Mimpi Buruk Perusahaan Migas, Harga Minyak Dunia Anjlok 7%

Harga minyak Brent turun lebih dari 7% minggu ini sementara WTI turun lebih dari 8%, menandai penurunan mingguan terbesar sejak 2 September.

oleh Arthur Gideon diperbarui 19 Okt 2024, 10:02 WIB
Harga minyak Brent turun lebih dari 7% minggu ini sementara WTI turun lebih dari 8%, menandai penurunan mingguan terbesar sejak 2 September. Ilustrasi harga minyak dunia hari ini (Foto By AI)

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak berjangka turun pada perdagangan hari Jumat. Harga minyak dunia turun lebih dari 7% jika dihitung secara mingguan. Penurunan harga minyak ini terjadi setelah data menunjukkan pertumbuhan ekonomi CHina melambat.

Mengutip CNBC, Sabtu (19/10/2024), harga minyak mentah Brent turun USD 1,39, atau 1,87% ditutup pada USD 73,06 per barel. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS berada pada USD 69,22 per barel, turun USD 1,45 atau 2,05%.

Harga minyak Brent turun lebih dari 7% minggu ini sementara WTI turun lebih dari 8%, menandai penurunan mingguan terbesar sejak 2 September. Penurunan ini dimulai ketika OPEC dan Badan Energi Internasional memangkas perkiraan permintaan minyak global pada 2024 dan 2025.

Di China, importir minyak terbesar dunia, ekonomi tumbuh pada laju paling lambat sejak awal 2023 pada kuartal III, meskipun konsumsi September dan output industri mengalahkan perkiraan.

“China adalah kunci dari sisi permintaan persamaan sehingga sangat membebani harga di sini hari ini,” kata analis Again Capital New York John Kilduff.

Produksi kilang China menurun untuk bulan keenam berturut-turut karena margin penyulingan yang tipis dan konsumsi bahan bakar yang lemah membatasi pemrosesan.

Kendaraan Listrik 

“Kita tidak dapat mengabaikan dampak kendaraan listrik di China,” kata Analis energi independen yang berbasis di Paris dan mantan kepala divisi minyak di IEA, Neil Atkinson.

“Ada berbagai faktor yang berperan di sini, kelemahan ekonomi di China tetapi juga pergerakan menuju elektrifikasi transportasi.” tambah dia.

Penjualan kendaraan listrik di Tiongkok melonjak 42% pada bulan Agustus dan mencapai rekor tertinggi lebih dari satu juta kendaraan.

Stimulus China

Sementara itu, bank sentral China meluncurkan dua skema pendanaan yang pada awalnya akan menyuntikkan 800 miliar yuan atau kurang lebih USD 112,38 miliar ke pasar saham melalui alat kebijakan moneter yang baru dibuat.

"Data China menunjukkan tanda-tanda perbaikan yang tentatif, tetapi pengarahan terbaru tentang stimulus ekonomi tambahan membuat pelaku pasar kecewa," kata Rishi Rajanala, rekanan di Aegis Hedging.

 


Risiko Geopolitik

Ilustrasi harga minyak dunia (dok: Foto AI)

 

Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Jumat bahwa ada peluang untuk berurusan dengan Israel dan Iran dengan cara yang berpotensi mengakhiri konflik mereka di Timur Tengah untuk sementara waktu.

"Kami kehilangan bagian tambahan dari premi risiko geopolitik dalam harga minyak karena pembicaraan tentang semua ini mencapai titik akhir," kata Kilduff dari Again Capital.

Biden, dalam kunjungannya ke Berlin, juga mengatakan kepada wartawan bahwa ia memahami bagaimana dan kapan Israel akan menanggapi serangan rudal Iran, sesuatu yang terus ditunggu-tunggu oleh para investor, kata Alex Hodes, analis di perusahaan pialang energi StoneX, dalam sebuah catatan.

Setelah terbunuhnya pemimpin Hamas Yahya Sinwar, kelompok militan Hizbullah Lebanon mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka sedang bergerak ke fase baru dan meningkat saat memerangi pasukan Israel.

Hal ini memupus harapan sebelumnya pada hari Jumat bahwa kematian Sinwar akan mempercepat berakhirnya perang yang meningkat di Timur Tengah.

 


Produksi AS

Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP

Di AS, produksi minyak mentah memecahkan rekor lagi minggu lalu, menurut Badan Informasi Energi pada hari Kamis, karena produksi naik sebesar 100.000 barel per hari (bph) dalam minggu hingga 11 Oktober menjadi 13,5 juta bph, dari puncak sebelumnya sebesar 13,4 juta bph yang pertama kali dicapai dua bulan lalu.

Membantu memberikan harga dasar, EIA juga mengatakan persediaan minyak mentah, bensin, dan sulingan AS turun minggu lalu.

Dan penjualan ritel AS meningkat sedikit lebih dari yang diharapkan pada bulan September, dengan investor masih memperkirakan peluang 92% dari penurunan suku bunga Federal Reserve pada bulan November.

"Data ekonomi AS yang positif telah membantu meredakan beberapa kekhawatiran pertumbuhan, tetapi pelaku pasar terus memantau potensi pemulihan permintaan di Tiongkok setelah langkah-langkah stimulus baru-baru ini," kata Hani Abuagla, analis pasar senior di XTB MENA.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya