Profil Rosan Roeslani, Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala BKPM di Era Prabowo-Gibran

Berikut profil Rosan Roeslani yang kembali menjadi Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala BKPM di era Prabowo-Gibran.

oleh Arief Rahman H diperbarui 20 Okt 2024, 22:10 WIB
Menteri Investasi/Kepala BKPM, Rosan P. Roeslani dalam konferensi pers Realisasi Investasi Triwulan III Tahun 2024 pada Selasa (15/10/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto telah mengumumkan sejumlah anggota kabinet usai pelantikan pada Minggu malam, (20/10/2024).

Salah satu menteri yang diumumkan dan masuk kabinet merah putih yakni Menteri Investasi dan Kepala BKPM Rosan Roeslani. Namun, kali ini posisinya sebagai Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala BKPM. Rosan sebelumnya juga menjabat sebagai Menteri Investasi dan Kepala BKPM pada periode kedua Presiden Joko Widodo. Ia menggantikan Bahlil Lahadalia.

Berikut profil Rosan Roeslani yang menjabat sebagai Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala BKPM. Melihat perjalanan karier profesional, Rosan Roeslani pernah menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN sejak 17 Juli 2023. Rosan Roeslani menggantikan Pahala Nugraha Mansury yang ditunjuk Presiden Jokowi jadi Wakil Menteri Luar Negeri.

Selanjutnya Rosan mengundurkan diri usai ditunjuk menjadi Ketua TKN Prabowo-Gibran pada Oktober 2023.

Sebelumnya Rosan juga pernah menduduki posisi Duta Besar (Dubes) RI untuk Amerika Serikat (AS) ke-21 yang memulai jabatannya di Washington DC sejak Desember 2021.

Sebelum terjun ke dunia bisnis, ia dikenal sebagai pengusaha. Ia membangun PT Republik Indonesia Funding (Finance Indonesia) bersama Sandiaga Uno dan Hasbi Hafani pada 1997.

Selain berbisnis, Rosan Roeslani pun aktif dalam lingkup organisasi. Mulai dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) hingga jadi pengurus Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia periode 2010-2015.

Ia juga pernah terpilih menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2015-2021. Selain itu,Rosan juga sempat dikenal sebagai salah satu pemilik klub sepakbola Inter Milan, bersama Erick Thohir dan Handy Soetedja. Ketiganya sempat memiliki saham il Nerazzurri sebesar 70 persen.

Sebelum bergabung dengan tim kampanye Prabowo, juga pernah bergabung ke Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin saat kampanye pilpres 2019-2024 bersama Bahlil Lahadalia.


Pelantikan Presiden 2024, Prabowo Umumkan Susunan Kabinet Menteri Malam Ini

Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pidato perdananya usai resmi dilantik menjadi presiden 2024-2029. (Tim News).

Sebelumnya, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan berlangsung hari ini di Gedung DPR MPR RI, Jakarta. Seusai Pelantikan Presiden 2024 itu, Prabowo Subianto akan mengumumkan susunan kabinet menteri pada Minggu malam (20/10/2024) ini.

Ini diungkapkan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco.“Nanti malam, Insyallah nanti malam. Jamnya belum tahu, tapi akan diumumkan oleh Presiden Terpilih di Istana,” kata dia di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Sedangkan, kata Dasco, prosesi pelantikan menteri baru akan dilakukan pada Senin (21/10/2024) pagi, kemudian wakil menteri kabinet Prabowo-Gibran pada sore harinya.

“Kalau tidak ada halangan besok pagi akan pelantikan menteri, sore harinya pelantikan wamen,” jelas dia.

Sebelumnya, Prabowo Subianto mengumpulkan para calon anggota kabinet dan memberikan pengarahan kepada para calon menteri. Pertemuan itu digelar di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024).

Para anggota kabinet mendapatkan pengarahan secara ekslusif dan intens mengenai berbagai isu aktual, dari geopolitik hingga ekonomi.

Salah satu calon anggota kabinet Prabowo, yaitu Amran Sulaiman, yang kini menjabat Menteri Pertanian di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), menyatakan bahwa Prabowo menyampaikan dengan tegas gagasan-gagasan besarnya untuk bangsa dan rakyat Indonesia.

“Ini luar biasa, kita pembekalan ini diajari tentang geopolitik, ekonomi, pertumbuhan ekonomi, GDP, dan lain lain. Ini sangat menarik dan yang terpenting ini kita pesan Pak Prabowo bentuk tim yang kuat untuk mencapai gagasan-gagasan besar beliau, untuk tunaikan gagasan-gagasan beliau. Ini sangat penting dan luar biasa beliau sangat visioner,” ungkap Amran dalam keterangannya, Kamis (17/10/2024).

“Kami yakin, kami optimistis bahwa mimpi-mimpi kita bersama gagasan besar beliau (Prabowo) visi misi beliau bisa kita realisasikan,” lanjutnya.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya