KaryaKarsa Luncurkan Sinemini, Konten Hiburan Audio Visual Format Vertikal

Platform ini telah menjadi rumah bagi para kreator untuk berkarya dan memberdayakan diri mereka.

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 19 Okt 2024, 09:30 WIB
Sejak didirikan, KaryaKarsa telah menjadi rumah bagi para kreator untuk berkarya dan memberdayakan diri mereka.

Liputan6.com, Jakarta Pada bulan Oktober, bertepatan dengan peringatan Bulan Bahasa dan Sastra, KaryaKarsa merayakan pencapaian penting dengan memasuki tahun kelima eksistensinya sebagai platform bagi para penutur cerita atau storyteller.

Sejak didirikan, platform ini telah menjadi rumah bagi para kreator untuk berkarya dan memberdayakan diri mereka. Tanggal 15 Oktober menjadi tonggak perjalanan lima tahun dalam memberikan ruang bagi kreator untuk terus berkembang dan menghasilkan karya-karya terbaik.

Selama lima tahun beroperasi, perusahaan ini mengalami pertumbuhan yang pesat dengan berhasil mencapai arus kas positif dan menjadi wadah bagi lebih dari 40.000 judul cerita dari berbagai genre.

Berkat upaya tersebut, KaryaKarsa menerima penghargaan bergengsi, salah satunya adalah Google Play’s Best of Fun App 2023 dan menjadi sorotan dalam kampanye Google Play’s #MadeInIndonesia yang berlangsung dua tahun berturut-turut dalam rangka perayaan kemerdekaan Indonesia.

Sejak tahun 2022, perusahaan Fast Moving Consumer Media ini memperkenalkan manajemen IP (Intellectual Property) untuk mendukung para kreator dalam mengembangkan karya mereka lebih lanjut. Hasilnya, banyak storyteller berhasil meraih kesuksesan, termasuk dengan perilisan 10 judul audio series yang diadaptasi dari karya-karya populer yang diterbitkan di platform KaryaKarsa. 


Terus Berinovasi

Tidak berhenti pada pencapaian tersebut, mereka terus berinovasi dengan meluncurkan Sinemini, sebuah terobosan baru dalam industri "hiburan cemilan" atau yang disebut sebagai industri Fast Moving Consumer Media. Sinemini menyajikan bentuk hiburan audio visual baru dalam format vertikal.

“Sinemini merupakan jawaban bagi mereka yang membutuhkan hiburan dengan harga terjangkau, kapan saja dan di mana saja. Apalagi sekarang orang sudah terbiasa mengonsumsi konten dengan format vertikal seperti ini,” ujar Pribadi Prananta, selaku co-founder KaryaKarsa dalam keterangan tertulis yang diterima pada Sabtu (19/10/2024).


Rilisan Perdana

Sebagai rilisan perdana, sinemini pertama ini mengambil judul “Love in a Falling Way” yang diadaptasi dari cerita “Divorced with Benefits” karya Citra Novy. “Cerita ini dipilih karena selain meraih banyak dukungan di KaryaKarsa, ceritanya sendiri sangat dekat dengan keseharian kita. Jadi orang pasti akan relate dan ikutan emosi,” kata Pribadi.

Sinemini ini akan ditawarkan dalam 30 episode dengan 5 episode awal bisa dinikmati gratis dalam berbagai kanal media sosial, aplikasi serta web KaryaKarsa sendiri.

“Untuk 25 episode berikutnya akan berbayar dan dirilis tiap minggu agar bikin penasaran. Tapi selain ketengan, tetap ada pilihan untuk bayar sekaligus supaya bisa langsung menonton semua episode di tiap minggunya. Jadi penonton tetap punya pilihan,” ujar Pribadi Prananta.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya