Pertemuan Prabowo dan Megawati Batal Dilakukan Sebelum Pelantikan

Ketika ditanya soal apakah pertemuan tersebut akan dilakukan setelah Prabowo dilantik menjadi Presiden RI, Muzani enggan untuk membeberkan lebih lanjut.

oleh Nila Chrisna Yulika diperbarui 19 Okt 2024, 13:40 WIB
Potret keakraban Menhan Prabowo Subianto dengan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri saat menghadiri upacara HUT ke-77 RI. (Youtube Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dipastikan batal dilakukan sebelum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. 

"Sepertinya gitu," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gerindra, Ahmad Muzani di komplek Parlemen Senayan, Sabtu (19/20/2024).

 

Muzani mengatakan sampai saat ini pertemuan itu belum dijadwalkan kembali. "Sampai dengan saat acara pelantikan pertemuan itu masih tertunda," ucap Muzani.

Ketika ditanya soal apakah pertemuan tersebut akan dilakukan setelah Prabowo dilantik menjadi Presiden RI, Muzani enggan untuk membeberkan lebih lanjut.

"Insyallah beliau pada waktunya akan bertemu, tapi nanti beliau yg akan mengatur semua," tutupnya.


H-1 Pelantikan Presiden, Mungkinkah Prabowo-Megawati Akan Bertemu?

Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrarsi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menjadi pihak terakhir yang sangat ditunggu oleh presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto ditemui. Sayangnya, hal tersebut tidak mudah.

Beberapa momentum yang digadang menjadi waktu pertemuan keduanya, nyatanya sirna. Seperti pada 17 Oktober 2024, hari dimana Prabowo Subianto berulang tahun ke-73, ‘kado indah’ itu kunjung hadir.

Menanggapi hal itu, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengaku kedua pihak masih saling mencocokan jadwal. Menurut informasi diterimanya, kondisi Megawati belum cukup fit sepulang dari luar negeri.

“Kita masih mencocokan waktu antara keduanya, antara Bu Mega dan Pak Prabowo, kabar yang kami dengar Bu Mega kondisinya masih belum fit karena beliau baru datang dari Uzbekistan, jadi kita masih menunggu konfirmasi dari Bu Mega supaya kondisinya fit,” ujar Muzani kepada awak media di Jakarta, seperti dikutip Sabtu (19/10/2024).

Saat ditegaskan apakah pertemuan tersebut bukanlah sebuah wacana, Muzani meyakini pertemuan harusnya terlaksana sebelum tanggal Prabowo dilantik sebagai presiden.

“InsyaAllah, mudah mudahan sebelum tanggal 20 (Oktober) harusnya kan, begitu loh kira-kira,” ungkap dia.


Hubungan Prabowo-Megawati Baik

Senada dengan itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, hubungan Prabowo dengan Megawati Soekarnoputri sangat baik dan keduanya saling menghormati posisi masing-masing.

"Pak Prabowo sedang menggodok sedang mempersiapkan lahir batin kabinetnya sehingga itu yang kita hormati," ujar Hasto saat ditemui di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Jumat (18/10/2024).

Hasto mengatakan, saat ini lebih utama mengedepankan kepentingan Indonesia dan sikap dari partainya adalah berharap kabinet di era Prabowo bisa bergerak cepat.

"Sikap dari PDIP terhadap kepemimpinan baru berharap agar kabinet bekerja professional bergerak cepat untuk mengatasi tantangan kita ke depan," dia memungkasi.


Sidang Paripurna Pelantikan Presiden-Wapres

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI akan menggelar sidang paripurna dengan agenda Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Masa jabatan 2024-2029 pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Prosesi pengambilan sumpah jabatan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka itu akan digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Berdasarkan informasi yang diterima, gladi kotor pelantikan akan digelar hari ini, Jumat pukul 14.00 WIB, sementara gladi bersih akan digelar pada Sabtu (19/10/2024).

Menurut jadwal yang diterima, pelantikan akan dimulai tepat pukul 10.00 WIB, dan pengucapan sumpah presiden akan dilakukan pukul 10.26 WIB.

Sementara pidato pertama presiden usai dilantik akan dilakukan pada pukul 10.46 WIB. Siang paripurna akan selesai tepat pukul 11.23 WIB dan selanjutnya Presiden dan Wapres terpilih meninggalkan gedung MPR menuju Istana Negara.

Infografis 3 Momen Akrab Pertemuan Prabowo - Megawati. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya