Tesla Model Y Buka Segmen Baru, Tawarkan 7 Seater untuk Pasar Eropa

Tesla menawarkan pilihan tujuh penumpang untuk Model Y Long Range dengan penggerak semua roda atau AWD di Eropa. Model untuk tujuh penumpang itu dikenakan biaya tambahan sebesar Rp41 juta.

oleh Rendy Yansah diperbarui 20 Okt 2024, 09:00 WIB
Tesla Model Y memasuki pasar Amerika Serikat dengan harga mulai USD39 ribu. (Tesla)

Liputan6.com, Jakarta - Tesla baru-baru ini menawarkan pilihan tujuh penumpang untuk Model Y Long Range dengan penggerak semua roda atau AWD di Eropa. Jenama asal Amerika itu membuka segmen baru di pasar Eropa untuk menjangkau konsumen lebih luas.   

Di Jerman, penambahan kursi ini berada di baris ketiga mobil Tesla dengan biaya Rp948 juta. Harga tersebut berbeda Rp41 juta dari pilihan lima penumpang.

Pengiriman Model Y tujuh penumpang ini akan dimulai pada akhir 2024, dan opsinya sudah tersedia di situs resmi Tesla.

Selain itu, pelanggan Tesla juga ditawarkan pilihan lain jika ingin memiliki interior berwarna putih dengan biaya tambahan Rp19,8 juta.

Penambahan tujuh kursi ini tentu mengurangi kapasitas pada bagasi, yang berarti ruang penyimpanan itu tersisa 363 liter.

Namun, jika baris ketiga dilipat semua, mampu menampung hingga 2.040 liter. Tesla Model Y LR juga mampu mengangkut kapasitas beban mencapai 1,6 ton.

Pabrikan Tesla yang berada di Giga Berlin, Jerman, menjual mobil tujuh penumpang ini seharga Rp1,077 miliar di Inggris. Sementara mobil lima penumpang dibanderol Rp1,026 miliar.

Hingga kini, usaha milik Elon Mask itu belum mengumumkan ketersediaan mobil tujuh penumpang untuk varian lain. untuk sementara, pilihan tersebut hanya tersedia untuk Model Y Long Range.


Spesifikasi Tesla Model Y LR

Penawaran yang diberikan Tesla tampaknya hanya pada bagian penambahan kursinya saja, Untuk tenaga mesin, fitur, interior, dan baterai tidak mengalami perubahan.

Model Y Long Range memiliki dimensi yang cukup besar, dengan panjang 4,7 m, lebar 1,9 m, dan tinggi 1,6 m, dengan jarak sumbu roda mencapai 2.8 m.

Kendaraan ini menggunakan drivetrain Dual Motor dengan penggerak semua roda (AWD), menghasilkan tenaga maksimum 378 kW atau 514 hp dan torsi 493 Nm.

Baterai yang digunakan berkapasitas total 82 kWh, dengan kapasitas yang dapat digunakan mencapai 75 kWh. Model ini juga memiliki opsi drivetrain lain, yaitu SR+ RWD, yang memiliki tenaga 255 kW (347 hp) dan torsi 340 Nm, dengan kapasitas baterai total 60 kWh.

Dari segi pengisian daya, Model Y dapat mengisi baterai dengan cepat, hingga 250 kW untuk pengisian DC, dan mampu mengisi dari 10% hingga 80% dalam 30 menit. Pengisian AC menggunakan tipe Type 2 dengan daya 11 kW.

Model ini juga menawarkan jarak tempuh yang mengesankan, mencapai 565 km menurut standar WLTP dan 531 km menurut standar EPA.

Model Y Long Range ini juga dilengkapi berbagai fitur menarik, seperti Autopilot, Dog Mode, kemampuan Supercharging, dan update over-the-air (OTA). Fitur utama lainnya adalah layar sentuh pusat yang memudahkan pengoperasian berbagai fungsi kendaraan.

Infografis Mobil Masuk Jakarta Harus Bayar

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya