Ditunjuk Jadi Menteri Koperasi, Simak Profil Budi Arie Setiadi

Dalam karir politiknya, Menteri Budi Arie diketahui pernah menjabat sebagai Wakil Ketua PDI Perjuangan DKI Jakarta dan Ketua Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta.

oleh Arthur Gideon diperbarui 20 Okt 2024, 21:48 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan pertemuan dengan Majelis Ulama Indonesia untuk membahas upaya pemberantasan judi online. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto menunjuk Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Koperasi. Penunjukan ini diumumkan pada Minggu (20/10/2024) malam pukul 21.00 WIB.  

Pada pekan lalu, Budi Arie Setiadi masih menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Ia menggantikan Johnny G. Plate, Menkominfo sebelumnya yang menjadi tersangka kasus korupsi BTS 4G.

Sebelum menjadi Menkominfo, ia sudah ada di kabinet besutan Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia pada 2019 hingga 2023.

Budi Arie sendiri dikenal sebagai Kooordinator Nasional Relawan PROJO (Pro Jokowi) pada 2013 hingga 2014. Lalu dari 2014 hingga saat ini, ia merupakan Ketua Umum DPP PROJO.

Sejak kuliah, Budi Arie memang dikenal sebagai sosok yang aktif berorganisasi. Mengutip informasi dari situs Kemendes, Budi yang menempuh pendidikan di jurusan Ilmu Komunikasi UI ini telah bergabung dengan beberapa organisasi kemahasiswaan.

Ia pernah menjadi Ketua Forum Studi Mahasiswa UI pada 1992, lalu menjadi Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa FISIP UI di 1994. Budi juga diketahui aktif di organisasi pers mahasiswa dengan menjadi Redaksi Pelaksana Suara Mahasiswa UI pada 1993.

Pada 1994, ia juga pernah menjadi Presidium Senat Mahasiswa UI. Usai mendapat gelar S1 pada 1996, dia menyelesaikan studi paska sarjana di Managemen Pembangunan Sosial UI dan lulus tahun 2006.

Saat ini, Budi Arie Setiadi juga terpilih menjadi ketua ILUNI FISIP UI periode 2022-2025. Budi juga diketahui pernah menjadi wartawan dan redaksi mingguan Kontan mulai tahun 1996 hingga 2001

Pria kelahiran 20 April 1969 ini pun sempat menjadi pendiri harian Bergerak pada 1998. Tidak hanya itu, ia pernah menjadi sebagai Direktur Utama sejumlah perusahaan.

Dalam karir politiknya, Budi diketahui pernah menjabat sebagai Wakil Ketua PDI Perjuangan DKI Jakarta dan Ketua Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta.


Budi Arie: Presiden Prabowo Lantik Menteri di Istana Besok Senin 21 Oktober 2024

Budi Arie Setiadi calon Menteri Koperasi di Kabinet Presiden Prabowo Subianto, mengatakan pelantikan para Menteri dan Wakil Menteri akan dilakukan besok, Senin (21/10/2024). (dok: Tira)

Budi Arie Setiadi, calon Menteri Koperasi di Kabinet Presiden Prabowo Subianto, mengungkapkan bahwa pelantikan para Menteri dan Wakil Menteri akan dilakukan pada Senin (21/10/2024).

"Besok jam 10 pelantikan," kata Budi Arie saat ditemui di Istana Negara, Minggu (20/10/2024).

Ketika ditanya lebih lanjut, Budi memberikan sinyal bahwa dirinya akan menjabat sebagai Menteri Koperasi di kabinet Presiden Prabowo.

"Tunggu pengumumannya. Semua tugas harus dicermati, termasuk (koperasi) karena koperasi merupakan tulang punggung ekonomi kita," ujarnya.


Budi Arie Siap Jadi Menteri

Budi mengaku siap jika ditunjuk sebagai Menteri Koperasi. Ia berkomitmen untuk mengemban amanah dari Presiden Prabowo dan mendukung upaya pengelolaan koperasi di Indonesia.

"Saya siap di mana pun ditempatkan, karena saya tidak memiliki kepentingan pribadi," ungkapnya.

Sebelumnya, Budi Arie Setiadi telah bertemu dengan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki untuk membahas rencana kerja menjelang transisi pemerintahan baru. Pertemuan tersebut berlangsung di gedung Kemenkop UKM, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat pagi (18/10/2024), sekitar pukul 09.09 WIB. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya