Mantap, Keripik Kelapa Indonesia Tembus ke Pasar China

Local Champion Indonesia (LCI) telah menandatangani MOU ekspor kopi ke pasar India dan keripik kelapa ke pasar China.

oleh Septian Deny diperbarui 18 Okt 2024, 11:30 WIB
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (29/10/2021). Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan neraca perdagangan Indonesia pada September 2021 mengalami surplus US$ 4,37 miliar karena ekspor lebih besar dari nilai impornya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Local Champion Indonesia (LCI), sebuah inisiatif terintegrasi yang diprakarsai oleh Cah Angon Foundation, bekerja sama dengan UKM Eksporter Indonesia dan Garuda Indonesia Maju, serta didukung oleh Kementerian Perdagangan dan 12 negara melalui atase perdagangan, ITPC, dan Kadei, berhasil mendorong ekspor produk UMKM Indonesia.

LCI telah menandatangani MOU ekspor kopi ke pasar India dan keripik kelapa ke pasar China. Selain itu, LCI juga aktif mendampingi proses kesepakatan dengan banyak buyer dari berbagai negara, menyadari bahwa proses ekspor tidaklah instan.

Direktur Eksekutif Cah Angon Foundation Dhika Yudistira menjelaskan bahwa program terintegrasi ini sangat efektif dalam mempersiapkan pelaku usaha dan produk agar sesuai dengan kebutuhan pasar.

"Kami menyelenggarakan webinar dengan para atase perdagangan/ITPC yang berfungsi sebagai sumber intelijen pasar, sehingga pelaku UMKM memahami potensi dan regulasi pasar. Selanjutnya, kami melakukan kurasi produk bekerja sama dengan Perwadag untuk memastikan produk sesuai dengan kebutuhan pasar berbagai negara," ungkap Dhika dikutip Jumat (18/10/2024).

Rangkaian program juga mencakup pelatihan berbasis kluster untuk menyiapkan produk yang siap masuk ke pasar, diikuti dengan sesi pitching kepada buyer yang membantu dalam proses negosiasi dan kesepakatan.

Puncaknya adalah partisipasi dalam Trade Expo Indonesia (TEI) yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan, di mana LCI berhasil menarik perhatian banyak buyer dan perwakilan dagang dari berbagai negara.

Dhika yudistira menambahkan pentingnya program terintegrasi market ini terus di dorong di lintas kementerian, BUMN dan sektor swasta mengingat pemerintah kita cukup fokus kepada umkm, akan tetapi saya sering menemui banyak umkm yang sudah bagus secara kualitas, perizinan, kapasitas dll akan tetapi tidak sesuai dengan potensi pasar, sehingga sangat disayangkan.

Apabila kedepannya semua stakeholder mendorong program umkm terintegrasi dengan market maka akan cepat mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia," tutupnya.

Dengan keberhasilan ini, LCI berharap dapat terus meningkatkan kapasitas dan daya saing UMKM Indonesia di pasar global.


BPS: Ekspor September 2024 Meningkat 6,44% dari Tahun Lalu

Sebuah kapal bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (4/12/2020). Perbaikan kinerja ekspor dari Kuartal II sebesar minus 11,7 persen menjadi minus 10,8 persen di Kuartal III dan kuartal IV menjdi pijakan untuk perbaikan ditahun 2021. (merdeka.com/Imam Buhori)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor Indonesia pada September 2024 sebesar USD 22,08 miliar. Angka itu meningkat secara tahunan dari September 2023.

Kala itu, nilai ekspor RI mencapai USD 19,34 miliar. Artinya ada kenaikan sebesar 6,44 persen pada September 2024.

"Secara tahunan nilai ekspor September 2024 mengalami peningkatan sebesar 6,44 persen," kata Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti dalam konferensi pers, Selasa (15/10/2024).

Dia mengatakan, ada beberapa komoditas yang menyumbang kenaikan nilai ekspor tersebut. Terutama pada peningkatan komoditas ekspor non migas.

Di antaranya, bahan bakar mineral dengan kode HS 27. Logam mulia dan perhiasan atau permata dengan kode HS 71. Serta, kakao dan olahannya dengan kode HS 18.

"Kenaikan ini didorong oleh penibnkatan ekspor non migas terutama pada bahan bakar mineral HS 27, logam mulia dan perhiasan atau permata HS 71, serta kakao dan olahannya HS 18," tutur Amalia.

Diketahui, nilai ekspor tersebut sebetulnya mengalami penurunan dari Agustus 2024. Penurunannya terjadi sekitar 5,80 persen.

 


Nilai Ekspor Turun 5,8 Persen

Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (29/10/2021). Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan neraca perdagangan Indonesia pada September 2021 mengalami surplus US$ 4,37 miliar karena ekspor lebih besar dari nilai impornya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka ekspor sepanjang September 2024 mencapai USD 22,08 miliar. Angka tersebut ternyata turun dari perolehan ekspor pada Agustus 2024, bulan sebelumnya.

Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti menyampaikan besaran ekspor tersebut mengalami penurunan sebesar 5,8 persen dari bulan sebelumnya.

"Pada September 2024 nilai ekspor mencapai USD 22,08 miliar atau turun sebesar 5,80 persen dibandingkan bulan Agustus 2024," kata Amalia dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (15/10/2024).

Secara nilai, ekspor migas tercatat sebesar USD 1,17 miliar atau turun 2,81 persen. Sama halnya dengan ekspor noj migas yang turun 5,96 persen menjadi USD 20,91 miliar

Menurut Amalia, penurunan ekspor pada September 2024 itu disebabkan oleh menurunnya ekspor non migas. Utamanya pada 3 komoditas.

"Penurunan nilai ekspor September secara bulanan, terutama didorong oleh penurunan ekspor non migas terutama pada komoditas lemak hewan dan nabati HS 15, bijih logam, terak dan abu HS 26, mesin dan perlengkapan elektrik serta bagiannya atau HS 85," tuturnya.

"Adapun penurunan ekspor migas terutama didorong oleh penurunan nilai ekspor gas dengan andil sebesar minus 0,27 persen,"  Amalia menambahkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya