Cara Kelola Keuangan dengan Tabungan BRI Agar Lebih Baik di Tengah Fenomena Makan Tabungan Makin Sering Terjadi

Dalam kondisi makan tabungan, Tabungan BRI seperti Tabungan Rencana, Tabungan Bisnis, dan Tabungan Valas memainkan peran penting dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

oleh Fachri pada 17 Okt 2024, 10:35 WIB
Seorang wanita sedang membuka aplikasi BRImo. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Dalam beberapa tahun terakhir, fenomena makan tabungan kerap terjadi pada masyarakat Indonesia, khususnya kelas menengah. Hal itu terlihat dari penurunan saldo tabungan dalam beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan data Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), rata-rata saldo tabungan masyarakat Indonesia sebesar Rp3 juta pada 2019 atau sebelum pandemi Covid-19 susut menjadi Rp1,8 juta per April 2024.

Dalam periode yang sama, proporsi pengeluaran juga mengalami peningkatan dan proporsi simpanan mengalami penurunan. Hal itu terlihat dari survei konsumen Bank Indonesia (BI) selama 2019-2024, di mana proporsi pengeluaran terhadap pendapatan meningkat dari 68% menjadi 74%.

Fenomena tersebut pun menyebabkan masyarakat terpaksa makan tabungan mereka guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Padahal, seharusnya, dana dari tabungan digunakan untuk tujuan tertentu, seperti pendidikan atau investasi.

Nah, dalam kondisi itu lah Tabungan BRI seperti Tabungan Rencana, Tabungan Bisnis, dan Tabungan Valas memainkan peran penting dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik. Yup, dengan memilih produk yang sesuai, kamu bisa mengatur keuangan jangka pendek dan panjang, serta mempersiapkan dana darurat.

Selain itu, disiplin dalam menabung dan memahami tujuan masing-masing tabungan akan membantu mencegah penggunaan dana secara sembarangan. Alhasil, kamu pun dapat meraih target keuangan yang diinginkan tanpa khawatir makan tabungan.

So, jika ingin meraih target keuangan tersebut, kamu bisa memilih Tabungan BRI sebagai solusi pengelolaan keuangan dan menabung secara rutin. Lantas, apa saja produk Tabungan BRI yang bisa kamu manfaatkan?

Tabungan Rencana

Ilustrasi seorang wanita bahagia meraih sukses. (Shutterstock/Monster Ztudio)

Tabungan BRI yang cocok untuk menyiapkan dana dengan tujuan tertentu seperti pendidikan atau perjalanan adalah BritAma Rencana dan Simpedes Impian.

Dengan menabung di BritAma Rencana, kamu bisa mendapatkan suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan tabungan pada umumnya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan setoran bulanan yang terjangkau mulai dari  Rp100 ribu. 

Jangka waktu ketika kamu menabung di BritAma Rencana juga fleksibel bisa diatur seusai keinginanmu mulai dari 6 bulan hingga 20 tahun, kamu juga mendapatkan gratis biaya administrasi setipa bulannya 

Sama halnya seperti BritAma Renacana, Simpedes Impian juga merupakan jenis tabungan berjangka  dengan jangka waktu yang fleksibel mulai dari 1 - 20 tahun. Untuk mulai menabung di sini pun memiliki setoran awal Rp100 ribu dengan kelipatan Rp100 ribu.

Tabungan Bisnis

Bagi para pengusaha, mengelola keuangan bisnis dengan bijak merupakan kunci untuk menjaga kelangsungan usaha. Untuk membantu pengusaha mengatur arus kas bisnis, BRI menghadirkan produk Tabungan Bisnis seperti BritAma Bisnis dan Simpedes Usaha.  

Produk ini memudahkan kamu untuk memisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis. Dengan demikian, dana yang disimpan khusus untuk operasional atau investasi bisnis tetap aman dan tidak terganggu oleh kebutuhan pribadi.

Dengan Tabungan BRI Bisnis, kamu juga mendapatkan kemudahan dalam melakukan transaksi bisnis, baik itu pembayaran kepada supplier, pembayaran gaji karyawan, maupun investasi dalam bisnis. Produk tersebut juga menawarkan kemudahan dalam mengakses laporan keuangan dan transaksi secara real-time melalui aplikasi BRImo.

Tabungan Valas

Tabungan BritAma Valas adalah pilihan tepat untuk membantu mengelola keuangan dalam berbagai mata uang. Terdapat 10 mata uang asing yang tersedia di BritAma Valas di antaranya USD, AUD, SGD, CNY, EUR, AED, HKD, JPY, SAR dan GBP.

BritAma Valas cocok dimanfaatkan bagi para pelaku bisnis internasional, pelajar indonesia yang kuliah di luar negeri hingga mereka yang sering bepergian ke luar negeri. Apalagi, tabungan ini menawarkan bunga kompetitif sehingga dana akan tumbuh meski disimpan dalam bentuk valuta asing.

Nah, dengan menggunakan produk-produk dari Tabungan BRI  secara tepat dapat membantu menghindari makan tabungan yang tidak perlu. Selain itu, penting untuk memiliki rencana keuangan yang jelas dan mendisiplinkan diri untuk tidak menarik dana dari tabungan, kecuali untuk tujuan yang telah ditetapkan.

So, Tunggu apa lagi? Segera dagtar BRImo dan Buka Tabungan BRI untuk mengelola keuangan dengan lebih baik dan disiplin.  Menariknya kamu berkesempatan untuk memenangan berbagai hadiah berlimpah pada di program BRImo FSTVL dengan perbanyak saldo dan tingkatkan transaksi di BRImo.

Jika ingin mendapatkan informasi lebih lengkap, kamu bisa kunjungi bbri.id/brimofstvl

#TabunganBRI #TabunganBRIPasBuatmu #BRImo #BRImoMudahSerbaBisa #BRImoFSTVL #PromoMerchantBRI

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya