Jokowi Pamitan dengan Menteri Jelang Pensiun: Terima Kasih Dukungan dan Kerja Kerasnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar acara makan siang bersama para menteri kabinet Indonesia Maju di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/10/2024).

oleh Lizsa Egeham diperbarui 18 Okt 2024, 17:20 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar acara makan siang bersama para menteri kabinet Indonesia Maju di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/10/2024). Jokowi turut berpamitan dengan jajaran kabinet karena akan segera pensiun pada 20 Oktober 2024. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar acara makan siang bersama para menteri kabinet Indonesia Maju di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/10/2024). Jokowi turut berpamitan dengan jajaran kabinet karena akan segera pensiun pada 20 Oktober 2024.

Acara ini dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Presiden terpilih Prabowo Subianto, sejumlah pimpinan lembaga tinggi negara, para menteri Kabinet Indonesia Maju, para wakil menteri, para anggota Dewan Pertimbangan Presiden, dan sejumlah kepala badan.

Jokowi menyampaikan sambutan dengan mengingat perjalanan 10 tahun pemerintahannya. Menurut dia, banyak tantangan dan hal yang didebatkan dalam rapat kabinet.

"Kita telah lalui bersama-sama. Banyak tantangan-tantangan yang kita diskusikan, kita debatkan, kita ramaikan di dalam rapat-rapat kabinet, rapat terbatas, dan rapat internal," kata Jokowi.

Mantan wali kota Solo itu juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan kerja keras seluruh para pembantunya di Kabinet Indonesia Maju selama satu dekade terakhir. Jokowi berharap apa yang telah dikerjakan bersama dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara.

"Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan, atas support, atas kerja keras untuk negara ini. Dan saya berharap apa yang sudah kita lakukan dalam 10 tahun ini bermanfaat bagi rakyat, bermanfaat bagi negara, bermanfaat bagi bangsa kita yang kita cintai," ucap Jokowi.

Tak lupa, Jokowi menyampaikan selamat bekerja kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto dan kabinet barunya. Jokowi turut mengucapkan permintaan maaf kepada seluruh jajarannya jika selama masa interaksi dan kerja sama ada hal-hal yang kurang berkenan.

"Hari Minggu siang saya akan pulang ke Solo. Kalau ada yang pas ke Jogja 30 menit nanti lewat tol bisa silakan kalau ada yang ingin ke Solo. Kalau pakai jalan tol ada yang ke Surabaya lewatnya pasti harus lewat Solo, silakan juga kalau ingin mampir ke rumah. Sekali lagi mohon maaf," ucap Jokowi.


Makan Siang dengan Berbagai Menu Khas Tanah Air

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar acara makan siang bersama para menteri kabinet Indonesia Maju di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/10/2024). Jokowi turut berpamitan dengan jajaran kabinet karena akan segera pensiun pada 20 Oktober 2024. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Suasana makan siang sekaligus perpisahan Jokowi dengan para menteri kabinet terlihat penuh kehangatan, dengan dialog yang santai dan canda tawa mewarnai pertemuan tersebut. Hidangan prasmanan disediakan dengan beragam menu khas Tanah Air, mulai dari soto bangkong, asinan, nasi liwet, kambing guling, pempek, hingga mie ayam.

Para menteri dan tamu undangan bebas mengambil makanan di stan yang telah disiapkan, menciptakan suasana yang akrab dan santai. Di meja utama, Jokowi duduk bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Presiden terpilih Prabowo Subianto, Mensesneg Pratikno, serta Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Momen kehangatan semakin terasa ketika di tengah acara, Jokowi berpindah meja untuk menghampiri para menteri. Ia terlihat berbincang hangat dengan beberapa di antaranya, menjalin komunikasi yang akrab dan penuh canda tawa.

Para menteri pun tampak menikmati momen ini, mereka santai sambil mengobrol, sesekali tertawa bersama rekan-rekan kabinet.

Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya