Kuba Gelap Gulita Akibat Pemadaman Listrik Nasional

Pemadaman listrik yang berkepanjangan - terutama yang meluas seperti ini - selalu menjadi masa yang menegangkan di Kuba.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 19 Okt 2024, 09:02 WIB
Ilustrasi mati lampu (Dok. Unsplash.com)

Liputan6.com, Havana - Kuba mengalami pemadaman listrik nasional setelah pembangkit listrik utamanya gagal beroperasi.

"Jaringan listriknya mati sekitar pukul 11.00," tulis Kementerian Energi Kuba via platform media sosial X.

Pejabat terkait mengatakan mereka tidak tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan layanan listrik.

Fenomena ini terjadi setelah pemadaman listrik selama berbulan-bulan di pulau itu, yang mendorong perdana menteri untuk mengumumkan "darurat energi" pada hari Kamis (17/10/2024). Demikian seperti dilansir BBC, Sabtu (19/10).

Pemadaman listrik total pada hari Jumat (18/10) terjadi akibat pembangkit listrik Antonio Guiteras di Matanzas - yang terbesar di pulau itu - mati.

Presiden Miguel Diaz-Canel Bermudez menuturkan situasi ini adalah "prioritas mutlaknya".

"Tidak akan ada istirahat sampai listrik pulih," tulisnya di platform media sosial X.

Sebelumnya pada hari Jumat, para pejabat mengumumkan bahwa semua sekolah dan kegiatan yang tidak penting, termasuk klub malam, akan ditutup hingga hari Senin (21/10).

Pekerja yang tidak penting didesak untuk tinggal di rumah dan layanan pemerintah yang tidak vital ditangguhkan.

Menurut media lokal, warga Kuba juga didesak untuk mematikan peralatan yang menghabiskan banyak daya selama jam sibuk, seperti lemari es dan oven.

Dalam pidato, yang disiarkan televisi pada hari Kamis, Perdana Menteri Manuel Marrero menyalahkan infrastruktur yang memburuk, kekurangan bahan bakar, dan meningkatnya permintaan atas pemadaman listrik.

"Kelangkaan bahan bakar adalah faktor terbesar," ujarnya.

Kepala Persatuan Listrik Nasional (UNE) Alfredo Lopez Valdes juga mengakui bahwa Kuba telah menghadapi situasi energi yang menantang, dengan kekurangan yang menjadi penyebabnya.

Pada bulan Juli 2021, ribuan pengunjuk rasa turun ke jalan dalam demonstrasi yang dipicu oleh pemadaman listrik selama berhari-hari di sebagian besar wilayah negara itu.

Keputusasaan yang disebabkan oleh makanan berharga yang terbuang sia-sia di lemari es dan freezer yang hangat diperburuk oleh warga yang tidak memiliki AC atau kipas angin selama berhari-hari di tengah teriknya panas pulau itu.

Di banyak gedung, pompa listrik mengalirkan air ke keran, jadi tidak ada listrik berarti tidak ada air.

Lebih jauh lagi, tidak adanya bensin di pompa berarti orang tidak dapat bekerja atau menggunakan mobil mereka untuk menyelesaikan masalah dasar atau memenuhi kebutuhan mendesak.

Pemerintah Kuba semakin menyadari bahwa banyak orang di pulau itu telah kehilangan rasa takut untuk berbicara tentang banyak masalah sehari-hari yang mereka hadapi di pulau itu. Beberapa bahkan siap turun ke jalan dan meneriakkan slogan-slogan antipemerintah, jika kondisinya memungkinkan.

Pada bulan Maret, ratusan orang di kota terbesar kedua di Kuba, Santiago, menggelar protes publik yang jarang terjadi atas pemadaman listrik kronis dan kekurangan pangan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya