Prabowo Subianto Akan Umumkan Susunan Kabinet Menteri Malam Ini

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco mengatakan, Prabowo Subianto akan mengumumkan susunan kabinet menterinya akan dilakukan pada Minggu (20/10/2024) malam.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 20 Okt 2024, 08:30 WIB
Presiden Terpilih dan Wapres Terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco mengatakan, Prabowo Subianto akan mengumumkan susunan kabinet menterinya akan dilakukan pada Minggu (20/10/2024) malam.

“Nanti malam, Insyallah nanti malam. Jamnya belum tahu, tapi akan diumumkan oleh Presiden Terpilih di Istana,” kata dia di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Sedangkan, kata Dasco, prosesi pelantikan menteri baru akan dilakukan pada Senin (21/10/2024) pagi, kemudian wakil menteri kabinet Prabowo-Gibran pada sore harinya.

“Kalau tidak ada halangan besok pagi akan pelantikan menteri, sore harinya pelantikan wamen,” jelas dia.

Adapun, sejumlah pejabat berkepentingan mulai dari Pimpinan MPR RI hingga tamu VVIP mulai tiba di Gedung DPR MPR RI, Jakarta, dalam rangka menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Salah satunya yakni Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Pantauan Liputan6.com, Minggu (20/10/2024), Pimpinan MPR RI seperti Rusdi Kirana dan Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas tampak tiba lebih dulu.

Tidak lama setelah Ibas, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY pun hadir sekitar pukul 07.38 WIB.

Ibas yang lebih dulu datang ke Gedung Nusantara III pun kembali ke depan pintu dan menyambut SBY. 


Dihiasi Janur Kuning

Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan dilantik hari ini, Minggu (20/10/2024), di gedung DPR MPR RI, Jakarta. Selain melakukan gladi bersih, tuan rumah pun menyulap suasana dengan berhiaskan janur kuning.

Pantauan Liputan6.com, janur kuning diletakkan persis di tiap sisi tangga menuju Gedung Kura-Kura. Tertulis peringatan area steril sebagai bagian dari protokoler.

Tampak pengamanan cukup ketat dilakukan sejak pagi. Terpantau pukul 06.00 WIB, sudah banyak tamu undangan menggunakan tanda pengenal khusus acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih yang masuk ke Gedung DPR MPR RI.

TNI-Polri sendiri telah mengerahkan pengamanan ketat. Tim Penjinak Bom (Jibom) dan anjing pelacak (K9) dikerahkan sebagai bagian dari persiapan pengamanan.

"Kegiatan sterilisasi oleh Jibom dan K-9 akan dilakukan di bawah kendali Paspampres sesuai dengan Protap Pamwaskita," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi pada Sabtu (19/10/2024).


Pengamanan Pelantikan Presiden

Sterilisasi lokasi pelantikan akan dilakukan Minggu (20/10/2024) sebelum acara dimulai pada pukul 10.00 WIB. Sebanyak 224 personel Polri telah diperbantukan kepada Paspampres untuk menjaga keamanan di ring 1. Sementara itu, pengamanan ring 2 akan berada di bawah tanggung jawab Polri.

"Ring 1 dijaga Paspampres, sedangkan kami di ring 2, bagian luar," tambah Ade Ary.

Untuk mendukung pengamanan pelantikan, Polri mengerahkan 15.000 personel, sementara TNI mengirimkan 100.000 personel. Selain pengamanan, Kepolisian juga telah menyiapkan pengaturan lalu lintas di sekitar Gedung DPR selama pelantikan berlangsung.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya