Bakal Ada Arak-Arakan Usai Prabowo-Gibran Dilantik, Ini Rutenya

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengungkapkan, rencana arak-arakan tersebut akan berlangsung di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin.

oleh Muhammad AliTim News diperbarui 18 Okt 2024, 10:49 WIB
Gedung DPR/MPR di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta. (Liputan6.com/Devira Prastiwi)

 

Liputan6.com, Jakarta Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka bakal menjalani proses pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung DPR MPR pada Minggu (20/10/2024) mendatang. Setelah dilantik, mereka bakal diarak-arak oleh para relawannya.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengungkapkan, rencana arak-arakan tersebut akan berlangsung di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin. Kepolisian pun bakal melakukan pengalihan arus lalu lintas selama arak-arakan berlangsung.

"Kita akan mengatur arus lalu lintas demikian rupa sehingga rangkaian kegiatan ini berjalan gitu, tidak ada kemacetan yang dihambat oleh misalnya tidak bisa jalan," kata Latif di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (18/10).

"Kalau misalnya kendaraan terlalu padat kan akan sulit, makannya mungkin dari Semanggi nanti kita alihkan dikit dikit gitu," sambung dia.

Di saat yang bersamaan saat pelantikan dan arak-arakan, kegiatan Car Free Day (CFD) di akhir pekan juga untuk sementara ditiadakan.

Sejalan dengan dua kegiatan itu, polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Namun untuk penutupan jalan akan bersifat situasional.

Berikut ini rincian rekayasa lalu lintas yang disiapkan:

1. Arus lalu lintas dari arah TL LapanganTembak menuju Jl Gatot Subroto, diputar balik di kolong sekat 2 atau dialihkan ke Tanjakan Layang Ladokgi arah Semanggi;

2. Arus lalu lintas dari Tol dalam kota yang akan keluar di offramp Pulau Dua diluruskan ke arah Tol Tomang;

3. Arus lalu lintas dari Jl. Palmerah Timur menuju Jl Gelora / pintu belakang Gedung DPR/MPR diluruskan;

4. Jl. Tentara Pelajar / Jl Permata Hijau arus lalu lintas dari Jl Gerbang pemuda menuju Jl Gelora / pintu belakang Gedung DPR-MPR dibelok ke kiri Jl Asia Afrika;

 


Lalu Lintas dari Jalan Asia Afrika

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman. (Merdeka.com/ Rahmat Baihaqi)

5. Arus lalu lintas dari Jl Asia Afrika menuju TL Lap Tembak dibelokan ke kanan Jl Pintu 1 Senayan atau diputar balikkan di TL Asia Afrika;

6. Arus lalu lintas dari arah Semanggi yang menuju Slipi dialihkan ke kiri di sekat 2 / Ladokgi ke Jl Gerbang Pemuda;

7. Arus lalu lintas dari arah Slipi yang menuju Jl Gerbang Pemuda di luruskan ke arah Semanggi.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com


Infografis

Infografis Serba-Serbi Jelang Pelantikan Prabowo Sebagai Presiden ke-8 RI. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya