Jelang Pensiun, Jokowi Gelar Perpisahan dengan Kabinet Indonesia Maju Siang Ini

Jokowi tetap bekerja seperti biasa, meski masa jabatannya berakhir dua hari lagi. Ari menuturkan Jokowi menerima sejumlah tamu memastikan transisi pemerintahan berjalan lancar.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 18 Okt 2024, 12:52 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wapres Ma’ruf Amin dan presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto datang bersamaan menghadiri acara HUT TNI di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024). (Foto: BPMI Setwapres).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menggelar makan siang bersama dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, para menteri dan kepala badan Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/10/2024). Makan siang ini sebagai bentuk pertemuan terakhir Jokowi, Ma'ruf, dan para menteri sebelum masa pemerintahan berakhir pada 20 Oktober 2024.

"Beliau rencananya hari ini ada acara makan bersama dengan Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 yang akan diselenggarakan pukul 13.00 nanti di Istana Negara," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana kepada wartawan, Jumat (18/10/2024).

"Jadi, ini semacam pertemuan terakhir antara bapak Presiden dengan anggota kabinet dan itu dilakukan lebih rileks melalui makan siang bersama," sambungnya.

Dia mengatakan Jokowi tetap bekerja seperti biasa, meski masa jabatannya berakhir dua hari lagi. Ari menuturkan Jokowi menerima sejumlah tamu memastikan transisi pemerintahan berjalan lancar.

"Ya hari ini Bapak Presiden tetap bekerja ya, jadi beliau menerima beberapa tamu yang terkait dengan tentu saja bagaimana mendorong proses transisi dalam pemerintahan termasuk juga keberlanjutan dari program-program prioritas yang sudah fondasinya dibangun oleh Bapak Presiden itu bisa berlanjut ke depan," jelasnya.

Ari menyampaikan Jokowi juga telah mengemas barang-barangnya yang ada di Istana maupun di kediamannya di Bogor. Barang-barang dan hewan peliharaan Jokowi seperti, kambing dibawa ke Solo, Jawa Tengah.

"Iya di Solo, barang-barang yang dimiliki oleh bapak Presiden termasuk juga sudah teman-teman beritain itu tuh ada kambingnya Bapak Presiden dan juga kuda itu memang menjadi milik Presiden," tutur Jokowi.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Saat Pilpres tersebut, Jokowi terpilih sebagai presiden bersama pasangannya, Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih untuk masa jabatannya yang kedua. Kali ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin. Keduanya dilantik pada 20 Oktober 2019 untuk masa jabatan hingga 20 Oktober 2024.

Masa jabatan Jokowi-Ma'ruf Amin akan berakhir pada 20 Oktober 2024. Sebagai pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 pada 20 Oktober mendatang.


Polisi Bakal Kawal Kepulangan Jokowi ke Solo Via Bandara Halim Perdanakusuma

Presiden Joko Widodo atau Jokowi segera pulang kampung di Solo usai memberi tongkat estafet kepemimpinannya ke Presiden Terpilih Prabowo Subianto pada Minggu, (20/10/2024). 

Polisi pun akan mengawal kepulangan Jokowi ke Solo dari Bandara Halim Perdanakusuma. 

"Diperkirakan sampai nanti Bapak Jokowi menuju ke Halim juga akan kita amankan jalur tersebut," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman di Jakarta, Jumat, (18/10/2024).

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (ProJo) sekaligus Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi mengatakan Jokowi akan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, menuju Solo. Penerbangan Jokowi dijadwalkan pukul 15.00 WIB.

"Betul. Naik pesawat komersial dari Halim. Tanggal 20 Oktober jam 15.00," kata Budi Arie saat dikonfirmasi Liputan6.com, Rabu (16/10).


Naik Maskapai Apa?

Budi belum bisa memastikan maskapai penerbangan yang akan digunakan Jokowi untuk pulang ke Solo. Berdasarkan penelusuran, maskapai yang memiliki rute Halim Perdanakusuma-Adi Soemarmo, Solo hanya Citilink dan Batik Air.

Jokowi kemungkinan besar akan menggunakan pesawat komersial Citilink untuk pulang ke Solo. Disisi lain, Garuda Indonesia tidak memiliki rute Halim-Adi Soemarmo.

"Kalau enggak salah (pesawat) Citilink atau Garuda," ucap Budi Arie.

Banner Infografis Persiapan Jokowi Jelang Pensiun Sebagai Presiden. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya