Samsung Galaxy A16 4G Resmi Meluncur, Dapat Update Android 6 Tahun

Samsung Galaxy A16 4G hadir dengan desain tipis, baterai tahan lama, dan dukungan update Android hingga 6 tahun.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 19 Okt 2024, 12:00 WIB
Samsung Galaxy A16 4G yang baru saja diperkenalkan dan akan mendapatkan dukungan update software 6 tahun. (Dok: Samsung)

Liputan6.com, Jakarta - Samsung resmi memperkenalkan Galaxy A16 4G sebagai smartphone entry level terbarunya. Smartphone ini hadir dengan peningkatan signifikan dibandingkan pendahulunya Galaxy A15.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Sabtu (19/10/2024), salah satu keunggulan Galaxy A16 adalah dukungan jangka panjang untuk software. Perangkat ini disebut akan mendapatkan update Android dan patch keamanan hingga enam tahun.

Dengan dukungan tersebut, perangkat ini dipastikan bisa dipakai untuk jangka waktu yang terbilang panjang. Hal yang jarang ditemui di perangkat entry level.

Galaxy A16 hadir dengan desain yang lebih tipis dan elegan dibandingkan Galaxy A15. Dengan ketebalan hanya 7,9mm, smartphone ini pun menjadi lebih nyaman digenggam.

Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan sertifikasi IP54 yang membuatnya tahan debu dan percikan air. Ini juga peningkatan lain yang dihadirkan, karena pendahulunya tidak memiliki rating IP sama sekali.

HP Samsung ini menggunakan chipset MediaTek Helio G99 yang dipadukan dengan RAM 4GB dan memori 128GB. Sebagai penopang performanya, ada baterai berkapasitas 5.000mAh yang mendukung fast charging 25W.

Galaxy A16 4G dilengkapi tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50MP, lensa ultra wide 5MP, dan sensor depth 2MP. Lalu, ada kamera depan 13MP untuk kebutuhan selfie dan video call.

Saat ini, harga Samsung Galaxy A16 4G memang belum diumumkan. Namun, besar kemungkinan, perangkat ini akan dibanderol dengan harga lebih murah dibandingkan versi 5G.


Samsung Galaxy A16 5G: HP Rp 4 Jutaan Dapat Update Android 6 Kali

Samsung memperkenalkan Galaxy A16 5G yang bakal dukung update software Android hingga 7 tahun. (Dok: Samsung)

Sebelumnya, Samsung lebih dulu memperkenalkan Galaxy A16 5G. Dibandingkan pendahulunya, ponsel ini menghadirkan sejumlah peningkatan yang menarik, terutama dari durasi update software.

Alasannya, seperti dikutip dari GSM Arena, Selasa (8/10/2024), salah satu nilai jual utama dari Galaxy A16 5G adalah komitmen jangka panjang Samsung untuk memberikan update software ke perangkat ini.

Disebutkan, perangkat ini dijanjikan akan menerima update Android hingga enam kali, serta update keamanan selama enam tahun. Dengan demikian, perangkat ini akan terus menerima pembaruan hingga 2030.

Hal ini menarik, karena dukungan software yang panjang ini jarang ditemui di perangkat kelas menengah, apalagi entry-level. Adanya jaminan update ini pun memungkinkan pengguna Galaxy A16 memakai perangkatnya untuk waktu lama.


Spesifikasi Galaxy A16 5G

Sementara dari sisi hardware, Samsung mempersenjatai perangkat ini dengan Exynos 1330 di Eropa. Adapun untuk pasar negara lain seperti India dan Thaildan, Samsung kemungkinan besar akan memakai MediaTek Dimensity 6300.

Galaxy A16 5G hanya memiliki satu pilihan konfigurasi memori yakni RAM 4GB dan ROM 128GB. Namun, pengguna masih bisa memperluas memorinya dengan memanfaatkan microSD.

HP Samsung ini mengusung layar berukuran 6,7 inci dengan panel Super AMOLED beresolusi FHD+. Layar ini telah mendukung refresh rate 90Hz.

 


Harga Samsung Galaxy A16 5G

Untuk fotografi, smartphone ini dibekali kamera depan 13MP. Sementara di bagian belakang, ada tiga kamera yang terdiri dari lensa utama 50MP, lensa ultrawide 5MP, dan lensa makro 2MP.

Samsung Galaxy A16 menjalankan One UI 6.1 berbasis Android 14 dan sudah mendapatkan sertifikasi IP54 untuk ketahan debu serta air. Samsung membekali baterai berkapasitas 5.000mAh yang mendukung fast charging 25W di perangkat ini. 

Samsung Galaxy A16 tersedia dalam tiga pilihan warna yakni midnight blue, turqouise, dan gray. Di Prancis, smartphone ini dibanderol 249 euro (sekitar 4 jutaan), tapi belum dapat kapan perangkat ini akan hadir di pasar lainnya. 

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya