Apresiasi Budaya Nusantara di Fukuoka, Merajut Persahabatan Indonesia-Jepang

Pesta indonesia Fukuoka 2024 menjadi langkah penting dalam mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang, serta membuka peluang kerja sama bagi kedua belah pihak.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 16 Okt 2024, 19:33 WIB
Pesta Indonesia Fukuoka 2024 diselenggarakan di Tenjin Central Park pada 12-13 Oktober 2024. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Pesta Indonesia Fukuoka 2024 sukses mencuri perhatian masyarakat lokal dan warga negara Indonesia (WNI) di Jepang. Acara yang berlangsung di Tenjin Central Park pada 12-13 Oktober 2024 dirancang untuk merayakan Indonesia-Japan friendship day.

Kegiatan ini pun menjadi panggung apresiasi bagi ragam budaya Indonesia dan disambut hangat pengunjung yang ingin mengenal kekayaan seni dan tradisi Nusantara secara lebih dekat.

Acara yang diisi berbagai pentas seni, kuliner dan budaya Indonesia itu dibuka oleh Wakil duta Besar KBRI Tokyo Maria Renata Hutagalung dan dihadiri lebih dari 2.000 pengunjung. Minat besar warga Jepang juga ditunjukkan dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini rutin dilaksanakan di Kota Fukuoka, salah satu ajang untuk mempromosiakan kearifan budaya nusantara," ungkap Maria Renata melalui keterangan resminya.

Menurutnya, Pesta indonesia Fukuoka 2024 menjadi langkah penting dalam mempererat hubungan bilateral antara Indonesia-Jepang, serta membuka peluang kerja sama bagi kedua belah pihak.

Atase Imigrasi KBRI Tokyo Arya Pradhana Anggakara mengatakan, antusiasme warga setempat terhadap budaya dan kuliner Indonesia terlihat melalui ajang tersebut.

"Dari sini kelihatan juga minat warga setempat terhadap budaya dan kuliner kita yah, banyak WN Jepang yang buka tenant makanan Indonesia, jualan rendang, nasi goreng dan lainnya," ujar Angga.  

 

 


Fasilitasi Kebutuhan Administratif WNI di Jepang

Tak hanya menawarkan hiburan, Pesta Indonesia Fukuoka ini juga memfasilitasi kebutuhan administratif warga Indonesia di Jepang. (Foto: Istimewa)

 

Dia juga menyebut, pihaknya selalu mendukung penuh kegiatan serupa. Tak hanya menawarkan hiburan, acara ini juga memfasilitasi kebutuhan administratif warga Indonesia di Jepang. Layanan kekonsuleran seperti penerbitan paspor, legalisasi dokumen, dan sosialisasi kebijakan imigrasi, termasuk Golden Visa dan E-VOA, disediakan oleh tim KBRI Tokyo.

"Kami berusaha selalu memberikan dukungan penuh pada kegiagan seperti ini, ada pelayanan penerbitan 501 paspor untuk WNI yang berada di wilayah Kota Fukuoka dan sekitarnya.”

“Semoga kehadiran kami dapat memudahkan layanan bagi WNI di Fukuoka dan sekitarnya,” tambah Angga.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya