Brand Pakaian Dalam Israel Rilis Koleksi Terinspirasi Tentara Terluka di Gaza, Disindir Meningkatnya Anak-Anak Palestina yang Diamputasi

Produk pakaian dalam ini katanya dirancang agar mudah digunakan mereka yang memiliki keterbatasan mobilitas atau gerakan.

oleh Asnida Riani diperbarui 20 Okt 2024, 20:30 WIB
Seorang anak Palestina yang kakinya diamputasi berjalan di sepanjang jalan, melewati bangunan-bangunan yang hancur selama pemboman Israel, di kamp pengungsi al-Bureij di Jalur Gaza tengah pada 24 Juni 2024. (Eyad BABA/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah brand pakaian dalam asal Israel telah meluncurkan koleksi "terinspirasi" para tentara yang terluka di Gaza. Rangkaiannya memicu kemarahan di antara para pengguna media sosial yang menyoroti rekor jumlah anak-anak Palestina yang diamputasi di daerah kantong tersebut sebagai akibat serangan bertubi-tubi militer Israel.

Melansir Middle East Eye, Rabu, 16 Oktober 2024, jenama Israel, Delta, memperkenalkan koleksi pakaian dalam wanita "adaptif" minggu ini yang dirancang agar mudah digunakan mereka yang memiliki keterbatasan mobilitas atau gerakan, Haaretz melaporkan. Kampanye produknya menampilkan para model penyandang disabilitas.

Ini termasuk mantan prajurit Rotem Sdot yang diamputasi tiga tahun sebelumnya. Meski kampanye tersebut dipuji sebagai "pemberdayaan" oleh banyak pengguna media sosial Israel, ratusan lainnya mengungkap kemarahan dan ketidakpercayaan dengan apa yang mereka sebut sebagai pesan "tone-deaf."

Banyak yang menyoroti lonjakan jumlah warga Palestina, termasuk anak-anak, yang diamputasi. "Ada sekitar 1000x lebih banyak warga sipil yang diamputasi di Gaza daripada di Israel dan itu berkat IDF (tentara Israel)," komentar seorang pengguna di X, sebelumnya Twitter.

"Dibutuhkan budaya yang sangat khusus untuk memutilasi integritas fisik dan moral anak-anaknya dengan mengubah mereka jadi instrumen genosida, lalu meluncurkan lini pakaian dalam menggelikan yang 'terinspirasi' oleh luka-luka mereka," yang lain menanggapi.

"Saya heran apakah perusahaan mode Israel dapat meluncurkan lini piyama untuk anak-anak Gaza yang diamputasi," tulis seorang pengguna di samping gambar seorang anak Palestina yang diamputasi.


10 Anak Gaza Kehilangan 1 Atau 2 Kaki Setiap Harinya

Anggota keluarga Palestina Abu Dayer menangis di rumah sakit Al-Shifa setelah kematian anggota keluarga dalam serangan udara Israel di Kota Gaza, Senin (17/5/2021). Tercatat ada 212 penduduk Jalur Gaza, Palestina yang kehilangan nyawa di antaranya 61 korban merupakan anak-anak. (MAHMUD HAMS/AFP)

Pada Januari 2024, Save the Children memperkirakan bahwa setiap hari, 10 anak di Gaza kehilangan satu atau kedua kaki mereka. "Gaza adalah rumah bagi kelompok anak-anak yang diamputasi terbesar dalam sejarah modern," seorang pejabat senior PBB mengatakan pada Dewan Keamanan PBB minggu lalu.

Ia menyambung, "Kita tidak bisa berpura-pura tidak tahu apa yang sedang terjadi. Kita juga tidak bisa mengabaikannya." Beberapa pengguna media sosial juga menyoroti gambar dan video tentara Israel di Gaza yang sedang mengobrak-abrik, memamerkan, dan mengenakan pakaian dalam wanita Palestina.

"Saya bertanya-tanya, bagaimana perasaan para wanita (Israel) tentang rekan pria mereka yang berpose dengan pakaian dalam wanita Palestina," tulis seorang pengguna. Sepakat dengan itu, salah satu komentar sarkas menyebut bahwa koleksi berikutnya akan menampilkan tentara yang sama yang memamerkan pakaian dalam wanita di Gaza.

Setidaknya, 4.881 tentara Israel telah terluka sejak serangan dimulai 7 Oktober 2023, menurut data yang diterbitkan tentara Israel. Sementara, Kementerian Pertahanan Israel menyebut bahwa jumlahnya lebih dari 10 ribu hingga Agustus 2024.

 


Cedera yang Mengubah Hidup

Warga Palestina yang terluka tiba di Rumah Sakit al-Shifa dengan menaiki truk menyusul serangan udara Israel di Kota Gaza, Jalur Gaza, Kamis (19/10/2023). (AP Photo/Abed Khaled)

Di sisi lain, lebih dari 98.117 warga Palestina terluka di Gaza sejak dimulainya serangan militer Israel pada 7 Oktober 2023, menurut Kementerian Kesehatan di Gaza. Lebih dari 22.500 orang di Gaza mengalami cedera yang mengubah hidup seperti amputasi, trauma sumsum tulang belakang, cedera otak traumatis, dan luka bakar serius, kata WHO, bulan lalu.

Baru-baru ini, di tengah kengerian publik melihat video warga Palestina terbakar hidup-hidup setelah serangan militer Israel di Gaza Utara, Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu malah mengkaji rencana menutup bantuan kemanusiaan ke wilayah tersebut. Jika terlaksana, itu dapat menjebak ratusan ribu warga Palestina yang tidak mau atau tidak dapat meninggalkan rumah mereka tanpa makanan maupun air.

Melansir TRT World, Selasa, 15 Oktober 2024, rencana yang diusulkan pada Netanyahu dan parlemen Israel oleh sekelompok pensiunan jenderal akan meningkatkan tekanan, memberi warga Palestina waktu seminggu untuk meninggalkan sepertiga utara Gaza, termasuk Kota Gaza, sebelum mendeklarasikannya sebagai zona militer tertutup.


Rencana Mengusir Warga Gaza Utara

Foto selebaran yang disediakan Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA), menunjukkan orang-orang di lokasi serangan udara Israel di sekitar tenda-tenda untuk orang-orang terlantar di dalam tembok Rumah Sakit Syuhada Al-Aqsa di Deir al-Balah, di Jalur Gaza tengah pada dini hari tanggal 14 Oktober 2024. (Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA)/AFP)

Mereka yang tetap tinggal akan dianggap sebagai "kombatan," yang berarti peraturan militer akan memungkinkan tentara membunuh mereka. Mereka juga tidak akan diberi makanan, air, obat-obatan, serta bahan bakar, menurut salinan rencana yang diberikan pada AP.

Rencana tersebut menyerukan Israel mempertahankan kendali atas wilayah utara untuk jangka waktu yang tidak terbatas. Ini dilakukan untuk mencoba menciptakan pemerintahan baru tanpa kelompok perlawanan Palestina Hamas, yang akan membelah Gaza jadi dua.

Belum ada keputusan dari pemerintah Israel untuk sepenuhnya melaksanakan apa yang disebut "Rencana Jenderal," dan tidak jelas seberapa kuat hal itu dipertimbangkan. Ketika ditanya apakah perintah evakuasi di Gaza Utara menandai tahap pertama dari "Rencana Jenderal," juru bicara militer Israel Letnan Kolonel Nadav Shoshani membantahnya.

Tidak ada truk makanan, air, atau obat-obatan yang memasuki wilayah utara sejak 30 September 2024, menurut PBB dan situs web badan militer Israel yang mengawasi penyeberangan bantuan kemanusiaan. Kelompok hak asasi manusia mengatakan bahwa rencana tersebut kemungkinan akan membuat warga sipil kelaparan dan bertentangan dengan hukum internasional, yang melarang penggunaan makanan sebagai senjata dan pemindahan paksa.

Infografis Tragedi Kemanusiaan 3.000 Lebih Anak Meninggal di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya