Erina Gudono Makan Sushi, Sashimini, dan Nigiri Saat Omakase Privat di Kamar Rumah Sakit, Apa Bedanya?

Berapa kisaran harga sajian omakase, seperti yang dipesan Kaesang Pangarep untuk Erina Gudono?

oleh Asnida Riani diperbarui 18 Okt 2024, 13:00 WIB
Potret terbaru Erina Gudono dengan bare face jelang melahirkan (@eriangudono @kaesangp)

Liputan6.com, Jakarta - Lagi, unggahan Erina Gudono jadi sorotan setelah sempat rehat dari media sosial di tengah kontroversi gaya hidup mewahnya. Sebagaimana dilaporkan sebelumnya, ibu anak satu ini pamer makan omakase, yang dipesan suaminya Kaesang Pangarep, langsung ke kamar rumah sakit.

Di Instagram Story-nya, Kamis, 17 Oktober 2024, ipar Gibran Rakabuming Raka ini merekam momen seorang juru masak menyiapkan sajikan omakase masakan Jepang. Ia menulis, "Terima kasih omakase di rumah sakitnya @kaesangp. Akhirnya bisa makan sushi sashimi nigiri lagi."

Apa beda ketiga sajian tersebut? Melansir Southern Living, Jumat (18/10/2024), sushi merupakan olahan nasi yang direndam cuka. Namanya sendiri berarti "rasa asam," yang tentunya dari cuka.

Sementara sushi tradisional menggunakan makanan laut mentah, itu bukan komponen yang diperlukan untuk mempertimbangkan hidangan sushi. Beberapa sushi, tapi tidak semuanya, dibungkus dengan nori, rumput laut kering yang dapat dimakan.

Lapisan nasi, yang dapat diolesi atau diberi nori, diisi, digulung, kemudian diiris. Versi sushi modern dapat mencakup makanan laut yang dimasak, sayuran, bahkan protein lain, seperti udang tempura dan daging sapi.

Sementara itu, sashimi adalah makanan laut mentah dan segar, seperti tuna, salmon, makerel, hamachi yellow tail, dan udang. Sashimi biasanya dibuat dengan ikan air asin, sehingga risiko kontaminasi lebih kecil, kendati tetap saja ada.

Sashimi biasanya disajikan dengan irisan tipis di atas hamparan lobak daikon dan daun shiso, tanpa nasi dan nori. Sedikit wasabi atau jahe segar juga dapat ditambahkan untuk menikmati sajian ini.


Nigiri yang Jadi Hidangan Omakase Erina

Melihat sajian private omakase yang dinikmati Erina Gudono di rumah sakit, berapa harganya? (@erinagudono)

Tidak ketinggalan, nigiri biasanya tercantum di samping sushi dan sashimi pada menu, dan berada di antara kedua hidangan tersebut. Nigiri adalah makanan laut mentah, mirip dengan sashimi, yang disajikan di atas bola nasi yang digulung dengan cuka.

Meski merupakan jenis sushi, nigiri tidak menyertakan bahan tambahan, seperti mentimun atau alpukat, dan tidak dibungkus dengan nori. Di unggahan Erina, menu omakase itu disiapkan Zutto, restoran masakan Jepang kontemporer dengan sentuhan Prancis, menurut bio Instagram bisnis tersebut.

"Semuanya enak," puji Puteri Indonesia DIY 2022 tersebut.

Menurut Fimela.com, sajian omakase premium ini dilayani langsung oleh kepala juru masak Zutto, Rey Maruyama. Layanan omakase restoran itu dibanderol mulai dari Rp2 jutaan. Zutto juga memiliki paket omakase senilai Rp13,5 jutaan untuk 16 courses dengan bahan dengan kualitas lebih premium.

Salah satunya, restoran itu mengaku menggunakan uni "auction grade" yang menjadikannya sebagai uni termahal yang mereka miliki. Memangnya apa sih omakase itu?


Apa Itu Omakase?

Potret kamar Erina Gudono di rumah sakit. (sumber: Instagram/erinagudono)

Melansir laman Michelin Guide, omakase adalah bentuk penyajian hidangan Jepang di mana tamu menyerahkan keseluruhan rangkaian menu pada koki. Mereka biasanya akan disajikan hidangan yang musiman, elegan, artistik, dan menggunakan bahan-bahan terbaik.

Omakase disebut sebgaai pendamping spiritual dan penyeimbang kaiseki, penyajian hidangan Jepang rumit dengan beberapa hidangan yang dibuat berdasarkan musim, bahan-bahan berkualitas, dan persiapan sederhana. Namun, ada satu perbedaan utama.

Sementara kaiseki adalah hidangan yang sangat ritualistik dengan pasang surut tertentu, omakase berubah setiap kali ada acara, dengan koki membuat keputusan tentang apa yang akan dimasak di tengah hidangan. Kebenaran omakase terletak pada asal kata itu sendiri, yang jika diterjemahkan secara langsung, artinya "Saya serahkan pada Anda."

Dalam bukunya "The Story of Sushi," akademisi dan penulis Trevor Corson mengatakan, "(Omakase) adalah apa yang diminta pelanggan pada koki saat duduk di kedai sushi. Penikmat sushi jarang memesan dari menu. Secara tradisional, kedai sushi di Jepang bahkan tidak memiliki menu."


Dekorasi Kamar Rumah Sakit

Potret kamar Erina Gudono di rumah sakit. (sumber: Instagram/erinagudono)

Selain omakase, di rekaman yang dibagikan Erina, Kamis, kamar rumah sakit itu tampak didekorasi dengan balon-balon ungu berbagai shade. Dalam Bahasa Inggris, Kaesang menulis pesan yang artinya, "Terima kasih telah jadi istri yang luar biasa dan memberikan bayi perempuan yang cantik untuk kita."

Erina melahirkan anak perempuannya pada Selasa, 15 Oktober 2024, lapor kanal News Liputan6.com. "Alhamdulilah, telah lahir anak kami saya dan Erina, Alhamdulillah sehat," kata Kaesang saat jumpa pers di RSU Bunda Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menamakan putri mereka, Bebingah Sang Tansahayu. Menurut Kaesang, nama tersebut bermakna pemberi kebahagiaan. "Nama Bebingah artinya membuat bahagia, Sang Tansahayu dialah yang selalu cantik paras dan semuanya," ungkap Kaesang Pangarep.

Ia menuturkan, arti nama tersebut diambil dari Bahasa Jawa dan yang merangkai semuanya adalah sang istri. "Yang membuat namanya istri saya semua," tutur dia. Anak pasangan yang menikah pada Desember 2022 ini lahir di Jakarta pukul 07.02 WIB melalui operasi caesar, dengan berat 3,4kg.

Infografis Ragam Festival Kuliner Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya