AHY Usai Pembekalan di Hambalang: Pak Prabowo Beri Gambaran Situasi Dunia

Dalam pembekalan calon menteri, AHY mengungkapkan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka juga mengikuti rangkaian acaranya. Namun Gibran hanya hadir sebagai pendengar, tidak menjadi pembicara atau ikut memberikan arahan.

oleh Winda Nelfira diperbarui 16 Okt 2024, 23:15 WIB
Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mengikuti pembekalan calon menteri kabinet Prabowo-Gibran di Hambalang, Bogor. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membeberkan sejumlah pesan yang disampaikan oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto saat pembekalan calon menteri kabinet di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024).

Menurut AHY, pada pembekalan tersebut Prabowo menyampaikan beberapa materi terkait kondisi dunia saat ini, mulai dari kondisi geopolitik hingga geoekonomi.

"Beliau menjelaskan sekaligus memberikan gambaran tentang situasi dunia termasuk tantangan geopolitik, geoekonomi dan semua dampak terhadap Indonesia," kata AHY usai pembekalan calon menteri.

AHY bilang, berdasarkan penjelasan Prabowo, kondisi dunia juga bakal berpengaruh pada Indonesia, termasuk dari sisi ekonomi, politik, keamanan, dan pertahanan. Menurutnya, Prabowo ingin para calon menterinya memahami betul hal tersebut.

"Oleh karena itu tentunya beliau berharap kepada semua yang menjadi peserta tadi memiliki pemahaman yang utuh untuk bisa melihat dunia, melihat Indonesia sesuai dengan kapasitas yang dimiliki, bisa menjalankan tugas-tugas," ucap AHY.

Adapun dalam pembekalan itu, Wakil Presiden (Wapres) Terpilih Gibran Rakabuming Raka juga hadir. Namun, AHY bilang, Gibran tak turut menyampaikan arahan.

"Pak Prabowo aja. Cukup ya," ujar Agus Harimurti Yudhoyono memungkasi.

 


Materi-Materi Pembekalan Calon Menteri Prabowo

Sejumlah isu akan menjadi bahasan dalam pembekalan calon menteri pada pemerintahan Prabowo. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak membagikan jadwal serta rangkaian pembekalan calon menteri yang dimaksud. Pembekalan dimulai sekira pukul 08.00 WIB dengan sambutan dari Prabowo.

Sedangkan pada pukul 09.15 WIB, diisi dengan pengenalan dan dilanjutkan dengan materi geopolitik pada pukul 10.30 WIB.

Setelah itu, pembekalan dilanjutkan pada pukul 13.30 WIB. Pada waktu ini, akan diisi dengan materi seputar kesuksesan sebuah negara.

Pada jadwal yang diterima, pembekalan pada Rabu, 16 Oktober 2024 direncanakan berlangsung hingga pukul 16.00 WIB. "(Pukul) 16.00 WIB, Gross domestic product (GDP)," kata Dahnil dalam keterangan, diterima Rabu (16/10/2024).

Pembekalan bagi calon menteri ini bakal berlanjut hingga Kamis, 17 Oktober 2024 dengan sejumlah materi, antara lain tentang artificial intelligence (AI), komunikasi, lapangan kerja masa depan, hingga anti-korupsi.

Infografis Prediksi 12 Tokoh Berpeluang Besar Masuk Kabinet Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya