Pemilih Utamakan Kandidat Pro Kripto Jelang Pemilu AS, Ini Alasannya

Pendiri dan CEO Digital Chamber, Perianne Boring mengatakan, hasil jajak pendapat mengenai kripto seharusnya menjadi "peringatan bagi para pembuat kebijakan".

oleh Tira Santia diperbarui 19 Okt 2024, 10:30 WIB
Berdasarkan hasil survei The Digital Chamber, dari 1.004 responden, satu dari tujuh atau 16 persen responden akan memilih kandidiat calon Presiden Amerika Serikat yang paling pro-kripto.rdagangan Kripto. (Foto By AI)

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan hasil survei The Digital Chamber, dari 1.004 responden, satu dari tujuh atau 16 persen responden akan memilih kandidiat calon Presiden Amerika Serikat yang paling pro kripto.

Kelompok advokasi kripto, yang sebelumnya disebut The Chamber of Digital Commerce, mengatakan responden terdiri dari Demokrat dan Republik.

Dikutip dari Cointelegraph, sedikitnya 25 persen dari Demokrat dan 21 persen dari Republik mengatakan sikap kandidat terhadap kripto akan berdampak positif pada kemungkinan mereka untuk memilihnya.

Pendiri dan CEO Digital Chamber, Perianne Boring mengatakan, hasil tersebut seharusnya menjadi "peringatan bagi para pembuat kebijakan" karena para ahli memperkirakan persaingan ketat untuk Gedung Putih.

"Dengan margin ketat yang diharapkan di seluruh persaingan utama, Blok Pemilih Kripto bipartisan ini dapat mengubah keadaan," kata Boring.

Para pemilih mengirimkan pesan yang jelas, mereka menginginkan regulasi yang cerdas dan seimbang yang melindungi konsumen tanpa menghambat inovasi terhadap kripto. Survei tersebut juga menemukan dua dari lima pemilih kulit hitam mencantumkan kebijakan kripto kandidat sebagai kriteria penting saat memutuskan siapa yang akan dipilih,  lebih dari dua kali lipat proporsi pemilih kulit putih.

Mayoritas responden dari Partai Republik dan Demokrat juga mengindikasikan dukungan terhadap industri kripto harus menjadi setidaknya prioritas tingkat menengah bagi presiden dan Kongres yang baru. Sepertiga dari Partai Demokrat dan seperempat dari Partai Republik menganggap hal itu harus menjadi prioritas "tinggi" atau "sangat tinggi".

Dalam laporan Pew Research bulan lalu, 81 persen mengatakan kebijakan ekonomi akan menjadi isu utama yang menarik suara mereka. Kripto tidak ditandai sebagai isu pemilihan oleh 9.720 responden, tetapi kondisi sistem perawatan kesehatan dan penunjukan ke Mahkamah Agung masing-masing merupakan isu terbesar kedua dan ketiga bagi para pemilih. Diketahui Pemilu AS 2024 dijadwalkan pada 5 November 2024.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 


Janji Donald Trump soal Kripto Jika Terpilih Lagi jadi Presiden AS

Aset kripto memecoin bertema Donald Trump (TRUMP). (Foto: By AI)

Sebelumnya, Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump telah berjanji untuk mengakhiri perang terhadap kripto jika terpilih. Janji ini muncul di tengah kritiknya yang terus-menerus terhadap pendekatan Biden terhadap mata uang kripto, yang menurutnya terlalu keras.

Pada tanggal 26 Mei, Trump menegaskan kembali keyakinannya bahwa AS harus berusaha untuk memimpin dalam industri kripto. Dia kemudian juga mengkritik Biden sebagai "presiden terburuk dalam sejarah negara kita".

“Saya akan mengakhiri perang Joe Biden terhadap kripto, dan kami akan memastikan bahwa masa depan kripto dan masa depan Bitcoin akan dibuat di Amerika. Kami akan mempertahankannya di sini, dan banyak hal yang akan dilakukan di sini, di Florida,” kata Trump dalam pidato khusus di West Palm Beach, Florida, dikutip dari Cointelegraph, Selasa (18/6/2024).

Ini bukan pertama kalinya Trump mengkritik Biden atas sikap kerasnya terhadap kripto baru-baru ini. Pada 26 Mei, dia membidik Biden sambil berargumentasi bahwa AS tidak boleh puas dengan apa pun kecuali posisi teratas dalam industri kripto.

 

 


Janji Donald Trump

llustrasi Kripto atau Crypto. Foto: Freepik

“Sebaliknya, Joe Biden yang bengkok, presiden terburuk dalam sejarah negara kita, ingin negara kita mati secara perlahan dan menyakitkan. Hal itu tidak akan pernah terjadi pada saya,” tulisnya dalam postingan tanggal 25 Mei di Truth Social, platform media sosial milik Trump Media and Technology Group.

Informasi saja, Trump akan menghadapi Biden dalam pemilihan presiden tahun 2024, dengan hari pemilihan dijadwalkan pada 5 November. Belum lama ini, pada 12 Juni lalu Trump menyatakan dukungannya terhadap industri penambangan Bitcoin, dengan mengatakan dia ingin semua Bitcoin yang tersisa ditambang di Amerika Serikat.

Trump berjanji menjadikan Florida sebagai pusat kripto muncul setelah Florida dinobatkan sebagai negara bagian terbaik untuk pajak kripto di Amerika Serikat, menurut data dari CoinLedger.

Data CoinLedger mengungkapkan bahwa Florida adalah negara bagian terbaik untuk pajak kripto karena kurangnya pajak pendapatan negara bagian dan kebijakan peraturan yang ramah terhadap kripto, termasuk program percontohan yang memungkinkan bisnis membayar biaya negara dalam kripto. Sementara New York dinobatkan sebagai negara bagian terburuk.


Harga Kripto pada Jumat 18 Oktober 2024

Ilustrasi Kripto atau Penambangan kripto. Foto: Freepik

Sebelumnya, harga kripto jajaran teratas beragam pada perdagangan Jumat (18/10/2024). Harga bitcoin dan Ethereum kompak menguat.

Mengutip data Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar bitcoin (BTC) menghijau. Harga bitcoin melonjak 0,82 persen dalam 24 jam terakhir. Seiring kenaikan itu mendorong harga bitcoin terbang 12,39 persen dalam seminggu terakhir. Saat ini, harga bitcoin sentuh USD 67.991 atau sekitar Rp 1,05 triliun (asumsi dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.465).

Demikian juga Ethereum (ETH) bergerak di zona hijau. Harga Ethereum naik 0,25 persen dalam 24 jam terakhir. Harga Ethereum meroket 9,67 persen dalam sepekan terakhir. Kini, harga Ethereum berada di posisi USD 2.630,95 atau sekitar Rp 40,67 juta.

Harga binance coin (BNB) justru berada di zona merah dalam 24 jam terakhir. Harga BNB terpangkas 1,15 persen. Selama sepekan terakhir, harga BNB meroket 6,12 persen. Saat ini, harga BNB berada di posisi USD 596,71.

Demikian juga harga solana (SOL) yang bergerak di zona merah. Harga solana turun 0,58 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga solana meroket 8,73 persen. Saat ini, harga solana berada di posisi USD 153,12.

Harga XRP susut 0,29 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, harga XRP melonjak 2,01 persen selama sepekan terakhir. Kini, harga XRP berada di posisi USD 0,545.

 


Harga Dogecoin

Dogecoin. Unsplash/ Clay Banks

Di sisi lain, harga dogecoin (DOGE) bertambah 7,9 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga dogecoin terbang 24,55 persen. Kini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,1342.

Harga tron (TRX) merosot 0,48 persen selama 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan terakhir, harga TRX naik 0,71 persen.Saat ini, harga tron berada di posisi USD 0,1591.

Harga toncoin (TON) susut 0,29 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga toncoin lebih mahal 0,62 persen. Kini, harga toncoin berada di posisi USD 5,20.

Harga kripto hari ini seperti stablecoin tether susut 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga tether naik 0,07 persen. Kini, harga tether menjadi USD 0,9996.

Harga USDC coin (USDC) berada di zona hijau dalam 24 jam terakhir dengan naik 0,01 persen.  Harga USDC bergerak di zona hijau selama sepekan terakhir. Saat ini, harga USDC berada di posisi USD 0,9999.

Kapitalisasi pasar kripto naik 0,42 persen dalam satu hari menjadi USD 2,33 triliun atau sekitar Rp 36.043 triliun.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya