Kronologi Kematian Pemimpin Hamas Yahya Sinwar di Jalur Gaza

Sejauh ini, Hamas belum bersuara atas kematian Sinwar.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 18 Okt 2024, 08:10 WIB
Pemimpin Hamas Yahya Sinwar (Dok. Khalil Hamra/AP Photo)

Liputan6.com, Gaza - Pasukan Israel telah memburu pemimpin Hamas Yahya Sinwar selama lebih dari setahun. Dia merupakan sosok yang mendalangi serangan 7 Oktober 2023.

Yahya Sinwar (61) disebut telah menghabiskan sebagian besar waktunya di terowongan Jalur Gaza sebelum ajal menjemputnya dalam sebuah pertemuan tak sengaja dengan patroli Israel di Gaza Selatan.

Rincian masih terus bermunculan, namun berikut ini adalah apa yang sejauh ini diketahui tentang pembunuhan Sinwar seperti dilansir BBC, Jumat (18/10/2024):

Patroli Rutin

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan satu unit dari Brigade Bislamach ke-828 berpatroli di Tal al-Sultan, sebuah wilayah di Rafah, pada hari Rabu (16/10). Tiga militan diidentifikasi dan dilawan oleh pasukan Israel - semuanya berhasil dihabisi.

Pada tahap itu, tidak ada yang tampak luar biasa tentang baku tembak tersebut dan para prajurit tidak kembali ke tempat kejadian hingga Kamis (17/10) pagi.

Ketika jenazah diperiksa, salah satunya ditemukan sangat mirip dengan sang pemimpin Hamas. Namun, jenazah yang dimaksud tetap berada di tempatnya karena diduga ada jebakan dan sebagai gantinya, sebagian jarinya diambil dan dikirim ke Israel untuk diuji.

Jenazahnya akhirnya dikeluarkan dan dibawa ke Israel pada hari yang sama saat area itu diamankan.

Juru bicara IDF Daniel Hagari mengaku pasukannya tidak tahu Sinwar ada di sana.

Menurut Hagari, IDF mengidentifikasi tiga pria yang berlari dari rumah ke rumah, menyerang mereka sebelum mereka berpisah. Pria yang kemudian diidentifikasi sebagai Sinwar "berlari sendirian ke salah satu gedung" dan tewas setelah ditemukan dengan drone.

Tak satu pun sandera yang diyakini Israel digunakan Sinwar sebagai perisai manusia hadir dan pengiringnya yang kecil menunjukkan bahwa dia mencoba bergerak tanpa diketahui atau telah kehilangan banyak orang yang melindunginya.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant menyebutkan, "Sinwar ... tidak mati sebagai komandan, namun sebagai seseorang yang hanya peduli pada dirinya sendiri. Ini adalah pesan yang jelas bagi semua musuh kita."

 


Konfirmasi Sinwar Tereliminasi

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar. (AP Photo/Adel Hana, File)

Israel pertama kali mengumumkan mereka "menyelidiki kemungkinan" bahwa Sinwar telah terbunuh di Jalur Gaza pada Kamis sore waktu setempat.

Dalam beberapa menit setelah pengumuman, gambar yang diunggah ke media sosial menunjukkan jasad seorang pria dengan ciri-ciri yang sangat mirip dengan Sinwar menderita luka parah di kepala. Gambar-gambar tersebut terlalu gamblang untuk dipublikasikan ulang.

Namun, para pejabat memperingatkan bahwa "pada tahap ini" identitas ketiga pria yang tewas belum dapat dikonfirmasi.

Tidak lama setelah itu, sumber-sumber Israel mengungkapkan kepada BBC bahwa para pemimpin "semakin yakin" mereka telah membunuhnya. Namun, mereka mengatakan bahwa semua tes yang diperlukan harus dilakukan sebelum kematian dapat dikonfirmasi.

Tes-tes tersebut tidak memakan waktu lama. Pada Kamis malam, Israel mengumumkan bahwa tes-tes telah selesai dan Sinwar dipastikan "tereliminasi".

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan bahwa "kejahatan" telah "ditangani", namun dia memperingatkan bahwa perang Israel di Jalur Gaza belum selesai.

Meskipun Sinwar tidak terbunuh selama operasi yang ditargetkan, IDF mengaku mereka telah beroperasi selama berminggu-minggu di daerah-daerah yang menurut intelijen mungkin menjadi lokasinya.

Singkatnya, pasukan Israel telah mempersempit lokasi Sinwar yang diperkirakan ke Rafah dan perlahan-lahan bergerak untuk menangkapnya.

Dalam pernyataannya, IDF mengatakan operasinya dalam beberapa minggu terakhir di Gaza Selatan telah "membatasi pergerakan operasional Yahya Sinwar saat dia dikejar oleh pasukan dan menyebabkannya tersingkir".

Tujuan utama, tapi bukan akhir

Kematian Sinwar merupakan tujuan perang bagi Israel. Namun, akhir hidupnya tidak mengakhiri perang di Jalur Gaza.

Sementara Netanyahu menegaskan dia telah menyelesaikan masalah dengan Sinwar, dia bersikeras perang akan terus berlanjut - paling tidak untuk menyelamatkan 101 sandera yang masih ditahan oleh Hamas.

"Kepada keluarga sandera yang terkasih, saya katakan: ini adalah momen penting dalam perang. Kami akan terus berjuang dengan kekuatan penuh sampai semua orang yang Anda cintai, orang-orang yang kami cintai, pulang."

Di Israel, keluarga sandera berharap gencatan senjata dapat dicapai untuk membawa pulang kerabat mereka.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya