Kompetisi Tarkam, Cara Bhabinkamtibmas Pekanbaru Jamin Hak Politik Warga saat Pilkada

Personel Bhabinkamtibmas Polresta Pekanbaru membuat Kompetisi Tarkam untuk mewujudkan Pilkada damai dan menjamin warga menyalurkan hak suara tanpa intimidasi.

oleh Syukur diperbarui 19 Okt 2024, 20:30 WIB
Personel Polresta Pekanbaru menyambangi masyarakat mengampanyekan Pilkada damai. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Rumbai, jajaran Polresta Pekanbaru, membuat Program Kompetisi Tarkam. Program ini tiap hari dijalankan dengan misi mewujudkan Pilkada Damai.

Kompetisi Tarkam merupakan singkatan dari Komunikasi Polisi, Tips dan Solusi Seputar Kamtibmas. Sejumlah Bhabinkamtibmas berkeliling ke pemukiman menyapa dan menanyakan permasalahan keamanan yang dihadapi saat ini.

 

Kapolresta Pekanbaru Kombes Jeki Rahmat Mustika SIK melalui Kapolsek Rumbai Iptu Said Khairul Imam menjelaskan, program ini bertujuan memastikan keamanan di wilayah hukumnya kondusif.

"Menjamin rasa aman selama Pilkada 2024, Bhabinkamtibmas hadir sebagai duta negara, hadir langsung di tengah masyarakat memberikan solusi permasalahan yang dialami warga," kata Said.

Said berharap masyarakat aktif melapor potensi gangguan di lingkungan masing-masing. Terkhususnya saat tahapan Pilkada ini, seperti pemaksaan memilih salah satu calon, kampanye negatif terhadap calon lain dan menggunakan politik identitas.

"Sebagai Kapolsek Rumbai saya menjamin keamanan warga, jangan takut datang ke TPS, pilihlah sesuai hati nurani, kalau ada yang mengintimidasi laporkan ke kami," tegas Said.

Terkait Program Kompetisi Tarkam, Said menyebut Bhabinkamtibmas turun door to door ke warga. Berikutnya menyambangi tokoh di lingkungan, seperti tokoh masyarakat, agama dan pemuda.

"Kemudian ada juga yang berbaur dengan masyarakat di warung-warung," ucap Said.

Selain dialog, Bhabinkamtibmas dalam menjalankan Program Kompetisi Tarkam juga membuat spanduk lalu memasangnya di sejumlah lokasi yang mudah terlihat dan terbaca. Ada juga Bhabinkamtibmas yang membuat stiker lalu menempelnya di sejumlah lokasi.

"Isinya ajakan partisipasi warga pada Pilkada dengan mendatangi TPS pada 27 November dan ajakan melawan golput," kata Said.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan Ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya