Jangan Sepelekan, 7 Tanda Pekerjaan Anda Ternyata Bisa Membahayakan Kesehatan

Tanda-tanda ini sering kali diselepekan, tapi bisa menjadi tanda pekerjaan yang Anda lakukan rupanya bisa mengganggu kesehatan Anda.

oleh Bella Zoditama diperbarui 21 Okt 2024, 10:03 WIB
Jangan Sepelekan, 7 Tanda Pekerjaan Anda Ternyata Bisa Membahayakan Kesehatan/Copyright pexels.com/Andrea Piacquadio

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi orang dewasa berarti kita harus siap dengan segala konsekuensinya. Termasuk dalam pekerjaan yang dilakoni sehari-hari.

Sayangnya, kelelahan akibat bekerja seringkali diabaikan begitu saja. Padahal dampaknya bisa lebih membahayakan daripada yang Anda kira. Kelelahan kerja itu nyata, dan dapat memengaruhi kesehatan Anda secara negatif dalam banyak cara.

Berdasarkan informasi dari Best Life, Kamis (17/10/2024), meskipun tidak ada diagnosis medis untuk kondisi tersebut, Mayo Clinic menyatakan kelelahan kerja "termasuk kelelahan fisik atau emosional. Kelelahan kerja juga dapat melibatkan perasaan tidak berguna, tidak berdaya, dan hampa".

Menurut Society for Human Resource Management, diperkirakan 44% orang mengalami semacam kelelahan di tempat kerja. Masalah lain yang dihadapi karyawan adalah kesepian. Survei Meta-Gallup tahun 2023 mengungkapkan hampir satu dari empat orang di seluruh dunia, lebih dari satu miliar orang "merasa sangat atau cukup kesepian." Dan itu cukup sering terjadi di tempat kerja. Tentunya hal ini bisa menganggu kesehatan mental para pekerja.

"Karena sebagian besar dari kita menghabiskan sebagian besar hari di tempat kerja, [kesepian] dapat diperparah oleh pengalaman kita di tempat kerja," kata Jeffrey Katzman, Direktur Pendidikan, Rumah Sakit Silver Hill kepada Best Life.

Kesepian dapat terasa seperti mati rasa, hampa, sedih, marah - semua dari pengalaman tidak dihargai atau merasa tidak diterima. “Kita bisa merasa sendiri karena sejumlah faktor di tempat kerja, dan kita perlu memperhatikannya," lanjutnya.

Oleh karenanya, sangat penting untuk memperhatikan tanda-tanda apakah pekerjaan yang Anda lakukan saat ini bisa berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental Anda atau tidak. Menurut Dr. Katzman, berikut adalah tanda-tanda yang perlu diperhatikan.


1. Gangguan kecemasan

Sumber : Freepik

Akar kecemasan yang disebabkan oleh pekerjaan dapat berasal dari banyak faktor. Termasuk keamanan kerja, jam kerja yang panjang, konflik dengan rekan kerja, dan banyak lagi, tetapi ini merupakan indikasi bahwa pekerjaan Anda mengganggu kesehatan Anda.

"Jika kita khawatir tidak diterima atau merasa tidak diperhatikan atau dihargai di tempat kerja, harga diri dan rasa diterima kita akan menurun," kata Dr. Katzman. "Dan kemudian kita dapat mulai menderita semua manifestasi psikologis dan fisik dari kecemasan kronis dan lonjakan."

2. Insomnia

Jika Anda mengalami kesulitan tidur, bisa jadi karena pekerjaan. Dr. Katzman menjelaskan bahwa tidur selama 7-8 jam dianjurkan, tetapi jika kita kesepian, tidak berolahraga, bekerja hingga larut malam, khawatir di tengah malam hal ini sulit dilakukan.


3. Obesitas Akibat Duduk Terlalu Lama atau Kurang Bergerak

Ilustrasi seorang wanita yang sedang bekerja (pexels.com/ivan samkov).

Saat Anda sibuk mengejar tenggat waktu atau harus menghadiri rapat berturut-turut, Anda mungkin lupa untuk berdiri dan bergerak.

Namun, duduk terlalu lama berbahaya karena duduk terlalu lama dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti obesitas dan sekumpulan kondisi — tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, lemak tubuh berlebih di sekitar pinggang, dan kadar kolesterol tidak sehat — yang membentuk sindrom metabolik, menurut Mayo Clinic.

"Bergerak di tempat kerja sangat penting. Menyisihkan waktu untuk berjalan-jalan di tempat kerja dapat membawa kita pada pertemuan tak terduga dan hubungan yang menyenangkan dengan orang lain. Jika kita melakukan 'walking meeting,' kita dapat menyelesaikan pekerjaan, membangun koneksi, dan menjaga kesehatan kita secara bersamaan!" jelas Dr. Katzman.


4. Cepat Marah Kepada Keluarga atau Teman Dekat

Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Carly

Lingkungan kerja yang negatif tidak selalu membuat Anda stres, tetapi juga dapat memengaruhi hubungan dekat kita.

"Ketika kesabaran kita menipis terhadap orang-orang yang paling kita sayangi, kita perlu bertanya-tanya apakah kita sedang dipengaruhi oleh pemicu stres di tempat kerja," kata Dr. Katzman. "Ketika stres di tempat kerja memengaruhi kemampuan kita untuk terhubung dengan orang-orang yang dekat dengan kita, rasa keterputusan kita pun tumbuh.

5. Masalah Pencernaan

Selalu penting untuk mendengarkan apa yang dikatakan oleh hati nurani Anda, bahkan di tempat kerja. Stres akibat pekerjaan dapat memicu masalah gastrointestinal (GI).

“Bukti yang muncul terus menunjukkan pemahaman yang berkembang tentang hubungan antara kesehatan usus dan kesejahteraan psikologis. Bahkan kini ada penelitian yang menunjukkan hubungan antara rasa terisolasi dan berkurangnya keragaman bakteri usus – ancaman bagi GI dan kesejahteraan psikologis kita," ucap Dr. Katzman berkata.


6. Kesepian karena tidak dekat dengan rekan kerja

Ilustrasi introvert, diam, kesepian, diri sendiri, merenung. (Image by Freepik)

Menurut Dr. Katzman, tidak adanya ruang bersama di tempat kerja untuk berkumpul dapat memengaruhi kesehatan Anda.

"Jika tidak ada tempat bersama untuk berkumpul di tempat kerja, rasa 'semangat kebersamaan' dapat benar-benar menurun. Orang-orang kehilangan kesempatan untuk berhubungan secara rutin, misalnya di ruang makan siang atau tempat serupa untuk berkumpul," kata Dr. Katzman.

7. Ketidakseimbangan waktu

Rasanya hampir banyak waktu yang dihabiskan di jalan untuk pergi dan pulang dari kantor. Sebab terkadang kita tidak punya pilihan selain bepergian, tetapi itu bisa jadi tidak sehat.

"Studi tentang hal ini menunjukkan bahwa perjalanan jauh dapat mengancam kemampuan kita untuk menyeimbangkan hidup dengan olahraga dan menjalin koneksi di luar pekerjaan," kata Dr. Katzman. "Belum lagi dampak dari duduk dalam waktu lama."

INFOGRAFIS CEK FAKTA_Tips Terhindar Penipuan Lowongan Kerja Palsu (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya