Viral! Pencuri Ini Malah Ngepel hingga Mencuci Bak Layaknya Rumah Sendiri

Maling ini memperlakukan rumah yang dicuri layaknya rumah sendiri.

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 17 Okt 2024, 14:45 WIB
Aksi Pencuri Bobol Rumah Malah Ngepel hingga Mencuci (Ilustrasi Bersih-Bersih Pexels/Mizunokozuki)

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria Polandia, Damian Wojnilowicz (36), dijatuhi hukuman 22 bulan penjara di Newport, Wales, setelah melakukan aksi perampokan dengan tingkah aneh. Pria tersebut membobol dua rumah pada musim panas lalu, namun bukannya mencuri barang berharga, ia malah membersihkan lantai dan mencuci pakaian. 

Kejahatan ini mengundang keheranan banyak orang karena aksi uniknya itu dianggap seperti memperlakukan rumah yang dicuri layaknya rumah sendiri.

Kejadian pertama terjadi pada 16 Juli, ketika salah satu korban pulang dan menemukan rumahnya sudah dalam keadaan bersih. Tempat sampah sudah dikosongkan, tanaman dipindahkan, dan cucian dijemur. Alih-alih berterima kasih, korban merasa ketakutan dan melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwajib karena khawatir dengan keselamatannya.

Pada 29 Juli, Wojnilowicz kembali melakukan aksi serupa di rumah lain di Newport. Kali ini, korban memergoki sang pencuri melalui CCTV sedang menuang anggur, mencuci pakaian, bahkan mandi. Berikut selengkapnya Liputan6.com merangkum aksi aneh pencuri ini melansir dari Oddity Central, Kamis (17/10/2024).

 

Bikin Pemilik Rumah Trauma

Aksi Pencuri Bobol Rumah Malah Ngepel hingga Mencuci (Ilustrasi Mencuci Herry Lim -Unsplash)

Tindakan pencurian Damian Wojnilowicz yang aneh membuat korban kebingungan. Seorang warga Monmouthshire yang menjadi korban pada 16 Juli pulang dari kerja dan menemukan rumahnya dalam keadaan bersih. Meskipun barang-barangnya tidak hilang, korban justru merasa cemas.

"Saya tidak pernah mengalami ketakutan seperti ini sebelumnya," kata korban yang tidak ingin disebutkan namanya. Ia segera melapor ke polisi setelah menemukan rumahnya "diurus" oleh pencuri. Kejadian ini membuat korban memutuskan untuk mengungsi sementara ke rumah teman.

Korban mengungkapkan ketakutannya bahwa Wojnilowicz mungkin mengenalnya dan mengetahui bahwa ia tinggal sendirian. Perasaan itu diperparah oleh perubahan posisi barang-barang di sekitar rumahnya, yang membuatnya merasa sedang diintai.


Pencuri Ternyata Tunawisma

Ilustrasi Tunawisma. (Unsplash)

Wojnilowicz tidak berhenti hanya pada satu aksi bersih-bersih. Pada 29 Juli, ia kembali memasuki rumah lain di Newport dan melakukan hal serupa. Kali ini, korban bisa menyaksikan secara langsung dari CCTV bagaimana pencuri tersebut dengan tenang melakukan aktivitasnya.

Pria berusia 36 tahun itu terlihat menuang anggur untuk dirinya sendiri, mencuci pakaiannya, dan bahkan mandi di rumah korban. Aksi santai ini terhenti ketika menantu korban datang dan mengusir Wojnilowicz dari rumah tersebut.

Meski tak ada barang berharga yang dicuri, tindakan Wojnilowicz tetap dilaporkan ke pihak berwenang. Polisi segera menangkapnya tak lama setelah kejadian. Menurut pengacaranya, Wojnilowicz hanya mencari tempat berlindung sementara karena kondisi tunawisma yang dialaminya.


Maling Ketiduran Saat Beraksi di Jakarta

Viral Momen Apes Maling Ketiduran Kaget Dibangunkan Polisi (Sumber: Video LMK Pademangan via IG jakut.info)

Tidak hanya di Polandia, kejadian maling dengan tingkah aneh juga terjadi di Indonesia. Melansir dari News Liputan6.com, sebuah video viral menunjukkan seorang pria yang diduga pencuri tertidur di rumah kosong yang ia masuki. Video ini diunggah oleh akun Instagram @merekamjakarta pada 29 Oktober 2023 lalu.

Pria tersebut ditemukan tertidur di atas kasur oleh warga dan polisi. Perwira Unit Reskrim Polsek Pademangan, Ipda Syaiful Hidayat, mengungkapkan bahwa pelaku, berinisial AN, adalah seorang pemulung. AN mengaku hanya ingin menumpang tidur di rumah kosong tersebut.

Pelaku masuk dengan membongkar pintu dan melompat pagar untuk masuk ke rumah. Namun, alih-alih mencuri barang berharga, AN justru tertangkap basah sedang tidur di tempat kejadian. "Kami telah mengamankan pelaku dan kini sedang menjalani proses hukum lebih lanjut," ujar Ipda Syaiful.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya