6 Rekomendasi Kuliner di Kendal yang Nikmat Wajib untuk Dicoba

Kendal menjadi salah satu daerah yang terkenal strategis karena menjadi penghubung antar kota. Selain itu, Kendal juga memiliki beragam kuliner menarik di antaranya berikut ini.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 21 Okt 2024, 11:00 WIB
Sate bumbon, kuliner Kendal, Jawa Tengah. (Sumber Foto: aprilliaherdhiyani/Instagram)

Liputan6.com, Bandung - Kendal merupakan salah satu daerah yang terletak di provinsi Jawa Tengah, Indonesia dan berlokasi di sebelah barat Kota Semarang. Kota ini dikenal sebagai kota yang strategis karena menjadi penghubung antara wilayah barat dan timur Pulau Jawa.

Setiap kota tentunya memiliki sejumlah sejarah dan kaya akan budaya tercermin dalam berbagai tradisi dan seni yang masih hidup hingga saat ini. Termasuk Kendal juga dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah dan menawan.

Selain terkenal dengan keindahan alam dan budayanya Kota Kendal juga menyimpan berbagai kuliner khas yang menggugah selera. Salah satu yang paling terkenal adalah Sate Bumbon yang berbeda dengan sate pada umumnya.

Sebab sate ini menggunakan bumbu rempah khas yang diracik dengan kecap manis, bawang merah, dan bahan lain yang membuat rasa satenya lebih kuat dan kaya. Sate Bumbon biasanya terbuat dari daging sapi atau kambing.

Kemudian sate bumbon disajikan dengan lontong atau nasi serta sambal khas Kendal yang pedas manis. Kuliner khas lainnya yang bisa ditemukan di Kendal adalah Nasi Tumpang Koyor.

Selain itu, kota Kendal juga menawarkan sejumlah kuliner menarik lain yang tidak kalah menggugah selera. Melansir dari beberapa sumber berikut ini rangkuman sejumlah rekomendasi kuliner di Kendal yang wajib untuk dicicipi.

Simak Video Pilihan Ini:


6 Rekomendasi Kuliner di Kendal yang Nikmat

Sate Bumbon, kuliner Kendal, Jawa Tengah. (Sumber Foto: jwjarwati/Instagram)

1. Sate Bumbon H. Rochmad

Kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi sate bumbon ketika berkunjung ke daerah Kendal. Sebab sate ini menawarkan sajian daging mulai dari sapi hingga kambing dengan bumbu yang khas.

Melansir dari Visit Jawa Tengah sajian sate ini nikmat disantap bersama lontong, sambal kacang, sayur lodeh, hingga tauge rebus yang nikmat. Adapun tempat makan Sate Bumbon yang wajib dicoba adalah Sate Bumbon H. Rochmad.

Sate Bumbon H. Rochmad berlokasi di Jl. Kyai H. Abdul Wahab No.5, Timur perempatan, Pegandon, Kec. Pegandon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

2. Aldila Resto

Aldila Resto dikenal sebagai salah satu tempat makan populer di Kendal yang menyediakan banyak menu makanan nikmat. Salah satu menu makanan andalan di tempat ini adalah Gurame Bakar yang memiliki rasa khas dan porsi besar.

Selain itu, area tempatnya juga memiliki fasilitas lengkap mulai dari area bermain anak, musala, toilet, hingga aula. Melansir dari ulasan Google tempat makan ini memiliki rating 4,3 dari total 2.166 pengguna.

Lokasi Aldila Resto berada di Jl. Raya Soekarno-Hatta No.20, Sukup Kulon, Purwokerto, Kec. Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pukul 07.00 hingga 21.00 WIB.


Selanjutnya

ilustrasi/copyright shutterstock.com

3. Warung Pari Mentes

Warung Pari Mentes menjadi kuliner yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke daerah Kendal. Tempat ini menawarkan suasana yang menarik yaitu berupa warung di tengah sawah dengan suasana pedesaan ala Bali.

Tempat makannya terkenal denan sajian menu masakan Jawa dan terdapat paket makanan lengkap yang memanjakan lidah. Melansir dari ulasan Google tempa ini mempunyai rating 4,7 dari total 970 ulasan.

Warung Pari Mentes berlokasi di Karang Jati, Bebengan, Kec. Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pukul 11.00 hingga 21.00 WIB.

4. RM Kurnia Jawa Timur

RM Kurnia Jawa Timur merupakan restoran lokal yang sangat populer dan legendaris. Pasalnya tempat makan ini menyediakan berbagai menu makanan lokal yang mengenyangkan mulai dari sajian nasi dan lauk pauk yang beragam.

Selain itu, tempat makannya juga menyediakan berbagai menu seafood hingga tradisional Indonesia lainnya serta memiliki area parkir luas terutama untuk bus. Berdasarkan ulasan Google tempat ini mempunyai rating 4,1 dari total 9.246 pengguna.

Lokasi RM Kurnia Jawa Timur berlokasi di Jalan Lingkar Kaliwungu, Karangtengah Lor, Wonorejo, Kec. Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pukul 06.00 hingga 00.00 WIB.


Kuliner Berikutnya

Lawuh Ndeso sudah menjadi jujugan wisata kuliner dengan menghadirkan keunikan tersendiri dalam penyediaan menu dan layanan ke pelanggan.

5. Rumah Makan Sari Rasa Weleri Kendal

Rumah Makan Sari Rasa Weleri Kendal merupakan tempat makan populer yang ramai dikunjungi oleh rombongan bus. Sebab tempat ini strategis menjadi lokasi kuliner untuk bus perjalanan antar kota dari Jakarta ke Jawa atau sebaliknya.

Tempat makan ini cukup populer dengan sajian makanannya yang beragam terutama makanan khas Indonesia dan mempunyai area parkir yang sangat luas. Mengutip dari ulasan Google tempatnya bahkan meraih rating 4,1 dari total 16.973 pengguna.

Rumah Makan Sari Rasa Weleri Kendal berlokasi di Raya Weleri-Kendal, Jenarsari Utara, Pucangrejo, Kec. Gemuh, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari selama 24 jam.

6. AngkringArt

Bagi pencinta cafe cantik di Kendal terdapat salah satu spot cafe dengan nuansa ala rumah yang nyaman. Cafe ini memiliki desain aesthetic yang membuat pengunjungnya nyaman terutama untuk berfoto.

Melansir dari media sosial resminya tempat cafe ini menawarkan tempat yang cocok untuk bekerja. Selain itu, suasananya yang cantik juga menjadikan tempat ini populer sebagai area prewedding pasangan muda.

Diketahui tempat ini menawarkan sejumlah menu sederhana yang bisa disantap untuk menikmati waktu di cafe tersebut. Lokasi AngringArt berada di Malanggaten, Penjalin, Brangsong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pukul 10.00 hingga 23.00 WIB.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya