Prabowo Tunjuk Rachmat Pambudy Jadi Menteri PPN/Kepala Bapenas, Ini Profilnya

Rachmat Pambudy pernah menjabat sebagai Direktur Pusat Studi Pembangunan IPB pada 1995-2000, dan Direktur Utama PT Gendhis Multi Manis pada 2016-2018.

oleh Arthur Gideon diperbarui 20 Okt 2024, 21:48 WIB
Rachmat Pambudy, merupakan seorang akademisi berkebangsaan Indonesia. Selain itu, ia juga merupakan anggota Partai Gerindra sejak 2008. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto menunjuk Rachmat Pambudy menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas). Penunjukan ini diumumkan pada Minggu (20/10/2024) malam pukul 21.00 WIB.

Rachmat Pambudy sebelumnya sebagai Komisaris Independen PT Nusantara Sawit Sejahtera Tbk (NSSS). Ia menjabat sebagai Komisaris Independen Perseroan sejak 2018.

NSSS didirikan pada 2008 dan tercatat di Bursa Efek Indonesia pada Maret 2023. PT Nusantara Sawit Sejahtera Tbk adalah produsen minyak kelapa sawit yang lima perusahaan perkebunan sawit terintegrasi dengan area 46.000 ha di Kalimantan Tengah.

Rachmat Pambudy juga pernah menjabat sebagai pejabat struktural Kementerian pertanian sejak 2004. Selain itu, Wakil Ketua Dewan Pembina Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) sejak 2015, pendiri dan dewan pakar LSM Komite Pemantau dan Pengawasan Pertanian Indonesia (KP3I) sejak 2016.

Mengutip laporan tahunan Nusantara Sawit Sejahtera, ia pernah menjabat sebagai Direktur Pusat Pengembangan dan Penelitian Peternakan Jonggol IPB pada 1990-1995. Selain itu, Rachmat Pambudy juga menjabat sebagai Direktur Pusat Studi Pembangunan IPB pada 1995-2000, dan Direktur Utama PT Gendhis Multi Manis pada 2016-2018.

Ia menyelesaikan pendidikan doktoral di bidang penyuluhan pembangunan di Institut Pertanian Bogor pada 1999.


Pendidikan

Rachmat Pambudy adalah seorang akademisi yang lahir di Yogyakarta pada 23 Desember 1956. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana di Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor (IPB). Kemudian, ia melanjutkan studinya hingga meraih gelar magister di bidang Komunikasi Pembangunan dari universitas yang sama.

Pada 1999, Rachmat memperoleh gelar doktor di bidang Penyuluhan Pembangunan dari IPB. Rachmat Pambudy dikenal sebagai akademisi di bidang agribisnis dan telah lama mengabdi sebagai Dosen Terakreditasi di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Selain itu, ia juga menjabat sebagai Guru Besar di bidang Kewirausahaan di kampus yang sama. Selain berperan sebagai praktisi agribisnis dan staf pengajar di IPB, Rachmat Pambudy juga pernah aktif sebagai peneliti di Pusat Studi Pembangunan Lembaga Penelitian IPB dan di Jonggol Animal Science Teaching and Research Unit (JASTRU).

Keseriusannya di bidang pertanian terlihat dari pendiriannya terhadap Unit for Socio and Economic Study and Evaluation (USESE) Foundation pada tahun 1988.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya