Tak Gelar Acara di Solo Usai Pensiun, Jokowi: Turun Pesawat Langsung ke Rumah

Jokowi berencana langsung pulang ke Solo, Jawa Tengah setelah menghadiri pelantikan Prabowo dan Gibran sebagai presiden dan wapres 2024-2029. Jokowi juga mengaku tidak menggelar acara khusus di Solo setelah resmi pensiun dari kursi presiden.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 16 Okt 2024, 22:46 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuju rest area seusai meresmikan ruas Tol Sragen-Ngawi di kilometer 538 jalan tol Solo-Ngawi, Jawa Tengah, Rabu (28/11). Jokowi menyempatkan diri untuk mencicipi makanan di rest area tersebut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan langsung pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah usai purnatugas pada 20 Oktober 2024 mendatang. Jokowi mengaku tak menggelar acara khusus terkait kepulangannya ke Solo, setelah pensiun sebagai presiden.

"Enggak ada (acara)," ujar Jokowi kepada wartawan di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2024).

Jokowi sendiri akan pulang ke Solo dengan menggunakan pesawat. Dia mengaku akan langsung bertolak ke kediamannya begitu turun dari pesawat.

"Ya pulang aja, pulang naik pesawat turun, kemudian ke rumah, udah," jelasnya

Dia menuturkan tak ada acara khusus bersama keluarga di Solo. Sebab, ketiga anak Jokowi berada di Medan, Sumatera Utara dan Jakarta.

"Keluarganya di mana, keluarganya di Medan sama di sini (Jakarta)," tutur Jokowi

Sebelumnya, Presiden Jokowi dikabarkan akan pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah dengan menggunakan pesawat komersial, usai pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden-Wapres RI periode 2024-2029, Minggu, 20 Oktober 2024.

Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (ProJo) sekaligus Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi mengatakan Jokowi akan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, menuju Solo. Penerbangan Jokowi dijadwalkan pukul 15.00 WIB.

"Betul. Naik pesawat komersial dari Halim. Tanggal 20 Oktober jam 15.00," kata Budi Arie saat dikonfirmasi, Rabu (16/10/2024).

 


Jokowi Bakal Naik Maskapai Apa?

Presiden Jokowi mengisi waktu libur cuti bersama Imlek 2023 dengan berkunjung ke Solo Safari bersama istri, anak, menantu, dan cucunya. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Dia belum bisa memastikan maskapai penerbangan yang akan digunakan Jokowi untuk pulang ke Solo, usai purna tugas sebagai presiden. Berdasarkan penelusuran, maskapai yang memiliki rute Halim Perdanakusuma-Adi Soemarmo, Solo hanya Citilink dan Batik Air.

Jokowi kemungkinan besar akan menggunakan pesawat komersial Citilink untuk pulang ke Solo. Sebab, Garuda Indonesia diketahui tidak memiliki rute Halim-Adi Soemarmo.

"Kalau enggak salah (pesawat) Citilink atau Garuda," ucap Budi Arie.

 


Jokowi 10 Tahun Pimpin Indonesia

Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Jusuf Kalla memberikan keterangan pers terkait rencana pemindahan Ibu Kota Negara di Istana Negara, Senin (26/8/2019). Jokowi secara resmi mengumumkan keputusan pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Saat Pilpres tersebut, Jokowi terpilih sebagai presiden bersama pasangannya, Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih untuk masa jabatannya yang kedua. Kali ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin. Keduanya dilantik pada 20 Oktober 2019 untuk masa jabatan hingga 20 Oktober 2024.

Masa jabatan Jokowi-Ma'ruf Amin akan berakhir pada 20 Oktober 2024. Sebagai pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 pada 20 Oktober mendatang.

Banner Infografis Persiapan Jokowi Jelang Pensiun Sebagai Presiden. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya