Elektabilitas Egi-Syaiful Melonjak, Pengamat: Keinginan Perubahan di Lamsel Menguat

Tingginya popularitas Egi-Syaiful juga dipengaruhi oleh personal branding mereka yang kuat dan terfokus pada program-program yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

oleh Tim News diperbarui 16 Okt 2024, 22:51 WIB
Calon Bupati-Wakil Bupati (Cabub-Cawabub) nomor urut 2 Lampung Selatan, Radityo Egi Pratama-Syaiful Anwar. (Ist).

Liputan6.com, Jakarta - Tren elektabilitas pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati (Cabub-Cawabub) nomor urut 2, Radityo Egi Pratama-Syaiful Anwar terus menunjukkan peningkatan signifikan menjelang Pilkada Lampung Selatan (Lamsel) 2024. Pengamat politik dari Citra Institute, Efriza, mengatakan lonjakan elektabilitas ini mencerminkan keinginan masyarakat kuat untuk perubahan mengingat lawan dari pasangan Egi-Syaiful adalah petahana.

"Masyarakat Lampung Selatan sangat berharap akan adanya sosok pemimpin baru yang bisa membawa perubahan," ungkap Efriza dalam keterangannya, Rabu (16/10/2024).

Elektabilitas Egi-Syaiful yang melonjak menunjukkan pasangan ini mampu meraih simpati dan kepercayaan masyarakat. Survei terbaru yang dirilis Poltracking Indonesia menunjukkan elektabilitas Egi-Syaiful mencapai 51.1 persen, unggul telak atas Nanang-Antoni yang hanya 43.8 persen.

"Perbedaan 7,3 persen ini menjadi bukti bahwa pasangan Egi-Syaiful lebih memikat di mata pemilih," kata Efriza.

Efriza menilai keinginan masyarakat untuk mengganti bupati sangat tinggi. Tingginya popularitas Egi-Syaiful juga dipengaruhi oleh personal branding mereka yang kuat dan terfokus pada program-program yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

"Personal branding Egi-Syaiful sebagai simbol perubahan telah berhasil memenangkan hati masyarakat. Ini adalah momentum bagi Egi-Syaiful untuk menunjukkan kepemimpinan baru yang diharapkan oleh warga Lampung Selatan," ujarnya.

Efriza menambahkan, Pilkada Lampung Selatan diprediksi akan menjadi ajang pertempuran antara perubahan dan keberlanjutan. Jika tren ini terus berlanjut, pasangan Egi-Syaiful bisa semakin sulit dikejar oleh Nanang-Antoni.

“Jika tren perubahan berlanjut makan akan sangat sulit dikejar oleh petahana,” pungkas Efriza.


Siap Tambah Penerima PKH

Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Lampung Selatan (Cagub-Cawagul Lamsel) Nomor Urut 2, Radityo Egi Pratama-Syaiful Anwar. (Ist).

Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Lampung Selatan (Cagub-Cawagul Lamsel) Nomor Urut 2, Radityo Egi Pratama-Syaiful Anwar berkomitmen untuk menambah jumlah penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di wilayahnya. Menurutnya, penambahan ini sangat penting untuk membantu masyarakat kurang mampu agar bisa merasakan manfaat dari program bantuan sosial tersebut.

Kendati demikian, Egi menegaskan bahwa penambahan penerima PKH harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial di tengah masyarakat. Ini dilakukan agar penyalurannya lebih tepat sasaran.

"Kami akan memastikan bahwa proses verifikasi penerima dilakukan dengan transparan dan adil, agar tidak ada pihak yang merasa diabaikan," ujarnya, Minggu (13/10/2024).

Penyaluran PKH yang tepat sasaran menjadi fokus utama bagi Egi dalam upayanya memajukan kesejahteraan di Lampung Selatan. Ia berharap, melalui program ini, kesejahteraan masyarakat dapat semakin merata dan kesenjangan sosial dapat ditekan secara signifikan.

"Kami ingin bantuan ini benar-benar diterima oleh warga yang memang berhak dan sangat membutuhkan," kata dia.

Egi siap berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk memastikan penambahan penerima PKH di Lampung Selatan berjalan lancar. Ia memahami bahwa PKH merupakan program nasional yang berada di bawah Kementerian Sosial, sehingga koordinasi yang baik dengan pusat menjadi kunci keberhasilannya.

Egi juga menyoroti pentingnya sinkronisasi data antara pemerintah daerah dan pusat dalam proses penyaluran PKH.

"Dengan data yang akurat, distribusi bantuan dapat dilakukan secara lebih efektif dan menghindari kesalahan dalam penentuan penerima," kata Egi.


Infografis

Infografis Gelombang Demonstrasi Marak, DPR Batalkan Pengesahan Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya