Ada Pelantikan Presiden 20 Oktober 2024, LRT Jabodebek Layani 364 Perjalanan

LRT Jabodebek telah menyiapkan langkah-langkah antisipatif guna mendukung kenyamanan penumpang, dengan menambah personel pengamanan dan petugas pelayanan di berbagai stasiun.

oleh Arief Rahman H diperbarui 19 Okt 2024, 12:40 WIB
Pada waktu normal, LRT Jabodebek hany mengoperasikan sebanyak 260 perjalanan. Penambahan lebih dari 100 perjalan ini sebagai antisipasi mabilitas masyarakat di momen bersejarah tersebut. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengoperasikan 364 perjalanan LRT Jabodebek pada 20 Oktober 2024. Menyusul, adanya prosesi pelantikan presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Pada waktu normal, LRT Jabodebek hany mengoperasikan sebanyak 260 perjalanan. Penambahan lebih dari 100 perjalan ini sebagai antisipasi mabilitas masyarakat di momen bersejarah tersebut.

Dengan penambahan perjalanan ini headway LRT Jabodebek berlaku secara merata sepanjang hari yakni 11 menit pada lintas Jatimulya / Harjamukti - Cawang, dan 5 menit pada lintas Cawang - Dukuh Atas. KAI berharap dengan perjalanan LRT Jabodebek ini dapat memastikan kelancaran perjalanan khususnya di area Jl. Sudirman, Jl. Thamrin, dan Jl. Merdeka Barat yang menjadi pusat acara.

“Dengan penambahan jumlah perjalanan menjadi 364, kami berharap masyarakat dapat merasakan pengalaman transportasi publik yang lebih lancar dan nyaman selama berlangsungnya acara tersebut,” kata Manager Public Relations LRT Jabodebek, Mahendro Trang Bawono, dalam keterangannya, Sabtu (19/10/2024).

LRT Jabodebek juga telah menyiapkan langkah-langkah antisipatif guna mendukung kenyamanan penumpang, dengan menambah personel pengamanan dan petugas pelayanan di berbagai stasiun. Pengguna diimbau untuk memberikan prioritas kepada penumpang rentan seperti penyandang disabilitas, lansia, ibu hamil, serta orang tua yang membawa anak kecil.

“Kami mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan layanan LRT Jabodebek dengan bijak, menjaga ketertiban, serta memperhatikan keselamatan selama perjalanan. Mengingat potensi peningkatan jumlah penumpang, kami berharap masyarakat dapat mendukung kelancaran perjalanan bersama,” tambah Mahendro.

Inisiatif penambahan perjalanan ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak masyarakat beralih menggunakan transportasi publik, yang sekaligus membantu mengurangi kemacetan dan polusi di kawasan Jabodebek.

“Kami berharap penambahan jadwal perjalanan ini dapat mendukung masyarakat dalam menyaksikan momen bersejarah ini dengan lebih mudah dan nyaman, serta merasakan manfaat dari layanan transportasi publik yang terus kami kembangkan,” tutup Mahendro.

Jadwal Perjalanan

Adapun jadwal perjalanan pertama dan terakhir LRT Jabodebek pada 20 Oktober 2024 adalah sebagai berikut:

  • Dukuh Atas – Jatimulya: Perjalanan pertama pukul 06:18, terakhir pukul 22:48.
  • Dukuh Atas – Harjamukti: Perjalanan pertama pukul 06:23, terakhir pukul 22:53.
  • Jatimulya – Dukuh Atas: Perjalanan pertama pukul 05:24, terakhir pukul 21:54.
  • Harjamukti – Dukuh Atas: Perjalanan pertama pukul 05:30, terakhir pukul 22:00.

Daftar 12 Titik Rekayasa Lalu Lintas saat Pelantikan Presiden-Wapres 20 Oktober 2024

Pengguna sepeda saat berkeliling di Jalan Jenderal Soedirman, Jakarta, Minggu (11/10/2020). Pemprov DKI Jakarta juga memberi kelonggaran aktivitas perkantoran namun dengan pembatasan 50 persen dari kapasitas yang disediakan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, sehubungan akan dilaksanakannya rangkaian kegiatan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo-Gibran pada Minggu (20/10/2024), maka rekayasa lalu lintas akan dilakukan.

“Pengaturan dan pengalihan arus lalu lintas pada beberapa ruas jalan mulai Pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB,” kata Syafrin melalui siaran pers diterima, Sabtu (19/10/2024).

Syafrin mengimbau, kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan.

“Patuhi rambu–rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan,” minta dia.

Berikut rincian rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan saat rangkaian pelantikan berlangsung:

1. Lalu Lintas dari Arah Timur (Pasar Senen) ke Barat (Arah Tomang) dapat melalui Jalan Gunung Sahari-Jalan Dr. Sutomo-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Lapangan Banteng Utara-Jalan Katedral-Jalan Veteran-Jalan Suryapranoto-Jalan Balikpapan- Jalan Kyai Caringin-Jalan Tomang Raya dan seterusnya.

2. Lalu Lintas dari Arah Barat (Tomang) menuju Arah Timur (Pasar Senen) dapat melalui Jalan Tomang Raya-Jalan Kyai Caringin-Jalan Balikpapan-Jalan Suryapranoto-Jalan Ir. Haji Juanda-Jalan Pos dan seterusnya.

3. Lalu Lintas dari Utara ke Selatan dapat melalui Jalan Ir. H. Juanda-Jalan Pos-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Lapangan Utara-Jalan Lapangan Banteng Barat-Jalan Pejambon-Jalan M Ridwan Rais ke arah Rasuna Said dan seterusnya.

4. Lalu Lintas dari Utara ke Selatan dapat melalui Jalan Gunung Sahari-Jalan Kramat Raya-Jalan Salemba-Jalan Proklamasi-Jalan Tambah-Jalan Prof. Dr. Sahardjo dan seterusnya.

5. Lalu Lintas dari Arah Utara (Tanah Abang) menuju Arah Timur (Pancoran) dapat melalui Jalan KH Mas Mansyur Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan Casablanca Raya-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto dan seterusnya.

6. Lalu lintas dari Arah Barat (Slipi) menuju Arah Timur (Pancoran) dapat melalui Jalan Slipi I-Jalan Jatibaru Raya-Jalan Fachrudin-Jalan KH Mas Mansyur Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan Casablanca Raya-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto dan seterusnya.

7. Lalu lintas dari Arah Barat (Petamburan) menuju Arah Timur (Pancoran) dapat melalui Jalan KS Tubun-Jalan Kebon Jati-Jalan Facrudin-Jalan KH Mas Mansyur Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan Casablanca Raya-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto dan seterusnya.

8. Lalu lintas dari Arah Timur (Manggarai) menuju Arah Barat (Palmerah) dapat melaluiJalan Galunggung-Jalan RM Margono Joyohadikusumo-Jalan Penjernihan I-JalanPenjompongan Raya dan seterusnya.


Lalu Lintas Lainnya

Kendaraan melintasi kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (9/5/2022). Pembatasan kendaraan roda empat dengan sistem Ganjil Genap (GaGe) di wilayah DKI Jakarta mulai Senin, 9 April 2022, seiring dengan berakhirnya cuti bersama libur Lebaran 2022 atau Idul Fitri 1443 H. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

9. Lalu lintas dari Arah Barat (Palmerah) menuju Arah Timur (Manggarai) dapat melalui Jalan Tentara Pelajar-Jalan Palmerah Timur-Jalan Penjompongan Raya-Jalan Penjernihan I- Jalan RM Margono Joyohadikusumo-Jalan Galunggung dan seterusnya.

10. Lalu Lintas dari Arah Timur (Pancoran) menuju Arah Utara (Tanah Abang) dapat melalui Jalan Gatot Subroto-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan KH Mas Mansyur dan seterusnya.

11. Lalu Lintas dari Arah Timur (Pancoran) menuju Arah Selatan (Blok M) dapat melaluiJalan Jenderal Gatot Subroto-Jalan Terusan HR Rasuna Said atau dapat melalui Jalan Kapten Tendean-Jalan Woltermonginsidi-Jalan Trunojoyo-Jalan Panglima Polim dan seterusnya.

12. Lalu Lintas dari Arah Selatan (Blok M) menuju Arah Utara (Tanah Abang) dapat melalui Jalan Panglima Polim-Jalan Sisingamangaraja-Jalan Hang Lekir I-Jalan Asia Afrika-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Bendungan Jatiluhur-Jalan Bendungan Hilir- Jalan KH Mas Mansyur dan seterusnya.

Sebagai informasi, usai Presiden dan Wakil Presiden terpilih Periode 2024-2029 telah dilantik di Gedung DPR/MPR RI dan menuju Istana Merdeka, dilakukan pembukaan arus lalu lintas secara bertahap di Jalan Jenderal Gatot Subroto mulai dari segmen Simpang Kuningan sampai dengan Simpang Slipi Petamburan.

Infografis Jurus Pemerintahan Prabowo - Gibran Capai Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya