Masyarakat Puas dengan Prestasi Sepak Bola dan Setuju Naturalisasi, Menpora: Berkat Semua Pihak

Survei terbaru menunjukkan masyarakat puas dengan naturalisasi yang dilakukan untuk timnas Indonesia.

oleh Thomas diperbarui 19 Okt 2024, 22:12 WIB
Pemain Timnas Indonesia merayakan gol yang dicetak oleh Jay Idzes (kedua kanan) pada laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam di My Dinh Stadium, Vietnam, Selasa (26/03/2024). (AFP)

Liputan6.com, Jakarta- Masyarakat Indonesia puas dengan kemajuan prestasi sepak bola di kancah internasional dan juga sepakat dengan program naturalisasi. Hal ini tergambar dalam survei terbaru dilakukan pada 9 hingga 11 Oktober 2024 oleh Litbang Kompas.

Timnas Indonesia memang mengalami lonjakan prestasi sejak dihuni pemain-pemain naturalisasi. Untuk pertama kalinya Indonesia bisa menembus putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia zona Asia. Indonesia juga lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya.

Sebanyak 737 responden dari 38 provinsi berhasil diwawancarai dalam survei soal timnas Indonesia in. Sampel ditentukan secara acak dari responden panel Litbang Kompas sesuai proporsi jumlah penduduk di tiap provinsi. Menggunakan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error penelitian ± 3,88 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

Mayoritas responden mengatakan puas dengan capaian atlet sepak bola Indonesia di kancah Internasional.

“Mayoritas responden mengapresiasi capaian atlet sepak bola Indonesia di kancah internasional (96,2 persen). Hampir sepertiganya merasa capaian atlet cabang olahraga ini sudah sangat baik,” tulis Litbang Kompas.

Untuk naturalisasi di timnas Indonesia, 72 persen responden survei menyatakan sepakat. Langkah itu dinilai bisa meningkatkan prestasi Indonesia. Hanya 27,3% tak sepakat naturalisasi.


Menpora Menegaskan Naturalisasi Dilakukan Terukur

Starting XI Timnas Indonesia saat laga lanjutan putaran ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan China di Qingdao Youth Stadium, Qingdao, China, Selasa (15/10/2024). (Dok. PSSI)

Adapun untuk posisi pelatih, sebagian besar responden setuju dengan langkah pemerintah untuk merekrut pelatih asing menjadi pelatih Timnas Indonesia. 86,1% sepakat perekrutan pelatih asing, sisanya 13,4% tidak sepakat.

Menpora Dito Ariotedjo menilai progres yang terjadi di sepak bola berkat semua pihak dan masyarakat pada umumnya.

“Saya sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak, terkait proses naturalisasi kami selalu memperhatikan setiap detail terkait dasar hukumnya, profil kesehatannya, informasi kapasitasnya, catatan kariernya serta kelebihan lainnya dari setiap atlet yang akan di naturalisasi.” Jelas Politisi Partai Golkar tersebut.


Kiprah Timnas Indonesia

Timnas Indonesia mampu meraup tiga poin dari empat laga yang dijalani di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pasukan Shin Tae-yong baru kalah sekali saat tandang ke China.

Pada bulan November mendatang, Timnas Indonesia akan melakoni dua laga kandang di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan menjamu Jepang dan Arab Saudi.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya