Disleksia, Disabilitas Belajar yang Bikin Membaca, Menulis dan Berhitung Jadi Lebih Sulit

Disleksia merupakan disabilitas belajar yang membuat tugas-tugas terkait membaca dan bahasa menjadi lebih sulit.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 17 Okt 2024, 18:17 WIB
Ilustrasi Penyebab Disleksia pada Anak Credit: unsplash.com/Jonathan

Liputan6.com, Jakarta - Disleksia adalah disabilitas belajar yang memengaruhi cara otak memproses bahasa tertulis. Individu dengan disleksia mengalami kesulitan dalam membaca dan keterampilan terkait. Meski demikian, kondisi disabilitas ini dapat ditangani dan tidak harus menjadi penghalang kesuksesan.

Disleksia merupakan disabilitas belajar yang membuat tugas-tugas terkait membaca dan bahasa menjadi lebih sulit. Kondisi ini terjadi karena adanya gangguan pada cara otak memproses tulisan hingga dapat dipahami.

Umumnya orang mengetahui bahwa mereka mengalami disleksia sejak masa kanak-kanak, dan ini biasanya merupakan masalah seumur hidup. Bentuk disleksia ini juga dikenal sebagai 'disleksia developmental'.

Disleksia termasuk dalam gangguan belajar spesifik. Gangguan ini memiliki tiga subtipe utama, seperti dilansir dari Cleveland Clinic:

  • Disleksia membaca
  • Disleksia menulis (disgrafia)
  • Disleksia terkait matematika (diskalkulia)

Bagaimana disleksia mempengaruhi pemahaman bahasa

Membaca dimulai dengan bahasa lisan. Pada anak usia dini, berbicara dimulai dengan mengeluarkan bunyi-bunyi sederhana. Saat Anda mempelajari lebih banyak bunyi, Anda juga mempelajari cara menggunakan bunyi untuk membentuk kata, frasa, dan kalimat. Belajar membaca melibatkan menghubungkan suara dengan simbol tertulis (huruf) yang berbeda.

Di sinilah peran disleksia. Kondisi ini mengganggu cara otak menggunakan bahasa lisan untuk “memecahkan kode” tulisan. Otak kesulitan memproses apa yang Anda baca, terutama memecah kata menjadi suara atau menghubungkan huruf dengan suara saat membaca.

Perlambatan dalam pemrosesan tersebut dapat memengaruhi semua hal berikutnya. Itu termasuk:

  • Membaca menjadi lambat karena Anda kesulitan memproses dan memahami kata-kata.
  • Kesulitan dalam menulis dan mengeja.
  • Masalah dengan cara Anda menyimpan kata-kata dan artinya dalam memori.
  • Kesulitan membentuk kalimat untuk mengkomunikasikan ide yang lebih kompleks.

 


Seberapa umumkah disleksia?

Disleksia jarang terjadi secara keseluruhan namun cukup luas untuk diketahui. Para ahli memperkirakan kondisi ini mempengaruhi sekitar 7% orang di seluruh dunia. Gangguan ini mempengaruhi orang secara merata tanpa memandang jenis kelamin dan ras.

Namun, banyak orang mengalami gejala yang tidak cukup parah untuk didiagnosis. Termasuk orang-orang dengan gejala namun tanpa diagnosis, disleksia dapat mempengaruhi hingga 20% orang di seluruh dunia.

Apa penyebab disleksia?

Penyebab pasti disleksia belum jelas. Namun, ada beberapa petunjuk yang memberi petunjuk tentang bagaimana dan mengapa sebagian besar kasus terjadi.

Genetika. Disleksia sangat bersifat genetik dan diturunkan dalam keluarga. Seorang anak dengan salah satu orang tua penderita disleksia memiliki peluang 30% hingga 50% untuk mewarisi penyakit tersebut. Kondisi genetik seperti sindrom Down juga dapat membuat disleksia lebih mungkin terjadi.

Perbedaan perkembangan dan fungsi otak. Jika Anda menderita disleksia, Anda mengalami neurodivergen. Itu berarti otak Anda terbentuk atau bekerja berbeda dari yang diharapkan. Penelitian menunjukkan penderita disleksia memiliki perbedaan struktur, fungsi, dan kimia otak.

Gangguan perkembangan dan fungsi otak. Infeksi, paparan racun, dan kejadian lainnya dapat mengganggu perkembangan janin dan meningkatkan kemungkinan berkembangnya disleksia di kemudian hari.

 


Faktor risiko disleksia

Beberapa faktor risiko dapat berkontribusi terhadap seseorang terkena disleksia. Ini termasuk (namun tidak terbatas pada):

Paparan beracun. Polusi udara dan air dapat meningkatkan risiko terkena disleksia. Hal ini terutama berlaku pada logam berat (seperti timbal atau mangan), nikotin, dan bahan kimia tertentu yang digunakan sebagai penghambat api.

Kurangnya akses terhadap bahan bacaan. Risiko terkena disleksia lebih tinggi terjadi pada anak-anak yang tumbuh di rumah tangga yang tidak menganjurkan membaca atau tidak memiliki bahan bacaan.

Keterbatasan lingkungan belajar. Anak-anak yang kurang mendapat dukungan belajar di sekolah atau lingkungan serupa lebih mungkin terkena disleksia.

 


Tanda dan gejala disleksia

Seiring bertambahnya usia seorang anak, disleksia sering kali terlihat seperti:

  • Kesulitan mengeja kata-kata sederhana.
  • Kesulitan mempelajari nama-nama huruf.
  • Kesulitan dalam membedakan huruf dengan bentuk serupa, seperti “d” dan “b” atau “p” dan “q.”
  • Kesulitan berima.
  • Keengganan untuk membaca keras-keras di kelas.
  • Kesulitan mengucapkan kata-kata baru.
  • Kesulitan mengasosiasikan suara dengan huruf atau bagian kata.
  • Kesulitan mempelajari bagaimana suara menyatu.
  • Mencampur posisi bunyi dalam sebuah kata.

Memiliki salah satu hal di atas tidak berarti seseorang menderita disleksia, tetapi jika mereka mengalami kesulitan mempelajari keterampilan dasar membaca, maka pemeriksaan dan pengujian disleksia adalah cara yang baik untuk mengetahui apakah mereka memerlukan bantuan khusus.

Disleksia juga memiliki tingkat keparahan:

  • Ringan: Kesulitan memang ada, namun Anda dapat mengimbanginya atau mengatasinya dengan akomodasi atau dukungan yang tepat.
  • Sedang: Kesulitannya cukup signifikan sehingga Anda memerlukan instruksi dan bantuan khusus. Anda mungkin juga memerlukan intervensi atau akomodasi khusus.
  • Parah: Kesulitannya begitu nyata sehingga terus menjadi masalah bahkan dengan intervensi khusus, akomodasi, dan bentuk pengobatan lainnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya