Sambut Pelantikan Prabowo, KAI Commuter Berlakukan Tarif Spesial Rp 1 Rupiah

PT Kereta Computer Indonesia (KAI Commuter) akan memberlakukan tarif Rp1 bagi seluruh penumpang di stasiun commuter Jabodetabek pada hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Minggu (20/10/2024).

oleh Nasrul Faiz diperbarui 20 Okt 2024, 01:01 WIB
Penumpang turun dari kereta Commuter Line di Stasiun Rawa Buaya, Jakarta Barat, Kamis (26/9/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Computer Indonesia (KAI Commuter) akan memberlakukan tarif Rp1 bagi seluruh penumpang di stasiun commuter Jabodetabek pada hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo-Gibran, Minggu (20/10/2024). Tarif spesial ini berlaku mulai dari keberangkatan kereta pertama hingga terakhir.

"Besok (hari ini) kita akan memberlakukan tarif Rp1 mulai dari KRL keberangkatan pertama sampai nanti KRL keberangkatan terakhir," ujar Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus.

Joni menjelaskan, kebijakan tarif ini merupakan instruksi langsung dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Commuter line selaku operator mendapatkan penugasan dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan," tutur Joni.

Namun, ada syarat bagi penumpang yang ingin menikmati tarif Rp1 ini, yaitu harus memiliki saldo minimal Rp5.000 pada Kartu Multi Trip (KMT).

"Tapi harus memiliki minimal saldo Rp5.000," tambah Joni. dilansir dari Antara.

 


Antisipasi Lonjakan Penumpang

Sejumlah penumpang berpindah tujuan kereta saat penerapan switch over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (30/5/2022). Penerapan switch over (SO) atau peralihan sistem persinyalan ke-5 itu membuat terjadinya penumpukan penumpang di peron kereta karena terdapat perubahan rute perjalanan KRL. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, KAI Commuter tetap mempertahankan jumlah perjalanan KRL seperti hari normal. Biasanya, pada akhir pekan, jumlah perjalanan KRL dikurangi hingga menjadi 962 perjalanan.

Namun, untuk pelantikan kali ini, perjalanan KRL dimaksimalkan.

"Karena di hari Minggu esok itu di luar kebiasaan, karena ada acara pelantikan, maka jumlah perjalanan commuter line itu kami maksimalkan, yaitu 1.048 perjalanan dari yang seharusnya 962 perjalanan. Itu belum termasuk nanti KRL tambahan," jelas Joni.


Pelantikan Prabowo-Gibran

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI akan menggelar sidang paripurna dengan agenda Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Masa jabatan 2024-2029 pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Prosesi pengambilan sumpah jabatan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka itu akan digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Berdasarkan informasi yang diterima, gladi kotor pelantikan akan digelar hari ini, Jumat pukul 14.00 WIB, sementara gladi bersih akan digelar pada Sabtu (19/10/2024).

Menurut jadwal yang diterima, pelantikan akan dimulai tepat pukul 10.00 WIB, dan pengucapan sumpah presiden akan dilakukan pukul 10.26 WIB.

Sementara pidato pertama presiden usai dilantik akan dilakukan pada pukul 10.46 WIB. Siang paripurna akan selesai tepat pukul 11.23 WIB dan selanjutnya Presiden dan Wapres terpilih meninggalkan gedung MPR menuju Istana Negara.

Infografis Serba-Serbi Jelang Pelantikan Prabowo Sebagai Presiden ke-8 RI. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya