Partai Golkar Peringati HUT ke-60 pada 20 Oktober 2024, Ini Tema yang Diusung

Partai Golkar akan genap berusia 60 tahun pada 20 Oktober 2024 mendatang. Peringatan HUT ke-60 Partai Golkar ini bertepatan dengan momen pelantikan Presiden dan Wapres terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 18 Okt 2024, 22:35 WIB
Partai Golkar memperingati HUT ke-60 pada 20 Oktober 2024. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Golkar akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 pada 20 Oktober 2024 mendatang, bertepatan dengan momentum pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Berbagai kegiatan pun disiapkan untuk menyambut hari jadi partai berlambang beringin itu.

Ketua Penyelenggara HUT ke-60 Partai Golkar Sari Yuliati menerangkan, perayaan ulang tahun Golkar kali ini terasa istimewa karena banyak momen-momen penting yang terjadi pada 2024. Sari pun membeberkan capaian-capaian yang berhasil diraih Partai Golkar selama tahun 2024.

"Bagi Partai Golkar tahun 2024 ini adalah tahun yang penting. Torehan-torehan kemenangan yang telah diraih dalam Pemilu 2024 di mana Partai Golkar berhasil menjadi pemenang kedua pada pileg 2024 dengan meraih lebih dari 23 juta suara," kata dia kepada wartawan, Jumat (18/10/2024).

"Tidak hanya di Pileg, Partai Golkar juga berhasil memenangkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024. Bahkan kemenangan akan lebih sempurna jika dalam Pilkada Serentak 2024 yang akan digelar pada November tahun ini Partai Golkar berhasil meraih target kemenangan di atas 60%," sambung dia.

Karena itu, Perayaan HUT ke-60 Golkar akan diisi dengan berbagai kegiatan yang fokus pada penguatan dan konsolidasi organisasi untuk merebut hati rakyat melalui kerja nyata.

Adapun HUT ke-60 Partai Golkar ini mengusung tema “Golkar Solid untuk Indonesia maju”. Sari kemudian membahas soal logo Golkar 60 tahun. Dia mengatakan, logo mencerminkan perjalanan 60 tahun Partai Golkar yang modern dan responsif terhadap perubahan.

"Logo 60 tahun ini melambangkan 6 dekade yang penuh makna dikelilingi lingkaran yang merupakan bagian dari perjalanan Partai Golkar yang bertransformasi menjadi partai yang modern dan mampu merespon perubahan-perubahan dunia yang sedemikian cepat," ujar dia.

"Lingkaran tersebut juga mempresentasikan solidnya kebulatan tekad dan semangat seluruh kader dan simpatisan Partai Golkar di seluruh tanah air untuk terus membangun Indonesia yang lebih baik," sambung dia.

 


Rangkaian HUT Golkar Dimulai Ziarah di TMP Kalibata

Ketua Umum Partai Golkar dan penguru DPP Partai Golkar berdoa di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (20/10/2017). (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Dia menjelaskan, rangkaian HUT ke-60 tahun 2024 akan dimulai dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Ketua Umum DPP Partai Golkar, Bahlil Lahadalia, bersama kader Partai Golkar, akan melaksanakan upacara penghormatan dan ziarah pada Sabtu 19 Oktober 2024, pukul 15.30 hingga selesai.

"Jadi ziarah ini memang rutin kita lakukan setiap tahunnya untuk menghormati para pahlawan khususnya pahlawan yang Partai Golkar, yang berasal dari Partai Golkar, yang telah gugur," ucap dia.

Selanjutnya, agenda tasyakuran HUT ke-60 Partai Golkar akan digelar di kantor DPP Partai Golkar pada 20 Oktober 2024 pukul 19.30 WIB.

"Dihadiri oleh seluruh kader Partai Golkar. Tasyakuran ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh ketua umum DPP Partai Golkar Bahlil Lahadalia sebagai bagian dari rasa syukur atas perjalanan kiprah 60 tahun Partai Golkar mengabdi untuk bangsa dan negara," ucap dia.

"Dan dalam Tasyakuran itu juga kami akan mengumpulkan anak yatim yang secara simbolis nanti akan diwakili 60 orang anak yatim," imbuh dia.

 


Gelar Baksos dan Lomba Cipta Lagu

Partai Golkar memperingati HUT ke-60 pada 20 Oktober 2024. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Sari mengatakan, Partai Golkar juga akan menggelar bakti sosial berupa pengobatan gratis dan donor darah. Partai Golkar akan mengadakan senam massal se-Indonesia. Acara ini akan berlangsung di kantor DPP Partai Golkar dengan melibatkan lebih dari 1.000 peserta dari berbagai unsur Partai Golkar dan akan diadakan serentak di 514 kabupaten/kota di 38 provinsi.

"Dan insyaAllah itu akan dilakukan pada tanggal 16 November 2024 itu kira-kira satu minggu sebelum masa tenang pilkada," ucap dia.

Sementara itu, untuk menarik minat generasi muda, Partai Golkar juga akan menggelar lomba cipta lagu Partai Golkar, sebagai bagian dari gerakan kebudayaan. Pendaftaran dilakukan secara online, dan 10 karya terbaik akan mendapatkan hadiah.

"Jadi nanti itu prosesnya akan melalui online ya pendaftarannya Pak Ilham, akan melalui online. 10 terbaik itu akan kita berikan hadiah yang hadiahnya itu akan diserahkan di DPP Partai Golkar bersamaan dengan senam, acara senam. Lalu pemenang pertama akan kita pilih untuk bisa kita bawakan lagunya di puncak HUT Partai Golkar," ucap dia.

Lebih lanjut, Sari menjelaskan, Puncak HUT ke-60 Partai Golkar akan dilaksanakan pada 12 Desember 2024 di Sentul International Convention Center (SICC),

"Dengan terlebih dahulu menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis fraksi Partai Golkar (FPG) DPR RI, DPRD se-Indonesia tingkat satu maupun tingkat dua sebagai bagian dari konsolidasi nasional serta penguatan peran dan fungsi kedewanan dalam rangka mengawal kebijakan bapak Prabowo Subianto dan Mas Gibran Rakabuming Raka," ujar dia.

Infografis Bahlil Lahadalia Terpilih Jadi Ketum Partai Golkar. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya