Warga Bandung Antusias Ikuti Skrining Gratis untuk Deteksi Dini Penyakit Kronis

Dengan mendeteksi penyakit lebih dini, individu dapat mengambil langkah pencegahan yang tepat, mengubah gaya hidup, dan mendapatkan perawatan medis yang diperlukan.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 19 Okt 2024, 18:49 WIB
dok: ist

Liputan6.com, Jakarta - Kesadaran akan kesehatan dan deteksi dini penyakit kronis sangat penting dalam mencegah berbagai komplikasi serius.

Penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi seringkali tidak menunjukkan gejala hingga tahap lanjut, sehingga skrining kesehatan secara rutin menjadi kunci untuk mendeteksi masalah sejak awal.

Dengan mendeteksi penyakit lebih dini, individu dapat mengambil langkah pencegahan yang tepat, mengubah gaya hidup, dan mendapatkan perawatan medis yang diperlukan.

"Masyarakat perlu lebih sadar tentang penyakit metabolik dan kronis. Penyakit-penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi meningkatkan risiko terkena kondisi lebih serius, seperti stroke atau serangan jantung," kata dr. Cynthia Hanny Lestari, General Practitioner di Mayapada Hospital Bandung., dalam keterangannya, Sabtu (19/10/2024).

Program Cek Segitiga yang diadakan oleh PT Dexa Medica berupaya meningkatkan kesadaran ini, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis dan mendapatkan edukasi yang diperlukan. Setelah sukses di Jakarta, Palembang, dan Tangerang Selatan, program ini kini hadir di Bandung.

"Bandung ini merupakan kota yang ke-4, selanjutnya kita akan lalukan di Surabaya dan Semarang. Program ini merupakan salah satu pilar kesehatan, jadi kami Dexa Medica support dan mendukung dalam pencegahan penyakit-penyakit kronis," ujar Presiden Direktur PT Dexa Medica, V Hery Sutanto.

 


Tingginya minat masyarakat untuk lakukan pencegahan dini

Skrining kesehatan di Bandung dilaksanakan pada Minggu (13/10) lalu di Taman Gasibu, di mana 566 peserta antusias mengikuti acara ini yang juga mencakup edukasi kesehatan.

"Animo masyarakat Bandung terhadap skrining kesehatan baik sekali, sudah menyentuh angka lebih dari 500," kata Sales Director OGB Dexa, Jopie Johansyah.

Program ini bekerja sama dengan RS Mayapada Hospital Bandung, yang menyediakan layanan konsultasi kesehatan gratis bagi peserta. Dengan lebih dari 2.000 orang yang telah mengikuti skrining di empat kota, program ini menunjukkan tingginya minat masyarakat untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka dan melakukan pencegahan dini.

 


Tawarkan konsultasi kesehatan dengan tenaga medis profesional

Program Cek Segitiga menawarkan pemeriksaan kesehatan yang komprehensif, meliputi pemeriksaan gula darah untuk mendeteksi risiko diabetes melitus, pemeriksaan tekanan darah untuk mendeteksi risiko hipertensi, serta pemeriksaan kolesterol untuk mendeteksi risiko penyakit jantung.

Selain ketiga pemeriksaan utama tersebut, peserta juga mendapatkan konsultasi kesehatan dengan tenaga medis profesional. Hal ini memungkinkan peserta untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai hasil pemeriksaannya serta tips menjaga kesehatan.

"Kenali faktor risiko dalam keluarga Anda, seperti riwayat hipertensi atau diabetes. Jika ada, tingkatkan kewaspadaan terhadap kesehatan Anda. Cek kesehatan secara berkala, satu hingga tiga bulan sekali," saran dr. Cynthia.

infografis journal 5 Jenis Penyakit Hepatitis. (Liputan6.com/Tri Yasni).

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya