Menko Luhut Pamit dari Kabinet Jokowi, Beri Pesan Menyentuh

Menko Luhut menyebut setiap penugasan merupakan kesempatan untuk bertumbuh dan berkontribusi. Itu yang dia pegang sejak meniti karir sebagai prajurit.

oleh Arief Rahman H diperbarui 19 Okt 2024, 16:20 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam ‘China-Indonesia Joint Dive Expedition to Java Trench (22-03-2024). (Dok Kemenko Marves)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan pamitan dari kabinet Indonesia Maju yang dobangun oleh  Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jabatan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai menteri koordinator resmi selesai saat pelantikan presiden pada 20 Oktober 2024.

Meski jabatannya sebagai orang kepercayaan Jokowi di kabinet periode 2019-2024 selesai, dia berharap kerja sama bisa terus terjalin.

"Besok, masa bakti saya akan resmi berakhir. Tetapi saya berharap persahabatan dan kerja sama dengan seluruh pihak, baik dari pemerintah maupun swasta, bisa terus terjalin," ujar Menko Luhut, melalui akun Instagram @luhut.pandjaitan, Sabtu (19/10/2024).

"Karena saya yakin, kekompakan dan kolaborasi adalah kekuatan kita untuk menghadapi tantangan di masa depan, serta mewujudkan visi besar bangsa kita Indonesia Emas 2045. Jabatan sebagai menteri boleh selesai, tetapi pengabdian untuk negara tak akan pernah usai," sambungnya.

Dalam unggahannya, Menko Luhut menyebut setiap penugasan merupakan kesempatan untuk bertumbuh dan berkontribusi. Itu yang dia pegang sejak meniti karir sebagai prajurit.

"Berbagai tantangan dan ujian yang tidak mudah untuk negeri ini sudah kita lalui. Meski belum sempurna, saya bersyukur atas kesediaan untuk bekerja bersama sehingga apa yang kita upayakan in bisa bermanfaat bagi seluruh elemen bangsa," kata dia.

Luhut mengakui, setiap kebijakan yang dimabilnya mendapat respons beragam dari semua kalangan. Namun, itu dijadikannya sebagai penyemangat untuk meramu keputusan yang tepat.

"Saya belajar, bahwa dalam setiap pengambilan keputusan ada pro dan kontra, tetapi saya menganggap hal tersebut sebagai energi yang menambah semangat kami untuk terus bekerja keras, guna memastikan bahwa setiap keputusan yang diambil betul-betul demi kepentingan nasional," beber dia.

 


Luhut: Terima Kasih Pak Jokowi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Presiden Jokowi, Rabu (21/6/2023). (Foto: instagram@luhut.pandjaitan)

Usai menyelesaikan tugasnya, Menko Luhut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Secara khusus, saya ingin menyampaikan terima kasih yang mendalam kepada Presiden @jokowi yang telah memberi saya kepercayaan penuh untuk berperan dalam meletakkan pondasi penting bagi transformasi bangsa ini," tegasnya.

Dia turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Mulai dari Sekretariat Kemenko, Deputi, Staf dan Tenaga Ahli, para Pejabat Struktural dan Fungsional, satuan Pengawal Menteri, serta elemen pendukung seperti petugas kebersihan, penyedia makanan, hingga Satuan Pengamanan.

"Kalian adalah kekuatan di balik setiap proses perumusan kebijakan. Saya bangga pernah bekerja bersama kalian. Tak lupa, terima kasih dan permohonan maaf juga saya naturkan kepada seluruh masyarakat Indonesia," sebut Luhut.

Infografis Misi di Balik Permintaan Luhut ke Anies (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya