuchel pada laga leg pertama 16 besar Liga Champions 2023/2024 melawan Lazio di Olympic Stadium, Roma, Italia, Kamis (15/02/2024) WIB. (AFP/Alberto Pizzoli)

Liputan6.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Inggris (FA) resmi menunjuk Thomas Tuchel sebagai nakhoda timnas, Rabu (16/10/2024). Sosok asal Jerman itu akan mulai bekerja pada Januari 2025.

"FA mengumumkan pemenang Liga Champions Thomas Tuchel sebagai kepala pelatih tim senior Inggris yang baru. Dia akan dibantu pelatih Inggris berskala internasional, Anthony Barry," tulis situs resmi timnas Inggris.

Tuchel dilaporkan sudah menandatangani kontrak dengan FA pada 8 Oktober. Namun, kabar ini baru diumumkan sekarang agar tidak mengganggu timnas yang sedang melakoni laga internasional pada pekan lalu.

"Saya sangat bangga bisa diberikan kesempatan untuk memimpin timnas Inggris. Saya mempunyai hubungan erat dengan sepak bola di negara ini dan bahkan telah memberikan memori-memori luar biasa," kata Tuchel di situs resmi FA.

Tuchel mengatakan bahwa dia mendapatkan keistimewaan luar biasa karena bisa melatih para pemain berbakat di timnas Inggris.

"Bersama dengan asisten pelatih, kami akan bekerja keras untuk membuat suporter Inggris bangga," ujarnya.

 


Thomas Tuchel Sempat Bekerja di Inggris

Thomas Tuchel. (AP Photo/Matthias Schrader)

Pelatih asal Jerman tersebut sudah tidak asing lagi dengan sepak bola Inggris. Dia sempat menukangi Chelsea sebelum dipecat.

Selama melatih klub London tersebut, dia mempersembahkan gelar Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub. Setelah meninggalkan Chelsea, Tuchel ditunjuk sebagai pelatih Bayern Muenchen.

Barry adalah asistennya sejak di Chelsea, yang juga sempat membantu timnas Irlandia, Belgia, dan Portugal. Barry juga pernah menjadi staf pelatih Tuchel di Bayern, yang menangani bola-bola mati.

Tugas Tuchel mulai Januari adalah membantu Inggris lolos kualifikasi Piala Dunia 2026, yang digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.


Pelatih Impor Ketiga di Timnas Inggris

Thomas Tuchel. (THOMAS KIENZLE / AFP)

Tuchel menjadi manajer tetap non-Inggris ketiga yang ditugaskan memimpin skuad The Three Lions sepanjang sejarah. Sebelumnya, Timnas Inggris juga sempat memberi kepercayaan kepada Sven-Goran Eriksson dan Fabio Capello untuk menduduki kursi juru taktik.

Sementara itu, Lee Carlsey yang saat ini bertugas sebagai manjaer interim bakal tetap di posisinya saat Inggris menghadapi Yunani dan Irlandia dalam laga Nations League, November mendatang. Setelahya, dia baru akan dikembalikan ke jabatan juru taktik Timnas Inggris U-21.

Melansir pemberitaan Sky Germany via Sky Sports, Tuchel diikat kesepakatan berdurasi 18 bulan oleh FA Inggris yang efektif berlaku per 1 Januari 2025.

Pihak asosiasi sejak awal memang tak keberatan mempekerjakan juru taktik yang bukan warga negara Inggris, sebab fokus utama mereka hanyalah mencari sosok yang layak menempati jabatan tersebut.

Selain Pep Guardiola yang sempat didekati FA, Lee Carsley selaku manajer interim sebenarnya juga pernah digadang-gadang sebagai kandidat pelatih permanen Timnas Inggris. Namun, kurangnya kejelasan soal ambisinya di posisi itu membuat spekulasi memudar dalam beberapa hari terkahir.

Sementara itu pengangkat Tuchel oleh FA Inggris juga bakal sekaligus mengakhiri keterkaitannya dengan Manchester United. Sebelumnya, klub berjuluk The Red Devils sempat santer diklaim menjadikan dia sebagai kandidat suksesor kuat Erik ten Hag.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya