Profil Airlangga Hartarto, Menko Perekonomian Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

Airlangga Hartarto sebelumnya menjadi Menteri Perindustrian dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dalam Kabinet Indonesia Maju di Era Jokowi.

oleh Septian Deny diperbarui 20 Okt 2024, 21:29 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Airlangga Hartarto diumumkan menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran. Airlangga Hartarto sebelumnya menjadi Menteri Perindustrian dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dalam Kabinet Indonesia Maju di Era Jokowi.

Orang tua dari Airlangga Hartarto juga merupakan Menteri Perindustrian, yakni Ir. Hartarto, dan menjabat di era Presiden Soeharto dan B.J. Habibie.

Dikutip dari laman ekon.go.id, Airlangga Hartarto lahir di Surabaya, Jawa Timur pada tanggal 1 Oktober 1962. Ia adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada Kabinet Indonesia Maju yang dilantik sejak 23 Oktober 2019 dan menjabat hingga sekarang.

Sebelumnya, Airlangga mengemban tugas sebagai Menteri Perindustrian periode 2016-2019 dalam Kabinet Kerja (reshuffle jilid ke-2). Di samping jabatan pemerintahan, dirinya juga menjadi Ketua Umum Partai Golkar (2017-sekarang)

Latar belakang Airlangga tercatat cocok dengan dunia perindustrian di Revolusi Industri 4.0. Ia lulus jurusan Teknik Mesin di Universitas Gadjah Mada kemudian lanjut studi di Australia, yakni Master of Business Administration (MBA) dari Monash University (1997) dan Master of Management Technology (MMT) dari The University of Melbourne.

Riwayat Pekerjaan

  • Presiden Komisaris PT Fajar Surya Wisesa Tbk
  • Presiden Komisaris PT Ciptadana Sekuritas
  • Presiden Direktur PT Bisma Narendra
  • Komisaris PT Sorini Corporation Tbk
  • Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Partai Golkar

Riwayat Pendidikan

  • Sarjana Teknik, Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, D.I. Yogyakarta-Indonesia
  • Advanced Management Program (AMP) Wharton School, University of Pennsylvania, Philadelphia-USA
  • Master of Business Administration (MBA), Monash University, Melbourne-Australia
  • Master of Management Technology (MMT), Melbourne Business School - University of Melbourne Australia

 

 

 


Karier Politik

Airlangga Hartarto menyampaikan Pidato Resmi Pengunduran Diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar. (Istimewa)

Setahun sejak Airlangga dipilih menjadi Menperin, karier politiknya menjadi sorotan karena ia terpilih sebagai Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Setya Novanto yang terjerat kasus korupsi. Namun, Presiden Joko Widodo mengizinkan Airlangga merangkat jabatan sebagai menteri dan ketum.

Namun Airlangga Hartarto mundur dari Ketua Umum Golkar pada Agustus 2024 lalu.

Semasa menjabat, Airlangga Hartarto fokus kepada klasterisasi industri, dunia otomotif, dan tentunya digitalisasi industri. Ia pun menghimbau agar dunia industri dan tenaga kerja di Indonesia tak takut dengan perkembangan teknologi.

"Apakah teknologi digital mengurangi lapangan kerja? Jawabannya terbalik, justru ini menciptakan lapangan kerja. Di balik robot ada manusia, dibalik platform e-Commerce ada call center, ada software programmer, ada customer service, dan banyak hal, sehingga totally create job," ujar Airlangga Hartarto di acara Inspirato Liputan6.com. 

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya