Band Radwimps Ditinggal Akira Kuwahara Gitarisnya Setelah 20 Tahun Bersama, Ini Alasannya

Radwimps secara resmi mengumumkan keluarnya Akira Kuwahara pada Kamis (17/10/2024), sembar menyampaikan pernyataan dari beberapa personel termasuk sang gitaris sendiri.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 18 Okt 2024, 19:30 WIB
Radwimps, band rock Jepang yang cukup populer. (Via YouTube)

Liputan6.com, Jakarta Band Radwimps (biasa ditulis RADWIMPS) membawa kabar mengejutkan dari salah satu personelnya. Sang gitaris, Akira Kuwahara, dikabarkan memutuskan untuk hengkang dari band yang telah membesarkan namanya selama lebih dari 20 tahun itu.

Memang, 20 tahun bukanlah waktu yang sebentar bagi band yang berdiri di Kanagwa, Jepang, sejak 2001 ini. Terlebih lagi, Akira Kuwahara merupakan salah satu member terlama Radwimps. Diketahui, band ini terbentuk setelah Akira Kuwahara bertemu dengan sang vokalis, Yojiro Noda.

Radwimps secara resmi mengumumkan keluarnya Akira Kuwahara pada Kamis (17/10/2024) kemarin. Mereka bahkan menyampaikan pernyataan yang dirilis di situs resmi band.

Dalam pernyataan, dijelaskan bahwa meskipun Kuwahara telah menjadi bagian penting dari Radwimps selama lebih dari dua dekade, perbedaan pandangan dan tujuan antar anggota mulai muncul secara bertahap. Setelah melalui diskusi yang panjang, keputusan untuk berpisah akhirnya diambil.


Kata Vokalis Radwimps soal Keluarnya Akira Kuwahara

Gitaris Radwimps yang baru saja mengundurkan diri, Akira Kuwahara. (Via tokyohive.com)

Yojiro Noda, vokalis Radwimps, menyampaikan rasa terima kasihnya yang tulus kepada Akira Kuwahara selaku salah satu pendiri Radwimps.

"Saya sangat bersyukur bisa bermusik bersama Kuwahara sejak kami berusia 15 tahun. Saya akan terus mendukungnya di masa depan," ungkapnya, mengutip Tokyo Hive, Jumat (18/10/2024).


Ungkapan dari Bassist Radwimps

Band rock asal Jepang RADWIMPS. (sumber foto: hmv.co.jp)

Yusuke Takeda, bassist band Radwimps juga merefleksikan keputusan sang gitaris tersebut. Meskipun kini mereka berada di jalan yang berbeda, Takeda merasa perpisahan ini mungkin diperlukan agar setiap anggota dapat menemukan kenyamanan masing-masing.

"Sebagai teman dan rekan band, saya berharap Kuwahara bahagia dalam perjalanan hidupnya yang baru," terang Yusuke Takeda.

 


Ungkapan Terima Kasih Akira Kuwahara

Radwimps saat Daze Tour 2021-2022. (Via Wikimedia Commons / RADWIMPS)

Kuwahara sendiri mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam atas waktu yang telah dihabiskannya bersama band yang namanya sangat besar di Jepang ini.

"Kehidupan yang saya jalani bersama para anggota selama lebih dari 20 tahun adalah harta yang tak ternilai. Terima kasih atas pengalaman-pengalaman bak mimpi yang telah saya rasakan," ujar Akira Kuwahara.

Kuwahara juga menyampaikan permintaan maaf kepada para penggemar atas pengumuman yang mendadak ini dan berterima kasih atas dukungan mereka selama hampir dua dekade.

Akira Kuwahara lalu mengajak para penggemar untuk terus mendukung Radwimps dan menegaskan bahwa dia akan selalu mendukung band yang telah diangkatnya itu.


Popularitas Radwimps

Seiring mendekati ulang tahun ke-20 dengan kejutan besar mereka pada tahun 2025, anggota yang tersisa serta tim manajemen Radwimps berkomitmen untuk terus maju dengan kekuatan dan tekad yang masih tersisa.

Mereka juga mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan yang terus diberikan oleh para penggemar dan pelaku industri musik Negeri Sakura.

Setelah Kuwahara hengkang, kini Radwimps tinggal bertiga, yakni Yojiro Noda (vokal, gitar), Yusuke Takeda (bass), dan Satoshi Yamaguchi (drum).

Radwimps sukses secara komersial pada tahun 2006 setelah mereka merilis album Radwimps 4: Okazu no Gohan serta sejumlah single terkenal seperti "Order Made" (2008) dan "Dada" (2011).

Kedua lagu ini mencapai nomor satu di tangga lagu Oricon. Band ini juga mendapatkan pengakuan karena mereka menggarap soundtrack untuk film anime Your Name (2016), Weathering with You (2019), dan Suzume (2022). Ketiganya merupakan buah karya animator tersohor, Makoto Shinkai.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya