Optimalkan Pertumbuhan Anak, Ini 10 Jenis Ikan Kaya Nutrisi

Sementara itu, DHA baik untuk mendukung perkembangan otak, sel saraf, dan indera penglihatan, khususnya pada bayi. Banyak jenis ikan bergizi yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 18 Okt 2024, 14:00 WIB
Pedagang membersihkan ikan bandeng di kawasan Rawa Belong, Jakarta, Senin (4/2). Jelang tahun baru Imlek penjual Ikan bandeng menjamur di Jalan Rawa Belong dan dibanderol harganya mulai dari Rp 50.000 per kilogram. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Yogyakarta - Real food atau makanan asli yang diolah sendiri di rumah merupakan menu terbaik untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak. Salah satu bahan makanan yang terbukti mampu mengoptimalkan pertumbuhan anak adalah ikan.

Ikan mengandung protein dan DHA yang sangat penting untuk pertumbuhan. Protein mampu membantu perkembangan otot dan tubuh.

Sementara itu, DHA baik untuk mendukung perkembangan otak, sel saraf, dan indra penglihatan, khususnya pada bayi. Banyak jenis ikan bergizi yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau.

Mengutip dari Tentang Anak, berikut 10 jenis ikan kaya nutrisi:

1. Ikan Bandeng

Meski memiliki banyak duri, ikan bandeng juga bisa disajikan sebagai menu makanan si kecil. Ikan bandeng mengandung 20 gram protein per 100 gram saji.

Selain itu, ikan bandeng juga kaya mineral, seperti kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Berbagai nutrisi tersebut dapat membantu mengoptimalkan perkembangan tubuh anak.

2. Ikan Cakalang

Tak hanya populer sebagai bahan utama kuliner khas Manado, ikan cakalang juga bisa diolah sebagai makanan si kecil. Ikan cakalang kaya akan protein lengkap dan asam lemak omega-3.

Kandungan tersebut mendukung perkembangan otak dan menjaga kesehatan jantung. Ikan cakalang juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mencegah anemia.

 


Ikan Kakap Merah

3. Ikan Kakap Merah

Ikan kakap merah kaya akan vitamin A. Oleh sebab itu, mengonsumsi ikan ini mampu membantu menjaga kesehatan mata dan pertumbuhan tulang anak. Vitamin A juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga anak terlindungi dari berbagai infeksi.

4. Ikan Kembung

Selain murah, ikan kembung juga dikenal sebagai ikan lokal yang kaya nutrisi. Ikan kembung mengandung protein, omega-3, dan DHA.

Kandungan tersebut berperan penting dalam perkembangan kognitif anak. Kandungan omega-3 dalam ikan kembung bahkan 1,5 kali lebih banyak dibanding salmon.

5. Ikan Patin

Ikan patin adalah ikan lokal yang mengandung 17 gram protein, 6,6 gram lemak, dan 31 mg kalsium dalam setiap 100 gram-nya. Kandungan ikan tersebut baik untuk pembentukan otot dan menjaga kesehatan tulang anak. Ikan patin juga membantu mencegah penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung.

6. Ikan Salmon Liar

Ikan salmon liar memiliki kandungan protein dan kalsium lebih tinggi dibandingkan salmon ternak. Ikan salmon liar juga mengandung omega-3 yang sangat baik untuk mendukung perkembangan otak dan mata anak.

 


Ikan Salmon Ternak

7. Ikan Salmon Ternak

Ikan salmon ternak juga kaya akan omega-3 dan protein. Namun, kandungannya sedikit lebih rendah dibandingkan salmon liar. Meski demikian, kandungan omega-3 pada ikan salmon ternak tetap baik untuk perkembangan kognitif dan penglihatan anak.

8. Ikan Selar

Ikan selar juga merupakan salah satu jenis ikan yang menjadi sumber protein baik untuk pertumbuhan anak. Dalam setiap 100 gram ikan selar, terdapat 18,8 gram protein dan 40 mg kalsium.

Kandungan tersebut penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Ikan selar mirip dengan ikan kembung, tetapi ikan selar memiliki garis kuning atau hijau di sepanjang tubuhnya. 

9. Ikan Teri

Seperti ikan pada umumnya, ikan teri juga kaya akan protein. Ikan teri juga memiliki kandungan lemak sehat dan zat besi.

Menariknya lagi, ikan teri memiliki kandungan kalsium 972 mg per 100 gram saji. Kandungan kalsium dan fosfor dalam ikan teri penting untuk pembentukan tulang, gigi, dan membantu tubuh menggunakan energi secara efisien.

10. Ikan Tuna

Ikan tuna memiliki kandungan gizi lengkap, yaitu fosfor, omega-3, kalium, dan magnesium. Kandungan-kandungan tersebut berperan penting dalam meningkatkan perkembangan kognitif si Kecil.

Selain itu, ikan tuna juga memiliki kandungan protein yang tinggi, sekitar 23 gram per 100 gram. Ikan tuna juga tak memiliki lemak jenuh yang berlebihan.

 

Penulis: Resla

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya