Genjot Wisatawan, Hotel dan Restoran di Hong Kong Berbenah untuk Ramah Muslim

Objek wisata, restoran, dan penginapan di Hong Kong mulai berbenah untuk memenuhi kebutuhan wisatawan Muslim.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 19 Okt 2024, 21:50 WIB
Hotel Sheraton Hong Kong Tung Chung (Liputan6.com/Yulia Lisnawati)

Liputan6.com, Hong Kong - Hong Kong semakin memikat perhatian wisatawan Muslim, terutama dari Indonesia. Berdasarkan data terbaru dari Hong Kong Tourism Board (HKTB), jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Hong Kong dari Januari hingga Juli 2024 mengalami lonjakan signifikan sebesar 76,2%, mencapai 208.000 kunjungan, dibandingkan dengan 118.000 kunjungan pada periode yang sama tahun lalu.

Dengan peningkatan jumlah ini, tidak mengherankan jika objek wisata, restoran, dan penginapan mulai berbenah untuk memenuhi kebutuhan wisatawan Muslim.

Kevin Lam, Director of Sales and Marketing Sheraton Hong Kong Tung Chung Hotel, menyatakan bahwa hotel mereka telah melakukan sejumlah langkah untuk meningkatkan kenyamanan bagi tamu Muslim.

"Di beberapa kamar, sudah disediakan penunjuk arah kiblat di meja, dan rencana untuk memasangnya di seluruh kamar hotel juga sedang dijalankan," ucap Kevin saat mendampingi rombongan Famtrip Indonesia AirAsia pada Kamis, 10 Oktober 2024.

Menurutnya, meski banyak tamu Muslim yang membawa perlengkapan salat, pihaknya juga telah menyediakan perlengkapan salat bagi pengunjung yang membutuhkan.

"Kami juga menyediakan sajadah dan Alquran. Jika diperlukan, kami bisa mengantarkannya ke kamar,” lanjutnya.

Namun, mengingat keterbatasan lahan di Hong Kong, saat ini Sheraton Hong Kong Tung Chung Hotel belum bisa menyediakan musala.

Tamu Muslim juga tidak perlu khawatir tentang urusan perut saat menginap di Hong Kong. Hotel ini menyediakan menu makanan halal terpisah, memudahkan tamu Muslim untuk menikmati hidangan tanpa kesulitan.

“Kami memiliki dapur halal dengan berbagai pilihan menu yang disediakan. Pengunjung Muslim dapat dengan mudah menemukan makanan halal, karena kami telah memasang stiker halal,”  tutup Kevin.


Destinasi wisata sediakan restoran halal dan musala

Quit Room di Hong Kong Disneyland (Liputan6.com/Yulia Lisnawati)

Sadar akan kebutuhan pengunjung Muslim, Hong Kong Disneyland kini menyediakan fasilitas khusus bernama Quit Room, yang dapat digunakan untuk sholat.

Ruang ini terletak di kawasan Toy Story Land dan dilengkapi dengan sajadah serta tempat wudhu, sehingga pengunjung dapat menjalankan ibadah dengan nyaman tanpa harus meninggalkan taman hiburan ini.

Selain itu, taman hiburan ini juga menyediakan berbagai pilihan kuliner halal di beberapa restorannya. Salah satu tempat yang direkomendasikan adalah Tahitian Terrace.

Restoran ini menawarkan berbagai hidangan lezat yang sesuai dengan selera, seperti rendang, ayam, laksa, dan chicken curry. Yang menarik, menu halal yang disajikan memiliki tampilan yang unik dan menggugah selera, seperti telur Minnie Mouse yang ditata cantik dalam hidangan laksa.


Desa wisawata yang sediakan restoran halal

Ngong Ping Village Hong Kong (Liputan6.com/Yulia Lisnawati)

Saat berada di Ngong Ping Village ada beberapa pilihan restoran yang beragam. Bagi wisatawan Muslim, tidak perlu khawatir jika merasa lapar, karena kini telah hadir restoran halal bernama Ebeneezer's yang menyajikan berbagai hidangan lezat.

Infografis Cara Generasi 90-an Jalani Liburan Sekolah. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya