Cek Fakta: Hoaks Prabowo Bagi-Bagi Bantuan Lewat TikTok

Beredar kabar Presiden Terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto membagikan bantuan lewat video di TikTok. Benarkah?

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 19 Okt 2024, 09:00 WIB
Gambar tangkapan layar kabar Presiden Terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto membagikan bantuan lewat video di Tikok. (sumber: TikTok)

Liputan6.com, Jakarta - Kabar Presiden Terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto membagikan bantuan lewat video di TikTok beredar di media sosial. Video diunggah oleh akun TikTok @prabowosubianto.new2 pada 12 Oktober 2024.

Dalam video berdurasi 23 detik itu memperlihatkan Prabowo sedang berbicara di depan kamera dengan mengenakan setelan jas. Prabowo diklaim akan memberikan bantuan hanya dengan membagikan video tersebut.

"Assalamualaikum, saya Prabowo Subianto Presiden Republik Indonesia. Saya akan memberikan bantuan untuk seluruh rakyat Indonesia khusus yang sudah follow dan benar-benar membutuhkan bantuan. Saya akan berikan hari ini langsung. Silakan tekan tanda love dan panah bantuan akan segera saya berikan. Semoga bisa meringankan perekonomian rakyat ku tercinta," demikian anarasi dalam video tersebut.

Video yang disebarkan akun TikTok tersebut telah 7022 kali dibagikan dan mendapat 10 komentar dari warganet.

Benarkah Prabowo membagikan bantuan lewat video di TikTok? Berikut penelusurannya.

 


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Prabowo Subianto membagikan bantuan lewat video di TikTok. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah video tersebut ke situs hivemoderation.com.

Situs tersebut bisa mengidentifikasi sebuah gambar apakah hasil rekayasa atau asli. Hasilnya, video tersebut merupakan hasil rekayasa digital menggunakan Artificial Intelligence (AI). Begitu juga audionya yang memiliki probabilitas 99,5 persen dibuat oleh AI.

Berikut gambar tangkapan layarnya.

Gambar tangkapan layar penelusuran foto menggunakan hivemoderation.com.

Selain itu, hingga kini tidak ada informasi valid mengenai Prabowo Subianto membagikan bantuan lewat video di TikTok. 

 


Kesimpulan

Klaim Prabowo Subianto membagikan bantuan lewat video di TikTok ternyata tidak alias hoaks. Faktanya, video tersebut merupakan hasil rekayasa digital menggunakan perangkat AI. Video tersebut diduga merupakan modus penipuan yang mencatut Prabowo Subianto.

 

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya