Bukayo Saka Bidik Rekor Gol, Arsenal Kejar Kemenangan ke-2000 di Markas Bournemouth

Pemain sayap Arsenal, Bukayo Saka, akan berusaha memecahkan rekor gol The Gunners saat raksasa London Utara itu bertandang ke Stadion Vitality untuk menghadapi Bournemouth dalam laga Liga Primer hari Sabtu.

oleh Rahmat Fathurahman diperbarui 19 Okt 2024, 11:00 WIB
Selebrasi Bukayo Saka saat Arsenal melawan Wolverhampton di Liga Inggris 2024/2025 (AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Pemain sayap Arsenal Bukayo Saka akan berusaha memecahkan rekor gol saat raksasa London Utara itu bertandang ke Stadion Vitality untuk menghadapi Bournemouth dalam lanjutan Liga Inggris, Sabtu (19/10/2024).

Pemain berusia 23 tahun itu telah mengukir 10 kontribusi gol dari 10 pertandingan di musim 2024/2025, dengan tiga gol dan tujuh assist di semua kompetisi.

Tidak ada pemain di liga utama yang mampu membanggakan assist lebih banyak daripada Saka pada musim ini, dan pemain internasional Inggris itu menginspirasi Arsenal untuk meraih kemenangan gemilang atas Southampton dua minggu lalu.   

Setelah Cameron Archer membawa Southampton unggul secara mengejutkan di babak kedua, Saka mengkreasikan peluang untuk Gabriel Martinelli dan Kai Havertz sebelum memastikan kemenangan Arsenal di penghujung laga untuk mencetak golnya yang ke-49 di Liga Inggris.

Produk akademi Hale End tersebut memicu keresahan serius di kalangan suporter ketika mengalami cedera hamstring saat Inggris takluk 1-2 dari Yunani di UEFA Nations League awal bulan ini. Tetapi, ia dilaporkan berpeluang tampil memperkuat Arsenal untuk menghadapi Bournemouth.


Pemain Termuda Arsenal yang Capai 50 Gol

Selebrasi pemain Arsenal Bukayo Saka ketika melumat Bournemouth di Liga Inggris (AFP)

Jika Saka unjuk gigi dan mencetak gol pada pertandingan nanti, ia akan menjadi pemain Arsenal termuda yang mengukir 50 gol di Liga Premier pada usia 23 tahun dan 44 hari.

Pemain sayap itu sebelumnya sudah memperbarui rekor setengah abad Februari silam, dimana ia menjadi pemain The Gunners termuda yang menjebol gawang lawan 50 kali di seluruh kompetisi. Saka mengalahkan catatan Frank Stapleton pada 1978 saat membantu Arsenal menghajar West Ham United 6-0.

Meski di ambang rekor bersejarah, Saka tidak akan menjadi pemain termuda yang pernah menorehkan 50 gol di Liga Premier. Kehormatan itu milik mantan bintang Liverpool Robbie Fowler yang berusia 20 tahun dan 251 hari ketika mencapai angka itu.

Michael Owen hanya tiga hari lebih tua dari Fowler ketika membuahkan golnya yang ke-50 di Liga Premier. Sementara Wayne Rooney, Romelu Lukaku, dan Cristiano Ronaldo juga berhasil mencapai pencapaian ini sebelum ulang tahun mereka yang ke-23.

Tercatat ada sepuluh pemain yang berhasil mengukir 50 gol untuk Arsenal pada Liga Premier, yang terbaru adalah Alexandre Lacazette. Nama lain mencakup Thierry Henry, Ian Wright, Dennis Bergkamp, ​Robin van Persie, Pierre-Emerick Aubameyang, Theo Walcott, Robert Pires, Olivier Giroud, dan Alexis Sanchez.


Arsenal Bidik Kemenangan Bersejarah

Para pemain Arsenal merayakan gol yang dicetak oleh Bukayo Saka ke gawang Wolverhampton pada pekan pertama Liga Inggris 2024/2025 di Emirates Stadium, Sabtu (17/8/2024) malam WIB. (AP Photo/Frank Augstein)

Di saat Saka mengejar prestasi individu, Arsenal juga akan memburu kemenangan bersejarah bagi klub. Sebab, kemenangan akan menandai hasil positif ke-2.000 pada kasta tertinggi sepak bola Inggris.

Hingga saat ini, hanya satu klub yang pernah meraih 2.000 kemenangan di kompetisi besar sepak bola Inggris. Liverpool mengoleksi 2.065 kemenangan dan mencapai milestone ke-2.000 saat mengalahkan Newcastle United pada 16 Desember 2021.

Namun, juru taktik Arsenal, Mikel Arteta, dihadapkan dengan sejumlah masalah kebugaran menjelang lawatan ke selatan. Martinelli mengalami gangguan betis saat membela Brasil.

The Gunners juga menanti kepastian apakah Havertz dan Thomas Partey akan fit setelah mundur dari tugas internasional, dengan Ben White, Oleksandr Zinchenko, dan Jurrien Timber juga berada di ruang perawatan.

Martin Odegaard, Takehiro Tomiyasu, dan Kieran Tierney dipastikan menepi, dengan dua nama pertama dikabarkan mengalami kemunduran dalam proses pemulihan mereka. Kiper cadangan Neto tidak bisa merumput karena melawan klub induk.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya