Komentar Cristiano Ronaldo pada Sepak Bola Indonesia Ini Cuma Hoaks, Simak Faktanya

Hoaks tak jarang mencatut nama pesepak bola dunia, Cristiano Ronaldo. Bahkan hoaks ini kerap mengaitkan komentar Ronaldo terkait sepak bola Indonesia.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 20 Okt 2024, 16:00 WIB
Cristiano Ronaldo. (AFP/Patricia De Melo Moreira)

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks tak jarang mencatut nama pesepak bola dunia, Cristiano Ronaldo. Bahkan hoaks ini kerap mengaitkan komentar Ronaldo terkait sepak bola Indonesia.

Lalu apa saja hoaks komentar Cristiano Ronaldo pada sepak bola Indonesia? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Video Cristiano Ronaldo Singgung Kepemimpinan Wasit Bahrain Vs Indonesia

Sebuah video yang diklaim bintang sepak bola asal Portugal, Cristiano Ronaldo menyinggung kepemimpinan wasit saat laga Bahrain vs Indonesia beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada Oktober 2024.

Dalam video tersebut, Ronaldo terlihat sedang menjawab pertanyaan dalam suatu acara. Narator dalam video tersebut mengklaim bahwa Ronaldo kecewa dengan keputusan wasit Ahmed Al Kaf yang memimpin pertandingan Bahrain vs Indonesia.

"Ronaldo dengan tegas menyebut bahwa keputusan wasit Ahmed Al Kaf merupakan aib bagi sepak bola. Menurutnya wasit seharusnya mematuhi peraturan dan memberikan waktu tambahan secara adil tanpa memperpanjang pertandingan tanpa alasan yang jelas. Apa yang diperlihatkan wasit malam itu benar-benar merugikan. Apalagi saat turnamen sebesar kualifikasi piala dunia ungkap Ronaldo," kata narator dalam video tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat dua komentar dari warganet.

Benarkah dalam video tersebut Cristiano Ronaldo menyinggung kepemimpinan wasit saat laga Bahrain vs Indonesia? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Video Wawancara Cristiano Ronaldo Komentar Soal Penampilan Marselino Ferdinan

Beredar di media sosial postingan video Cristiano Ronaldo mengomentari gaya bermain pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 5 Mei 2024.

Dalam postingannya terdapat rekaman video Ronaldo diwawancara dengan terjemahan sebagai berikut:

"Sehebat apapun anda, anda harus bisa bermain secara tim. Anda tidak bisa hanya ingin mencetak gol sendiri karena jika anda hanya membuang peluang"

Akun itu menambahkan narasi "Cristiano Ronaldo Sebut Marselino Sok pemain bintang dan katakan hal ini"

Lalu benarkah postingan video Cristiano Ronaldo mengomentari gaya bermain pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Video Cristiano Ronaldo Angkat Bicara Soal Wasit di Laga Timnas Indonesia Vs Uzbekistan

Beredar di media sosial postingan video Cristiano Ronaldo angkat bicara terkait performa wasit saat Timnas Indonesia melawan Uzbekistan di Piala Asia U-23. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 1 Mei 2024.

Dalam postingannya terdapat video Cristiano Ronaldo dengan klaim narasi sebagai berikut:

"Mereka (Indonesia) sudah tak bisa fokus semenjak dicurangi wasit"

Video itu diberi judul, "CR7 angkat suara soal laga Indonesia Vs Uzbekistan "Mereka takkan kalah jika tak dicurangi wasit"

Akun itu menambahkan narasi "Senior aja angkat bicara, gmna mnurut kalian"

Lalu benarkah postingan video Cristiano Ronaldo angkat bicara terkait performa wasit saat Timnas Indonesia melawan Uzbekistan di Piala Asia U-23? Simak dalam artikel berikut ini...


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya