Jangan Abaikan! Ini 5 Indikator Pasangan Berpotensi Red Flag

Istilah "red flag" sering di temui di media sosial.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 17 Okt 2024, 13:38 WIB
Simak ciri-ciri red flag yang harus diwaspadai sejak awal kencan. (pexels/shkraba production).

Liputan6.com, Jakarta Menjalin hubungan dengan seseorang seharusnya membawa kebahagiaan dan kedamaian dalam hidup. Namun, tidak jarang orang terjebak dalam perasaan nyaman yang membuat mereka mengabaikan tanda-tanda peringatan yang mungkin ada. Tanda-tanda ini, meskipun tampak sepele pada awalnya, bisa berkembang menjadi masalah besar di kemudian hari.

Oleh karena itu, penting untuk tetap waspada dan peka terhadap sinyal yang mungkin menandakan bahwa hubungan tersebut tidak sehat. Sering kali, terlalu fokus pada perasaan cinta dan kebahagiaan sesaat dapat membuat seseorang lupa memperhatikan aspek-aspek penting lainnya dalam hubungan. Penting untuk tidak mengabaikan tanda bahaya yang mungkin muncul dalam perjalanan cinta.

Dengan mengenali dan memahami tanda-tanda ini, seseorang dapat mempertimbangkan kembali keputusan dalam melanjutkan hubungan tersebut. Berikut adalah beberapa indikator yang perlu diwaspadai agar dapat membuat keputusan yang tepat untuk masa depan yang lebih baik, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (17/10/2024).


1. Mengabaikan Privasi Orang Lain

Waspadai tanda bahaya pada pasangan yang perlu kamu ketahui/copyright/Pexels.com/Trinity Kubassek)

Jika pasanganmu selalu ingin mengetahui semua aspek hidupmu seperti memeriksa ponselmu, mengatur siapa yang bisa kamu temui, atau tidak memberikan waktu untuk dirimu sendiri itu adalah tanda yang perlu diwaspadai. Hubungan yang sehat memerlukan ruang dan privasi. Pasangan yang pengertian akan menyadari bahwa kamu juga memerlukan waktu untuk dirimu sendiri.


2. Gaslighting atau manipulatif

Calon pasanganmu bisa jadi red flag. Kenali tanda-tandanya agar tidak menyesal nanti.

Pernahkah kamu merasa selalu disalahkan meskipun kamu yakin berada di pihak yang benar? Mungkin dia sedang menggunakan manipulasi atau gaslighting. Contohnya, ketika kamu menyampaikan perasaanmu, dia malah membuatmu merasa berlebihan atau menuduhmu terlalu sensitif. Ini adalah taktik untuk membuatmu meragukan perasaan dan pikiranmu sendiri. Jika dia sering melakukan ini, itu merupakan tanda bahaya yang perlu kamu waspadai.


3. Enggan Bernegosiasi

Calon pasanganmu memiliki tanda red flag penting yang perlu kamu ketahui.

Hubungan yang baik memerlukan keseimbangan. Jika dia terus-menerus memaksakan kehendaknya tanpa memikirkan perasaan atau pendapatmu, sikap itu bisa menandakan kurangnya perhatian terhadap hubungan yang sehat. Kamu berhak untuk didengar dan dihormati, sama halnya dengan dirinya.


4. Kerap Bersikap Kasar atau Meremehkan

Tanda Bahaya pada Calon Pasangan yang Harus Kamu Sadari/copyright/freepik/yanalya

Apabila dia sering menggunakan kata-kata kasar, mengejek, atau merendahkanmu, baik secara pribadi maupun di depan orang lain, ini adalah tanda bahaya yang serius. Sikap yang membuatmu merasa rendah diri atau tidak percaya diri harus diperhatikan. Pasangan yang baik akan mendukung dan menghormatimu, bukan sebaliknya.


5. Belum Ada Rencana Masa Depan

Tanda Bahaya dalam Hubungan yang Harus Kamu Sadari/copyright/\\pexels.com/Vlada

Apabila setiap kali kamu mencoba membicarakan masa depan, dia cenderung menghindar atau enggan membahas tentang komitmen, ini bisa menjadi indikasi bahwa dia mungkin belum siap untuk hubungan yang lebih serius. Pasangan yang memiliki niat baik akan bersedia mendiskusikan masa depan, meskipun belum ada kepastian, namun setidaknya ada gambaran arah yang jelas untuk kalian berdua.

Ingatlah, hubungan yang sehat selalu melibatkan saling menghargai dan kenyamanan. Jika kamu melihat tanda-tanda peringatan seperti ini, jangan ragu untuk melindungi dirimu dan membuat keputusan yang terbaik.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya