Mayoritas Gen Z Berambisi Jadi Bos, Kamu Termasuk?

Generasi Z semakin terbukti sebagai generasi yang miliki jiwa wirausaha, mayoritas dari mereka ingin mendirikan bisnis mereka sendiri, tetapi seorang pakar memperingatkan bahwa hal itu mungkin tidak semudah yang mereka kira.

oleh Satrya Bima Pramudatama diperbarui 19 Okt 2024, 06:00 WIB
Alasan Gen Z Memiliki Jiwa Entrepreneur yang Kuat copyright/freepik

Liputan6.com, Jakarta - Generasi Z semakin terbukti sebagai generasi yang miliki jiwa wirausaha, mayoritas dari mereka ingin mendirikan bisnis mereka sendiri, tetapi seorang pakar memperingatkan bahwa hal itu mungkin tidak semudah yang mereka kira.

Dikutip dari CNBC pada Sabtu (19/10/2024) Sekitar 75% dari Generasi Z atau generasi yang lahir antara 1996 dan 2012 memiliki ambisi untuk "menjadi bos bagi diri mereka sendiri," dan tidak berniat bekerja dari jam 9 hingga 5 selama sisa karier mereka.

Hasil ini dari survei terhadap 2.000 orang dewasa di Inggris oleh Santander UK.

Selain itu, 77% yakin tentang kemampuan mereka untuk meluncurkan dan menjalankan bisnis yang sukses  dan 39% mengatakan bahwa yang mereka butuhkan hanyalah telepon pintar untuk melakukannya.

Sebaliknya, lebih dari sepertiga dari Gen X dan Generasi Baby Boomer mengatakan bahwa ada lebih sedikit peluang untuk memulai bisnis mereka sendiri ketika mereka masih muda karena tekanan untuk mengejar pendidikan dan jalur karier tradisional.

“Gen Z terbukti menjadi generasi yang paling berjiwa wirausaha, dan itu bukan hanya suatu kebetulan,” kata bintang Dragon’s Den dan pendiri Gener8, Sam Jones dalam survei tersebut. “Tidak seperti generasi sebelumnya, mereka tumbuh sepenuhnya tenggelam dalam era digital, di mana informasi, perangkat, dan koneksi global hanya berjarak satu klik.”

Keterpaparan ini berhasil menghasilkan pola pikir inovasi, tambahnya. “Mereka tidak hanya siap untuk memulai usaha mereka sendiri, mereka diposisikan secara unik untuk melampaui generasi sebelumnya dalam mengubah ide menjadi kenyataan.”


Gen Z Semangat Berwirausaha

Ilustrasi wirausaha, pengertian. (Photo by jcomp on Freepik)

Semangat wirausaha Generasi Z terdokumentasi dengan baik dan didorong oleh keinginan untuk otonomi dan kebebasan termasuk lebih banyak fleksibilitas, keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik, dan memiliki tujuan kata pakar masa depan pekerjaan dan mitra pengelola di Workplace Intelligence, Dan Schawbel.

Dalam satu video TikTok yang viral, seorang mantan guru dari Ohio, Alexis Firment mengeluh karena tidak dapat pulang kerja lebih awal meskipun dia telah menyelesaikan semua tugasnya untuk hari itu. Video tersebut menarik perhatian pemirsa yang lebih muda dan dalam komentarnya, beberapa mengeluhkan perjuangan "diperlakukan seperti anak kecil" di tempat kerja.

"Sebaliknya, kewirausahaan menarik bagi Gen Z karena menawarkan lebih banyak kendali atas pekerjaan dan kehidupan mereka, peluang untuk berinovasi, dan potensi untuk memanfaatkan keterampilan teknologi mereka. Ini juga menyediakan platform untuk mengatasi masalah sosial atau lingkungan yang mereka pedulikan, sambil berpotensi menawarkan imbalan finansial dan kemandirian yang lebih besar," tambahnya.

 

 


Menavigasi Lanskap Bisnis

Ilustrasi wirausaha. (Image by studioredcup on Freepik)

Menurut Schawbel, kekuatan utama Gen Z adalah mereka adalah penduduk asli digital dan cepat mengadopsi teknologi baru, dibandingkan dengan generasi yang lebih tua.

“Pemahaman bawaan mereka tentang platform digital, media sosial, dan teknologi yang sedang berkembang memungkinkan mereka untuk menavigasi lanskap bisnis daring dengan mudah,” katanya.

Namun, dia menunjukkan meskipun Gen Z paham teknologi dan cerdas, mereka mungkin tidak sepenuhnya siap untuk menjalankan bisnis mereka sendiri.

“Kesiapan Gen Z untuk menghadapi tantangan kewirausahaan merupakan gambaran yang beragam. Meskipun mereka memiliki keunggulan tertentu seperti kecakapan digital dan pemikiran inovatif, banyak yang mungkin meremehkan tuntutan menjalankan bisnis,” katanya.

“Jam kerja yang panjang, ketidakamanan finansial, dan tekanan konstan untuk mempertahankan profitabilitas dapat menjadi kenyataan yang menakutkan yang berbenturan dengan keinginan mereka untuk menyeimbangkan kehidupan dan pekerjaan.”

Schawbel menambahkan, sementara beberapa pengusaha Gen Z akan berkembang pesat, yang lain akan menghadapi “potensi pemeriksaan realitas,” karena tuntutan bisnis berbenturan dengan preferensi gaya hidup mereka.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya